PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS TEKS NEGOSIASI PADA SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 MEUREUDU
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh model pembelajaran Project Based Learning terhadap peningkatan keterampilan menulis teks negosiasi siswa kelas X SMA Negeri 1 Meureudu. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan menggunakan metode deskriptif dengan subyek penelitian siswa kelas X SMAN 1 Meureudu tahun pelajaran 2022/2023 dengan jumlah siswa 27, yang terdiri dari 12 siswa laki-laki dan 15 siswa perempuan. Teknik yang digunakan untuk mengumpulkan data penelitian ini adalah teknik tes. Kesimpulan dari penelitian ini adalah pembelajaran menulis teks negosiasi dengan menggunakan model Project Based Learning berpengaruh digunakan, karena skor rata-rata pada posttest lebih tinggi dibandingkan pretest. hal ini ditunjukkan dengan hasil uji t, dan diperoleh ttabell sebesar 1,706, dan thitung sebesar 15,019, df = 26, p=0,000 yang berarti signifikan. Pembelajaran menulis teks negosiasi tanpa menggunakan model Project Based Learning tidak pengaruh. Hal ini dikarenakan model pembelajaran konvensional (tanpa menggunakan model Project Based Learning) tidak cocok digunakan dalam pembelajaran menulis teks negosiasi. Pembelajaran menulis teks negosiasi berpengaruh digunakan pada siswa kelas X ipa 1. Hal ini ditunjukkan dengan adanya peningkatan skor rata-rata pada posttest. Skor rata-rata pada pretest diperoleh sebesar 60,70, sedangkan pada posttest skor rata-rata meningkat menjadi 82,81.
Keywords
Project Based Learning, Teks Negosiasi, SMA Negeri 1 Meuredu
References
Agusta, A. R. & Rochmiyati, S. (2016). Peningkatan Menulis Teks Negosiasi Dengan Media Audio-Visual Pada Siswa Kelas X TSM I SMK Muhammadiyah 3 Yogyakarta Tahun Pembelajaran 2014/2015.Jurnal CARAKA. Vol. 2: (2). Hal.73-82.
Aulia, T. A. & Gumilar, S. I. (2017).Cerdas Cergas Berbahasa dan Bersastra Indonesia.Pusat Kurikulum dan Perbukuan Badan Penelitian dan Pengembangan dan Perbukuan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi.Jalan Gunung Sahari Raya No. 4 Jakarta Pusat.
Auziah, W. dkk.(2022). Pembelajaran Keterampilan Menulis Teks Negosiasi Menggunakan Model Cooperative Script Siswa Kelas X SMA Negeri 4 Kediri.Jurnal Bahasa, Seni, dan Pengajaran. Vol. 6: (2). Hal.59-64.
Darmadi, Kaswan. 2016. Meningkatkan Kemampuan Menulis. Yogyakarta: ANDI.
Hamalik, Oemar. 2021. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.
Hasnah, S. & Jufri.(2015). Pembelajaran Menulis Teks Negosiasi Melalui Model Pembelajaran Berbasis Masalah di SMA.Jurnal Penelitian Pendidikan INSANI. Vol. 18: (1). Hal.50-57.
Hidayatullah, S. dkk.(2020). Pengaruh Game Pembelajaran Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Pemahaman Ilmu Pengetahuan Alam.Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan. Vol. 3: (2). Hal.199-205.
Huda, Miftahul. 2014. Model-Model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar..
Lewicki, Roy J., Bruce Barry, dan David M. Saunders. 2012. Negosiasi. Jakarta: Salemba Humanika.
Lubis, F. A. (2017). Kemampuan Siswa Kelas X SMA Negeri 6 Medan Menulis Teks Negosiasi Tahun Pembelajaran 2017/2018.Artikel.
Nedi, Z. K. dkk.(2016). Peningkatan Keaktifan dan Keterampilan Menulis Teks Negosiasi Melalui Penerapan Model Pembelajaran Problem Solving Pada Siswa Sekolah Menengah Kejuruan.Jurnal Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia dan Pengajarannya. Vol. 4: (2). Hal.188-201.
Nurmayanti. (2018). Menulis Teks Negosiasi Dengan Menggunakan Strategi Pembelajaran Think Pair and Share. Jurnal Literasi. Vol. 2: (2). Hal.99-103.
Patonah, S. dkk.(2018). Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah (Problem Based Learning) Pada Pembelajaran Menulis Teks Negosiasi di Kelas X SMK Lentera Bangsa.Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. Vol. 1: (5). Hal.807-814.
Rusmono.2014. Strategi Pembelajaran dengan Problem Based Learning Itu Perlu. Bogor: Ghalia Indonesia.
Sanjaya, Wina. 2017. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana.
Sutrisno dan Kusmawan Ruswandi.2017. Modul Melakukan Negosiasi Bisnis dan Manajemen. Sukabumi: Yudhistira.
Tarigan, Henry Guntur. 2018. Menulis Sebagai Salah Satu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.
Umayah, I. dkk.(2019). Pembelajaran Menulis Teks Negosiasi Dengan Menggunakan Metode ThinkPair Share di Kelas X. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. Vol. 2: (6). Hal.987-996.
Goodman, Stivers, J. Dan Brandon. 2010. Project Based Larning Educational Psychology. ESPY
Sugiyono, (2017). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D, Bandung: Alfabetha.
Margono. 2017. Metode Penelitian Kualitatif. Jakarta: PT Rineka Cipta