UBBG Institutional Repository
  • Browse
    • Final Year Projects
    • Books by Lecturers
    • Other Books
    • Internal Proceedings
    • External Proceedings
    • Campus Magazines
    • News Clippings
    • Social Media Clippings
    • Articles by Lecturers
    • Inauguration Speech
    • Research Reports
    • Community Service Reports
  • Prodi Index
  • Year Index
  • Our Library
  • OPAC
  • Policies
  •   Advanced Search

Advanced Search

How to cite  

Syafirah, N. (2024). PENINGKATAN KEMAMPUAN MOTORIK HALUS ANAK MELALUI KEGIATAN MOZAIK PADA KELOMPOK B TK IT PERMATA SUNNAH BANDA ACEH (Undergraduate thesis, Universitas Bina Bangsa Getsempena). Retrieved from https://repository.bbg.ac.id/handle/2278.
Syafirah, Najla. “PENINGKATAN KEMAMPUAN MOTORIK HALUS ANAK MELALUI KEGIATAN MOZAIK PADA KELOMPOK B TK IT PERMATA SUNNAH BANDA ACEH.” Undergraduate thesis, Universitas Bina Bangsa Getsempena, 2024, https://repository.bbg.ac.id/handle/2278.

PENINGKATAN KEMAMPUAN MOTORIK HALUS ANAK MELALUI KEGIATAN MOZAIK PADA KELOMPOK B TK IT PERMATA SUNNAH BANDA ACEH

Thumbnail

View/Open

F0714053W.pdf (615 KB)

Issue Year

2024

Author(s):

Najla Syafirah

Abstract

Penelitian ini berjudul Peningkatan Kemampuan Motorik Halus Anak Melalui Kegiatan Mozaik Pada Kelompok B Zubair Bin Awwam di TK IT Permata Sunnah Banda Aceh. Rumusan masalah dalam penelitian ini Bagaimana meningkatkan motorik halus anak melalui kegiatan mozaik pada anak kelompok B Zubair Bin Awwam di TK IT Permata Sunnah Banda Aceh. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui Peningkatan Kemampuan Motorik Halus Anak Melalui Kegiatan Mozaik Pada Kelompok B Zubair Bin Awwam di TK IT Permata Sunnah Banda Aceh. Adapun yang menjadi subjek dalam penelitian ini adalah kelompok B Zubair Bin Awwam sebanyak 20 murid yang terdiri dari 10 laki-laki dan 10 perempuan tahun pelajaran 2018-2019. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang meliputi 2 siklus. Tiap-tiap siklus dilakukan secara bertahap yang terdiri atas 4 tahap, yaitu (1) perencanaan, (2) tindakan, (3) pengamatan, (4) refleksi. Instrumen digunakan berupa lembaran observasi. Data di analisis menggunakan rumus statistik sederhana.Pada observasi awal (prasiklus)39,00% (7 anak) yang masih memperoleh nilai belum muncul (BM), 57,00% (11 anak) yang masih memperoleh nilai mulai muncul (MM), 4,00% (2 anak) yang masih memperoleh nilai berkembang sesuai harapan (BSH) dan 0% anak masih belum memperoleh nilai sangat baik (BSB).Hasil observasi siklus I menunjukkan pada kategori belum muncul (BM) 0% (tidak ada), kategori mulai muncul (MM) 56,00% (11 anak), kategori berkembang sesuai harapan (BSH) 39,00% (8 anak), kategori berkembang sangat baik (BSB) 5,00% (1 anak). Sedangkan pada siklus II terjadi peningkatan yang cukup signifikan dimana hasil siklus II 0% anak yang tidak ada lagi memperoleh nilai belum muncul (BM), dan 0% anak yang tidak ada lagi memperoleh nilai mulai muncul (MM), dan47,00% (9 anak) yang memperoleh nilai berkembang sesuai harapan (BSH), dan 53,00% (11 anak) yang memperoleh nilai berkembang sangat baik (BSB). Maka hasil akhir pada siklus II adalah 100% (20 anak) yang sudah memahami pembelajaran melalui Mozaik. Maka berakhirlah penelitian ini sampai dengan siklus II dan tidak perlu lagi menggunakan siklus berikutnya.


Keywords

Kemampuan Motorik Halus Pada Anak Melalui Kegiatan Mozaik

References

Utami Dwi Ade, dkk., 2013. Modul Pendidikan dan Latihan Profesi Guru;

Pendidikan Anak usia Dini, Buku , Jakarta: Konsorsium Sertifikasi Guru

Arikunto, 2002. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Askara

Mulyasa 2009. Praktik Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: Remaja Rosda Karya

Masitoh dkk. 2005, Strategi Pembelajaran TK. Jakarta:

Siti Aisyah, 2008. Perkembangan Dan Konsep Dasar Perkembangan Anak Usia

Dini Jakarta: Universitas Terbuka

Siti Aisyah dkk. 2007, Perkembangan dan Konsep Dasar Pengembangan Anak

Usia Dini

Sujiono 2009. Metode Pengmbangan Fisik Anak. Universitas Terbuka

Sumantri 2005. Model Pengembangan Keterampilan Motorik Anak Usia Dini.

Jakarta: Depdikbut

Syah, Muhibbin. 2013. Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru. Jakarta: PT Remaja Rosdikarya.

Sumanto. (2005). Pengembangan Kreativitas Seni Rupa Anak TK. Jakarta:

Departemen Pendidikan Nasional Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi

Direktorat Pembinaan Pendidikan Tenaga Kependidikan dan Ketenagaan

Perguruan Tinggi. Jakarta: Universitas Terbuka

Soedjatmiko, dr. SpA (K), MSi. Makalah Meningkatkan Kualitas Tumbuh

Kembang Anak

UU No. 20 Tahun 2003tentang Sistem Pendidikan Nasional dan UU No. 14

Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen.Visimedia: Jakarta.

LinaWijanarko.(2013).Kolase,Mozaik,Montase.Diambil dari:

http://linaparlina.blokspot.com/2013/04/kolase-mozaik-montase-kolase menurut.html. Diakses tanggal 20 April 2013 jam 19.30 WIB.

Mely Novikasari. (2012). Kolase, Mozaik, dan Montase. Diambil dari:

http://melyloelhabox.om/2012/kolase-mozaik-dan-montase.htmlblogspot.c. Diakses tanggal 30 Maret 2013 jam 19.35 WIB

URI

https://repository.bbg.ac.id/handle/2278

Collections

  • Final Year Projects S1 PGPAUD

Browse

Main Collections Final Year Projects (1023)Books by Lecturers (10)Other Books (512)Internal Proceedings (160)External Proceedings (99)Campus Magazines (27)News Clippings (40)Social Media Clippings (3)Articles by Lecturers (2)Inauguration Speech (5)Research Reports (450)Community Service Reports (424)

© 2025 UBBG Institutional Repository