PENINGKATAN KEMMPUAN MENULIS TEKS EDITORIAL DENGAN MODEL PROJECT BASED LEARNING KELAS XII IPES 1 SMA N 4 BANDA ACEH
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses Peningkatan Kemampuan Menulis Teks Editorial Dengan Model project based learning pada siswa kelas XII IPS 1 SMA Negeri 4 Banda Aceh. Penggunaan model pembelajaran project based learning diharapkan mampu mempermudah siswa dalam memahami materi dan mampu menulis teks editorial agar kemampuan siswa meningkat. Melalui model pembelajaran project based learning peningkatan dapat dilihat secara proses maupun hasil. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 4 Banda Aceh. Pelaksanaan penelitian ini terbagi dalam dua siklus, setiap siklus dilaksanakan sebanyak dua kali pertemuan. Data penelitian diperoleh melalui (1) tes, dan (2) observasi pada saat proses pembelajaran berlangsung. Teknik analisis data dilakukan dengan teknik kualitatif. Kriteria keberhasilan dalam penelitian ini dapat dlihat dari adanya perubahan nilai yang lebih baik di setiap siklusnya. Keberhasilan penelitian ini dilihat dari dua kriteria, yaitu keberhasilan proses dan hasil. Hasil penelitian yang diperoleh adalah sebagai berikut. Pertama, penggunaan model pembelajaran project based learning mampu meningkatkan keterampilan pembelajaran menulis teks editorial pada siswa. Hal ini ditunjukkan pada peningkatan proses di aspek situasi belajar, siswa lebih fokus dalam pembelajaran, siswa juga semakin aktif dalam berkelompok, dan pembelajaran menulis teks editorial menjadi lebih menyenangkan. Penggunaan model pembelajaran project based learning dapat meningkatkan hasil keterampilan menulis editorial. Secara keseluruhan pada siklus I hingga akhir siklus II semua aspek dan kriteria menulis editorial mengalami peningkatan yang signifikan. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran project based learning berhasil dan mampu meningkatkan keterampilan menulis teks editorial siswa kelas XII IPS 1 SMA Negeri 4 Banda Aceh.
Keywords
Kata Kunci: Menulis, Teks Editorial, Project Based Learning
References
Segala puji dan syukur penulis sampaikan kehadirat Allah swt. dan mengharapkan ridha yang telah melimpahkan rahmat-Nya, sehingga penulis dapat menyelesaikan skripsi yang berjudul “Peningkatan Kemampuan Menulis Teks Editorial dengan Model Project Based Learning (PjBL) Kelas XII IPS 1 SMA Negeri 4 Banda Aceh”. Skripsi ini disusun sebagai salah satu persyaratan meraih gelas Sarjana Pendidikan pada Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Bina Bangsa Getsempena. Shalawat dan salam dihantarkan kepada junjungan Nabi Muhammad Saw. Mudah-mudahan kita semua mendapatkan syafaat-Nya di Yaumil akhir nanti. Amin.
Penulis tentu banyak mengalami hambatan sehingga tidak terlepas dari bantuan dan bimbingan berbagai pihak dalam penyelesaian skripsi ini. Untuk kesempatan ini, penulis ingin menyampaikan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada :
1. Orang tua saya tercinta yaitu Ayahanda (Alm. Ilham) dan Ibunda (Sumarni) yang telah mendoakan saya serta memberi kasih sayang yang tulus dan juga telah memberikan motivasi yang luar biasa dengan penuh keikhlasan sehingga saya dapat menyelesaikan pendidikan ini.
2. Dr. Lili Kasmini M.Si, selaku Rektor Universitas Bina Bangsa Getsempena Banda Aceh yang telah memberi kesempatan saya untuk dapat menuntut ilmu di Universitas Bina Bangsa Getsempena.
3. Dr. Rita Novita, M.Pd selaku Dekan FKIP Universitas Bina Bangsa Getsempena yang telah memberikan bimbingan dan selalu memberikan motivasi dari awal sampai akhir.
4. Wahidah Nasution, M.Pd selaku Ketua Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia yang telah memberikan kesempatan dan arahan dalam penulisan skripsi ini.
5. Hendra Kasmi, M.Pd selaku Pembimbing I yang sabar memberikan bimbingan dan arahan sejak permulaan sampai dengan selesainya skripsi ini.
6. Rika Kustina, M.Pd selaku Pembimbing II di tengah-tengah kesibukannya telah memberikan bimbingan dalam penulisan skripsi ini mulai dari awal hingga akhir.
7. Bapak dan Ibu dosen Universitas Bina Bangsa Getsempena Banda Aceh yang telah banyak memberikan bimbingan dan ilmu kepada penulis selama menempuh pendidikan.
8. Drs. Muzakkir, M.Pd selaku Kepala Sekolah SMA Negeri 4 Kota Banda Aceh atas izin penelitian dan kebijaksanaan yang diberikan kepada penulis, dan kepada seluruh Guru-guru SMA Negeri 4 Kota Banda Aceh atas dukungan dan pengertiannya.
9. Mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia Universitas Bina Bangsa Getsempena angkatan 2018 sebagai teman berbagi rasa dalam suka, duka dan segala bantuan serta kerja sama sejak mengikuti studi sampai penyelesian skripsi ini.
Semua pihak yang tidak dapat disebutkan namanya satu persatu. Penulis menyadari akan segala keterbatasan dan kekurangan dari isi maupun tulisan skripsi ini. Oleh karena itu, kritik dan saran yang bersifat membangun dari semua pihak masih dapat diterima dengan senang hati.
Semoga hasil penelitian ini dapat memberikan manfaat dan kontribusi terhadap kemampuan menulis siswa.
Banda Aceh, 16 Agustus 2023
Penyusun,
Ilwani Septiana