PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) BERBANTU MEDIA JAMKAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR IPS KELAS V SD NEGERI SUGIHREJO 01 PATITAHUN PELAJARAN 2017/2018

View/Open
Issue Year
ISBN:
Author(s):
Khusnul Fajriyah
Intan Rahmawati
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model Pembelajaran Student Team Achievement Division (STAD) berbantu media jamkar terhadap prestasi belajar siswa IPS materi pokok pembagian wilayah waktu kelas V SD Negeri Sugihrejo 01 Pati. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain One Grup Pretest-Posttest Design. Populasi penelitian adalah siswa kelas V SD Negeri Sugihrejo 01 Pati Tahun Pelajaran 2017/2018 yang terdiri dari 26 siswa.Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan sampling jenuh yaitu semua anggota populasi. Data penelitian yang diperoleh melalui tes, observasi, dokumentasi, dan wawancara. Hasil analisis yang diperoleh menunjukan adanya perbedaan rata — rata hasil pretest dan posttest. Rata-rata pretest yaitu 70,77 dan rata-rata posttest 83,21. Berdasarkan perhitungan uji t diperoleh thitung 6,687> ttabel 2,060, maka Ho ditolak dan Ha diterima.Sehingga dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Student Team Achievement Division (STAD) berbantu media jamkar berpengaruh terhadap prestasi belajar IPS siswa kelas V materi pembagian wilayah waktu SD Negeri Sugihrejo 01 Pati. Dari analisis tersebut dapat diketahui bahwa model pembelajaran Student Team Achievement Division (STAD) berbantu media jamkar memberikan pengaruh yang baik berupa peningkatan prestasi belajar siswa daripada pembelajaran secara konvensional pada mata pelajaran IPS.
Keywords
Model Student Team Achievement Division (STAD), Jamkar, Prestasi Belajar IPS