PENERAPAN MEDIA VISUAL UNTUK PENINGKATAN AKTIVITAS BELAJAR PPKN SISWA PADA KELAS V MIN PADANG HULU

View/Open
Issue Year
ISBN:
Author(s):
Abstract
Kegiatan pembelajaran terjadi, jika adanya aktifitas, baik aktifitas yang dilakukan guru ataupun siswa. Karena aktifitas merupakan asas yang penting dalam pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana peningkatan aktivitas belajar dalam proses pembelajaran PPKn pada Materi Keputusan Bersama menggunakan media visual di kelas V Madrasah Ibtidaiyah Negeri Padang Hulu. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Penelitian ini dilakukan dengan dua siklus, terdiri dari tahap perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian adalah seluruh siswa kelas V Madrasah Ibtidaiyah Negeri Padang Hulu yang berjumlah 30 orang. Variabel yang diamati adalah (1) Variabel bebas: Media visual, dan (2) Variabel terikat: Aktivitas belajar. Instrument pengumpulan data adalah lembar pengamatan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Rata-rata skor aktivitas siswa secara klasikal selama siklus I 2,06 ( belum aktif ) dengan jumlah siswa yang aktif belajar 6,66% sedangkan pada siklus II rata-rata skor aktivitas siswa secara klasikal selama siklus II 2,75 ( aktif ) dengan jumlah siswa yang aktif belajar 86,67%. Dengan demikian disimpulkan bahwa penerapan media visual terbukti dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa dikelas V Madrsah Ibtidaiyah Negeri Padang Hulu.
Keywords
Media Visual, Aktivitas Belajar