UBBG Institutional Repository
  • Browse
    • Final Year Projects
    • Books by Lecturers
    • Other Books
    • Internal Proceedings
    • External Proceedings
    • Campus Magazines
    • News Clippings
    • Social Media Clippings
    • Articles by Lecturers
    • Inauguration Speech
    • Research Reports
    • Community Service Reports
  • Prodi Index
  • Year Index
  • Our Library
  • OPAC
  • Policies
  •   Advanced Search

Advanced Search

How to cite  

Rusali, S. (2024). PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING PADA MATERI PENANAMAN NILAI-NILAI PANCASILA TERHADAP SISWA KELAS V SD NEGERI ULEE TUTU AREE (Undergraduate thesis, Universitas Bina Bangsa Getsempena). Retrieved from https://repository.bbg.ac.id/handle/2258.
Rusali, Shadilla. “PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING PADA MATERI PENANAMAN NILAI-NILAI PANCASILA TERHADAP SISWA KELAS V SD NEGERI ULEE TUTU AREE.” Undergraduate thesis, Universitas Bina Bangsa Getsempena, 2024, https://repository.bbg.ac.id/handle/2258.

PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING PADA MATERI PENANAMAN NILAI-NILAI PANCASILA TERHADAP SISWA KELAS V SD NEGERI ULEE TUTU AREE

Thumbnail

View/Open

F0818019W.pdf (969 KB)

Issue Year

2024

Author(s):

Shadilla Rusali

Abstract

Pengembangan LKPD dilakukan untuk mempermudah dan meningkatkan pemahaman terhadap materi pembelajaran yang isinya dirancang dan dikembangkan sesuai dengan kondisi dan situasi yang akan dihadapi oleh siswa pada serangakian kegiatan dan latihan pada LKPD. Salah satu LKPD yang dapat menunjang proses pembelajaran yaitu LKPD beerbasis problem based learning. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui Kevalidan pengembangan LKPD Berbasis Problem Based Learning pada materi penanaman nilai-nilai pancasila terhadap siswa kelas V SD Negeri Ulee Tutu Aree, serta untuk melihat efektifitas hasil belajar siswa Kelas V SD Negeri Ulee Tutu Aree menggunakan LKPD Berbasis Problem based learning Pada Materi Penanaman Nilai-Nilai Pancasila. Pendekatan penelitian ini menggunakan model ADDIE. Penelitian ini dilakukan ini dilakukan pada Siswa Kelas V SD Negeri Ulee Tutu Aree yang berjumlah 20 siswa. Teknk pengumpulan data yang dilakukan yakni angket(koesioner), hasil tes belajar siswa dan dukumentasi. Berdasarkan masil penelitian menunjukan bahwa pada kevalidan pengembangan berbasis Problem Based Learning pada materi penanaman nilai-nilai pancasila, bahwa pada validasi ahli materi diperoleh sebesar 96%, validasi ahli bahasa diperoleh nilai sebesar 84% dan validator ahli desain diperoleh nilai 92% dengan nilai keseluruhan validasi sebesar 90,66% dengan kriteria “Sangat Layak”. Pada hasil kepraktisan pengembangan LKPD berbasis problem based learning pada materi penanaman nilai-nilai pancasila dengan menggunakan angket respon guru bahwa diperoleh pesentase penilaian dengan skor 98,18% dengan kriteria “Sangat praktis”. Sedangkan efektifitas hasil belajar siswa kelas V terhadap penggunaan LKPD Berbasis Problem based learning Pada Materi Penanaman Nilai-Nilai Pancasila dikelathui bahwa diperoleh nilai rata-rata keseluruhan siswa sebesar 83,33 dengan kriteria “Sangat Efektif”. Oleh karena itu dapat simpulkan bahwa penggunaan LKPD Berbasis Problem based learning Pada Materi Penanaman Nilai-Nilai Pancasila terhadap hasil belajar siswa Kelas V SD Negeri Ulee Tutu Aree efektif digunakan dalam proses pembelajaran dikelas.


Keywords

Pengembangan, Problem Based Learning, Hasil Belajar siswa

References

Aini, Nur A., Syachruroji, A., dan Nana H. 2019. Pengembangan LKPD Berbasis Problem based learning Pada Mata Pembelajaran IPA Materi Gaya. JPD: Jurnal Pendidikan Dasar. 10(1): 68-67.

Akbar, Sa'dun. 2013. Instrumen Perangkat Pembelajaran. Bandung: Rosdakarya

Amir, M. T.. 2016. Inovasi Pendidikan Melalui Problem Based Learning: Bagaimana

Pendidik Memberdayakan Pembelajaran di Era Pengetahuan. Jakarta: PT. Fajar interpratama mandiri.

Andriana, E., Alamsyah, T. P., & Tambun, I. 2020. Mitigasi Bencana Info Artikel Abstrak. 10.

Arikunto, Suharsimi dan Cepi Safruddin AJ. 2010. Evaluasi Program Pendidikan. Jakarta : Bumi Aksara.

Djaali. 2020. Metodologi Penelitian Kuantitatif. Jakarta: Bumi Aksara.

Herlina, H., & Dewi, R. R. 2017. Flashcard Media: the Media for Developing Students Understanding for English Vocabulary At Elementary School. Ijer - Indonesian Journal of Educational Review, 4(1), 116

Insani, Aunillah R. Dan Siti R. Y. 2017. Pengaruh Model PBL (Problem Based Learning) terhadap Motivasi dan Hasil Belajar IPA Peserta Didik. Jurnal Sainsmat. 6(1): 1-14.

Lismaya, Lilis. 2019. Berpikir Kritis dan PBL. Surabaya: Media Sahabat Cendekia.

Mailani, E., & Wulandari, E. 2019. Pengembangan Buku Ajar Matematika Materi Penjumlahan Bilangan Desimal Dengan Pecahan Campuran Berbasis Pendekatan Scientific Di SDN 101771 Tembung Ta 2018/2019. Elementary School Journal Pgsd Fip Unimed, 9(2), 94-103.

Malisa, S., Bakti, I., & Iriani, R. 2018. Model Pembelajaran Creative Problem Solving (CPS) Untuk meningkatkan Hasil Belajar Dan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa. Jurnal Vidya Karya, 33(1), 1-20.

Nurhasanah, N. 2016. Peningkatan Sikap Keadilan Melalui Pembelajaran PPKn Berbasis Tematik Terpadu pada Siswa Kelas IV SD Islamal Azhar 13 Rawamangun Jakarta Timur. Jurnal ILmiah PGDD, III(2), 2016.

Pratama, A. R., & Saregar, A. 2019. Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Scaffolding Untuk Melatih Pemahaman Konsep. Indonesian Journal of Science and Mathematics Education, 84-97.

Prastowo, A. 2013. Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Diva Press.

Rahayuningsih, D. I. 2018. Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (Lkpd) Dengan Pendekatan Saintifik Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Mata Pelajaran Ips Bagi Siswa Kelas Iv Sekolah Dasar. Jurnal Review Pendidikan Dasar : Jurnal Kajian Pendidikan Dan Hasil Penelitian, 4(2), 726.

Rahman, Taufiqur. 2018. Aplikasi Model-model Pembelajaran. Jakarta: CV. Pilar Nusantara.

Simang, R., Efendi, dan Gagaramusu ,Y. 2016. Meningkatkan Kemampuan Siswa Menggunakan Kalimat Tsnya Melalui Metode Latihan pada Siswa Kelas IV SD Inpres 2 Langaleso. Jurnal Kreatif Tabulako. 5 (7): hal 197198).

Simatupang, H. dan Purnama, D. 2019. Handbook Best Practice Strategi Belajar Mengajar. Surabaya: Media Sahabat Cendekia

Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: ALFABETA

Sukmadinata, Nana Syaodih. 2015. Metode Penelitian Pendidikan Strategi Pembelajaran. Bandung : PT

Swestyani, S., Masyuri, M., & Prayitno, B. A. 2017. Pengembangan Modul IPA Berbasis Creative Poblem Solving (CPS) Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa. Jurnal Pembelajaran Biologi, 6(2), 36-41.

Trianto, T. 2011. Model pembelajaran terpadu. Jakarta: Bumi Aksara.

Usman, H., Lestari, I., & Pelenkahu, N. 2020. English e-Book for Elementary School Students: Research by Design Based on Whole Language Approach. 397(Icliqe 2019), 735–741.

URI

https://repository.bbg.ac.id/handle/2258

Collections

  • Final Year Projects S1 PGSD

Browse

Main Collections Final Year Projects (1023)Books by Lecturers (10)Other Books (512)Internal Proceedings (160)External Proceedings (99)Campus Magazines (27)News Clippings (40)Social Media Clippings (3)Articles by Lecturers (2)Inauguration Speech (5)Research Reports (450)Community Service Reports (424)

© 2025 UBBG Institutional Repository