PENGEMBANGAN ALAT PERAGA IPA DENGAN BAHAN BEKAS UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS IV SDIT NURUL ISHLAH
Abstract
Rendahnya kemampuan berpikir kritis siswa kelas IV di SDIT Nurul Ishlah serta kurangnya penggunaan media pembelajaran dan alat peraga yang efektif menjadi latar belakang penelitian ini. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengukur kevalidan, menganalisis kepraktisan, dan mengetahui keefektifan alat peraga IPA yang terbuat dari bahan bekas dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa. Metode yang digunakan adalah Research and Development (R&D) dengan model pengembangan ADDIE yang terdiri dari lima tahap yaitu Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation. Hasil penelitian menunjukkan bahwa alat peraga IPA berbahan bekas dinilai sangat valid dengan persentase 95.56% dari ahli media dan persentase 97.78% dari ahli materi. Dari segi kepraktisan, alat peraga dengan bahan bekas ini dinilai sangat praktis dengan persentase 94% oleh guru dan siswa. Uji efektivitas menggunakan One Sample T Test menghasilkan nilai p-value 0.05, yang menunjukkan bahwa alat peraga ini efektif untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa. Selain itu, uji N-Gain sebesar 72.42% menunjukkan peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa dalam kategori tinggi. Secara keseluruhan, alat peraga IPA dengan bahan bekas terbukti sangat valid, praktis, dan efektif dalam mendukung proses pembelajaran serta meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa.
Keywords
Berpikir Kritis, Alat Peraga IPA, Bahan Bekas
References
Adu, S. S. (2022). Penerapan model think, pair, and share berbasis alat peraga untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa (Doctoral dissertation, Universitas Pelita Harapan).
Agustian, Y., Saraswati, D. L., & Supardi, U. S. (2023). Pembuatan Alat Peraga Roda Energi Guna Mempermudah Proses Pembelajaran IPA Terpadu. DIAJAR: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 2(3), 359-366.
Ardhi, S. (2022). Pengembangan Alat Peraga Sistem Peredaran Darah Manusia dari Barang Bekas pada Pembelajaran IPA Siswa Sekolah Dasar. Empiricism Journal, 3(2), 399-405.
Atiaturrahmaniah, A., Bagus, I., Aryana, P., & Suastra, I. W. (2022). Peran model science, technology, engineering, arts, and math (STEAM) dalam meningkatkan berpikir kritis dan literasi sains siswa sekolah dasar. JPGI (Jurnal Penelitian Guru Indonesia), 7(2), 368-375.
Azizah, Z. N., & Santoso, B. (2023). Pengaruh creative problem solving (CPS) Terhadap kemampuan berpikir kreatif ditinjau dari minat belajar. Jurnal Pendidikan Ekonomi Undiksha, 15(1), 1-8.
Cahyani, H. D., Hadiyanti, A. H. D., & Saptoro, A. (2021). Peningkatan sikap kedisiplinan dan kemampuan berpikir kritis siswa dengan penerapan model pembelajaran problem based learning. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(3), 919-927.
Facione, P. A., Gittens, C. A., & Facione, N. C. (2016). Cultivating a critical thinking mindset. Academia. Edu. Weekly Digest, 28, 1-9.
Fitriah, F., Lubis, P., & Kuswidyanarko, A. (2023). Pengembangan Alat Peraga Dari Bahan Bekas Pada Materi Perubahan Energi Siswa Kelas IV SD. JEMS: Jurnal Edukasi Matematika dan Sains, 11(1), 70-81.
GAYA, B. L. P. M. A. PENINGKATAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK MENGGUNAKAN.
Hanggara, F. R. (2011). Pemanfaatan Barang Bekas Sebagai Media Berkarya Topeng Dalam Pembelajaran Seni Rupa Di Kelas VII A SMP Negeri 1 Mayong Jepara. Skripsi, Universitas Negeri Malang.
Ilhamdi, M. L., Novita, D., & Rosyidah, A. N. K. (2020). Pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap kemampuan berpikir kritis IPA SD. Jurnal Ilmiah KONTEKSTUAL, 1(02), 49-57.
Jonimar, J. (2020). Pemanfaatan alat peraga IPA untuk meningkatkan kemampuan guru dan hasil belajar siswa sekolah dasar. ISEJ: Indonesian Science Education Journal, 1(2), 69-84.
Juliyantika, T., & Batubara, H. H. (2022). Tren Penelitian Keterampilan Berpikir Kritis pada Jurnal Pendidikan Dasar di Indonesia. Jurnal Basicedu, 6(3), 4731-4744.
Muakhirin, B. (2014). Peningkatan hasil belajar IPA melalui pendekatan pembelajaran inkuiri pada siswa SD. Jurnal ilmiah guru caraka olah pikir edukatif, (1).
Nurfadhillah, S., Setyorini, A., Armianti, I. J., Fadilla, L. N., & Adawiyah, R. (2021). Penggunaan Media Alat Peraga pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dalam Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa SD Negeri Kampung Melayu III. PENSA, 3(2), 176-186.
Patirawati, C., & Mardhiah, A. (2024). Penerapan Model Discovery learning Dengan Menggunakan Alat Peraga Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Konsep Lapisan Bumi Kelas Vll 2 SMP N 6 Sabang. Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia (JPPI), 1(2), 127-132.
Puspa, C. I. S., Rahayu, D. N. O., & Parhan, M. (2023). Transformasi pendidikan abad 21 dalam merealisasikan sumber daya manusia unggul menuju indonesia emas 2045. Jurnal Basicedu, 7(5), 3309-3321.
Rahmadina, S. W., Syahri, S., & Zulirfan, Z. (2023). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN CONCEPTUAL UNDERSTANDING PROCEDURES DALAM MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP PADA TOPIK KLASIFIKASI MATERI DAN PERUBAHANNYA SISWA KELAS VII SMPN 6 SIAK HULU. EDUSAINTEK: Jurnal Pendidikan, Sains dan Teknologi, 10(1), 58-68.
Rahmawati, H., Pujiastuti, P., & Cahyaningtyas, A. P. (2023). Kategorisasi kemampuan berpikir kritis siswa kelas empat sekolah dasar di SD se-gugus II Kapanewon Playen, Gunung Kidul. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 8(1), 88-104.
Ramdani, A., Jufri, A. W., Jamaluddin, J., & Setiadi, D. (2020). Kemampuan berpikir kritis dan penguasaan konsep dasar IPA peserta didik. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 6(1), 119-124.
Sari, S. P., Mapuah, S., & Sunaryo, I. (2021). Pembelajaran ilmu pengetahuan alam berbasis etnosains untuk mengembangkan kemampuan berpikir kritis siswa sekolah dasar. EduBase: Journal of Basic Education, 2(1), 9-18.
Sidiq, E. I., & Syaripudin, C. R. A. (2022). Sumber Belajar dan Alat Peraga Sebagai Media Pembelajaran. Jurnal Edukasi Nonformal, 3(2), 594-601.
Sutianti, S. M., Tsaniya, P. A., Nurkarlina, N. M., & Azzam, A. A. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Menggunakan Bahan Bekas di SDN Bungur Endah. PROCEEDINGS UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG, 3(5).
Wiratman, A., Ajiegoena, A. M., & Widianti, N. (2023). Pembelajaran berbasis keterampilan proses sains: bagaimana pengaruhnya terhadap keterampilan berpikir kritis siswa sekolah dasar?. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(1), 463-472