LITERASI DIGITAL: SUATU INVESTIGASI PADA TRANSFORMASI PEMBELAJARAN MATEMATIKA ABAD 21

View/Open
Issue Year
ISBN:
Author(s):
Abstract
Keahlian dalam berinovasi, keahlian literasi digital dan keahlian profesi merupakan tiga kategori keahlian yang dibutuhkan untuk bersaing pada abad 21. Kebutuhan akan keahlian ini menjadi suatu tantangan bagi penyelenggara pendidikan agar mengembangkan sumber daya manusia yang berdaya saing dan berkompetensi. Seiring dengan pesatnya akses internet serta pertumbuhan media sosial, pengkajian mengenai literasi digital sangat urgen dilaksanakan pada pembelajaran di kelas, khusus pembelajaran matematika. Titik incar yang menjadi tujuan penelitian adalah mendeskripsikan kesiapan peserta didik dalam literasi digital dari hasil transformasi pembelajaran matematika abad 21. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif. Sampel penelitian adalah peserta didik SMP dan SMA sebanyak 40 orang. Hasil dari penelitian ini adalah (1) kegiatan literasi dapat diidentifikasi melalui kegiatan melihat foto, upload foto, update status, baca konten berita melalui akses dari berbagai sosial media. (2) Penggunaan sosial media peserta didik sebagai kegiatan literasi digital pada pembelajaran matematika sangat rendah yaitu 17%, (3) Respon peserta didik pada transformasi pembelajaran matematika abad 21 sangat tinggi. Sebanyak 92% responden sangat setuju dengan penggunaan smartphone sebagai media digital dalam pembelajaran matematika.
Keywords
Literasi Digital, Transformasi Pembelajaran Matematika