EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA BONEKA TANGAN DALAM MENSTIMULASI KARAKTER RELIGIUS PADA ANAK KELOMPOK B DI TK CUT MEUTIA BANDA ACEH
Abstract
Boneka tangan sebagai media dalam kegiatan pembelajaran dmemiliki peranan yang sangat penting, karena media boneka dapat menstimulasi karakter religius pada anak melalui cerita-cerita yang disampaikan. Tujuan penelitian ini untuk untuk mengetahui efektivitas penggunaan media boneka tangan dalam menstimlasi karakter religius pada anak kelompok B TK Cut Meutia Banda Aceh. Penelitian ini menggunakan pendekatan pendekatan kuantitatif dengan desain pra eksperimen. Populasi penelitian seluruh anak-anak kelompok B TK Cut Meutia Banda Aceh yang berjumlah 79 orang. Sampel dipilih secara acak, terpilih kelompok B2 dengan jumlah 21 anak. Pengumpulan data dilakukan melalui obervasi dan dokumentasi, instrumen yang digunakan dalam pengumpulan data ini adalah lembar observasi. Data dianalisis menggunakan uji statistika. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan karakter religius anak setelah dilaksanakan pembelajaran menggunakan media boneka tangan yaitu anak yang berkembang sangat baik sebanyak 7 (33,33%), selanjutnya sebanyak 11 (52,38%) anak berkembang sesuai harapan, dan hanya 3 (14,29%) anak mulai berkembang karakter religius. Hal ini dibuktikan dengan hasil uji hipotesis bahwa harga t- hitung > harga t-tabel (24,21 > 1,72). Penelitian ini menyimpulkan bahwa media boneka tangan efektif dalam menstimulasi karakter religius pada anak kelompok B TK Cut Meutia Banda Aceh
Keywords
Media boneka tangan, karakter religius
References
DAFTAR PUSTAKA
Abdullah, Abdurrahman Shaleh. 2015. Teori-Teori Pendidikan Berdasarkan Al-Qur'an, Jakarta: Rineka Cipta.
Aisyah, Siti, dkk. 2013. Perkembangan dan Konsep Dasar Pengembangan Anak Usia Dini. Jakarta: Universitas Terbuka.
Arifin, 2011. Ilmu Pendidikan Islam: Tinjauan Teoritis dan Praktis Berdasarkan Pendekatan Interdisipliner, Jakarta: Bumi Aksara.
Arikunto, Suharsimi. 2016. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta Rineka Cipta.
Departemen Pendidikan Nasional. 2014. Pedoman Penilaian Pembelajaran PAUD. Jakarta: Balai Pustaka.
Djamarah, Syaiful Bahri dan Aswan Zain. 2012. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Fadillah, Muhammad. 2012. Desain Pembelajaran PAUD: Tinjauan Teoretik dan Praktik. Jokjakarta: Ar-Ruzz Media.
Gunawan, Heri. 2014. Pendidikan Karakter Konsep dan Implementasinya, Bandung: Alfabeta.
Helmawati. 2014. Pendidikan Keluarga Teoritis dan Praktis, Bandung: Remaja Rosdakarya.
Hidayat, Otib Satibi. 2011. Metode Pengembangan Moral dan Nilai-nilai Agama. Jakarta: Universitas Terbuka.
Listyarti, Retno. 2012. Pendidikan Karakter dalam Metode Aktif, Inovatif, dan. Kreatif. Jakarta : Penerbit Erlangga.
Madyawati. 2016. Strategi Pengembangan Bahasa pada Anak. Jakarta: Prenada Group.
Muhammad Fadillah dan Lilif Mualifatu K. 2013. Pendidikan Karakter Anak Usia Dini: Konsep & Aplikasinya dalam PAUD. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.
Mulyasa, E. 2012. Manajemen PAUD, Bandung: Remaja Rosdakarya.
Mustari, Mohamad. 2014. Nilai Karakter Refleksi Untuk Pendidikan, Jakarta