ANALISIS DIAGNOSTIK KEMAMPUAN ESTIMASI MAHASISWA STKIP BINA BANGSA GETSEMPENA DALAM MEMECAHKAN MASALAH ESTIMASI

View/Open
Issue Year
ISBN:
Author(s):
Intan Kemala Sari
Abstract
Masalah matematika dalam kehidupan sehari-hari banyak kita jumpai yang berkaitan dengan estimasi.Pada masalah tersebut tidak meminta suatujawaban eksak, tetapi suatu perkiraan yang disertai alasan logis. Pengetahuan estimasi dapat digunakan untuk mengontrol kebenaran suatu jawaban dan terjadinya miskonsepsi. Untuk dapat mengestimasi dengan baik, seseorang harus menguasai fakta-fakta dasar, nilai tempat, sifatsifat aritmetika, keterampilan berhitung mental, peka terhadap suatu kesalahan, serta dapat menggunakan strategi estimasi. Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan dignostik kemampuan estimasi mahasiswa STKIP Bina Bangsa Getsempena dalam memecahkan masalah estimasi. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian adalah duamahasiswa yang dipilih berdasarkan tes kemampuan matematika. Pengambilan data dilakukan melalui pemberian soal tes berupa tugas pemecahan masalah estimasi dan wawancara. Berdasarkan analisis data, dapat disimpulkan bahwa: 1) Subjek ZN dalam memahami masalah, membuat rencana penyelesaian, melakukan rencana penyelesaian dan memeriksa kembali penyelesaian masalah termasuk kategori cukup baik. 2) Subjek SH dalam memahami masalah termasuk kategori baik, namun dalam merencanakan pemecahan masalah, melakukan rencana penyelesaian, dan memeriksa kembali penyelesaian masalah termasuk kategori cukup baik.
Keywords
Analisis Diagnostik, Kemampuan Estimasi, Pemecahan Masalah