UBBG Institutional Repository
  • Browse
    • Final Year Projects
    • Books by Lecturers
    • Other Books
    • Internal Proceedings
    • External Proceedings
    • Campus Magazines
    • News Clippings
    • Social Media Clippings
    • Articles by Lecturers
    • Inauguration Speech
    • Research Reports
    • Community Service Reports
  • Prodi Index
  • Year Index
  • Our Library
  • OPAC
  • Policies
  •   Advanced Search

Advanced Search

How to cite  

Berutu, I. (2024). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN POP-UP BOOK PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS IV SDN SITUBUH-TUBUH ACEH SINGKIL (Undergraduate thesis, Universitas Bina Bangsa Getsempena). Retrieved from https://repository.bbg.ac.id/handle/2251.
Berutu, Indrawati. “PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN POP-UP BOOK PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS IV SDN SITUBUH-TUBUH ACEH SINGKIL.” Undergraduate thesis, Universitas Bina Bangsa Getsempena, 2024, https://repository.bbg.ac.id/handle/2251.

PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN POP-UP BOOK PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS IV SDN SITUBUH-TUBUH ACEH SINGKIL

Thumbnail

View/Open

F0819062W.pdf (1 MB)

Issue Year

2024

Author(s):

Indrawati Berutu

Abstract

Guru belum pernah menggunakan media pembelajaran pada saat kegiatan pembelajaran berlangsung. Sehingga siswa tidak memperhatikan penjelasan guru selama proses pembelajaran. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui hasil belajar siswa dan kevalidan penggunaan media Pop Up Book pada mata pelajaran IPA kelas IV di SDN Situbuh-tubuh Aceh Singkil. Penelitian ini termasuk dalam jenis penelitian pengembangan (Research and Development (R&D). Model pengembangan yang digunakan adalah model ADDIE. Tahap-tahap prosedur pengembangan ADDIE dijabarkan mulai dari (Design), (Develompment), (implementation), (evaluation). Teknik pengumpulan yang digunakan adalah validasi, tes dan responden siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa analisis kebutuhan dari hasil wawancara guru kelas IV memperoleh 42%. Validator Bahasa memperoleh skor 77%, validator Materi skor 95%, dan validator Media memperoleh skor 97%. Hasil respon siswa memperoleh skor 95% kategori bahwa media Pop Up Book merupakan media pembelajaran yang sangat menarik untuk siswa. Sebelum proses pembelajaran menggunakan media Pop Up Book terdiri dari 20 butir soal uraian dengan skor maksimal 100. KKM yang ditentukan di SDN Situbuh-tubuh yaitu 65, setelah dilakukan pemeriksaan dan pengolahan data terhadap hasil pretest menunjukkan bahwa nilai rata-rata yang diperoleh yaitu 43 dan masih banyak yang belum mencapai KKM. Hasil posttest setelah memberi perlakuan dengan menggunakan media pembelajaran Pop Up dari 20 butir soal meningkat dibuktikan dengan nilai rata-rata 77. Dapat dikatakan adanya peningkatan nilai siswa dengan menggunakan media pembelajaran Pop Up Book dan sebagian besar siswa memperoleh nilai diatas KKM dan memperoleh nilai N-gain 0,6 dengan kriteria sedang. Maka dapat disimpulkan bahwa media Pop Up Book dapat meningkatkan hasil belajar siswa serta media pembelajaran Pop Up Book dapat diimplementasikan kepada siswa kelas IV SD Negeri situbuh-tubuh.


Keywords

Kata kunci: Media Pop Up Book, Ilmu Pengetahuan Alam

References

DAFTAR PUSTAKA

Aileena S.C.R.E.C & Mahimma Romadhona. 2021. Design of Pop-Up Interactive Illustration Book on The Education of Healthy Living Patterns for Children Aged 7-8 Years Old. 5thInternational Seminar of Research Month 2020. NST Proceedings. Pages 369-380.

Amka. 2018. Belajar dan Pembelajaran. (Sidoarjo: Nizama Learning Center)

Arsyad Azhar. 2018. Media Pembelajaran. (Jakarta: Rajawali Pers). Departemen RI. 2017.

Askari Zakariah, Vivi Afriani, KH. M. Zakariah. 2020. Metodologi Penelitian Kualitatif, Kuantitatif, Action Research, Research and Development (R and D). (Yayasan Pondok Pesantren Al Mawaddah Warrahmah Kolaka)

Eka Aprillia.Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Berupa Kotak Pop-Up Pada Materi Bangun Ruang Untuk Anak Autisme. Skripsi. 2018.

Fajar, S. S., Arifin, S., Daitin, T. 2021. Pengembangan Bahan Ajar E-Book Berbasis Kooperatif-Stad Pada Mata Kuliah Penjas Sd Untuk Mahasiswa PGSD FIP Unimed. Elementary School Journal PGSD, 11(1).

Fauziah, Umi. “Pengembangan Media Pembelajaran Tematik Tema 5 Pahlawanku Subtema 1 Perjuangan Para Pahlawan Kelas IV Berbasis Pop up book di SD/MI”' Skripsi, Yokyakarta: Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga, 2018.

Rica Rahma, Lili Kasmini, & Aprian Subhananto Pengembangan Media Pembelajaran Sistem Pernaparan Hewan Berbasis Kearifan Lokal Kelas V SD Siem Aceh Besar Volume 3, Nomor 2, September 2022

Mudlofir Ali & Fatimatur Rusydiyah Evi. 2017. Desain Pembelajaran Inofativ Dari Teori Ke Praktik. (Jakarta: Rajagrafindo Prasada).

Nabila, E., Fina, F., Wawan, S. R. 2023. Pengaruh Model Project Based Learningberbantuan Media Pop Up Bookterhadap Peningkatan Kreativitas Siswa Pada Tema 8 Kelas 5 SDN 1 Mayong Kidul. Prima Magistra: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 4(4): 491-497.

Nanda W. Alviolita. 2019. “Media Pop Up Book Dalam Pembelajaran Bercerita”. Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia, Vol 7, No 1.

Prastowo Andi. 2014. Pengembangan Bahan Ajar Tematik. (Jakarta: Kencana). Riduan. 2014. Pengantar Statistika Sosial. (Bandung: Alfabeta).

Puspita, W., Widya, T. P., Yes Matheos, L. M. 2022. Penggaruh Penggunaan Media Pop-Up Book terhadap Hasil Belajar Siswa di Sekolah Dasar. Holistika: Jurnal Ilmiah PGSD, 6(1).

Riduan. 2014. Dasar-Dasar Statistika. (Bandung: Alfabeta).

Rimawati Ega. 2016. Ragam Media Pembelajaran. (Jakarta: Kota Pena).

Rusman. 2015. Pembelajaran Tematik. (Jakarta: Rajawali Pers)

Safrina Junita & Munzir. 2020. Penerapan Media Pop-Up Book Untuk Pemahaman Sub Tema Ketampakan Rupa Bumi Di Sekolah Dasar. Jurnal Tunas Bangsa, 7(1).

Sugiyono. 2017 Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Wisudawati, W. A. dan Sulistiyowati, E. 2014. Metodologi Pembelajaran IPA. Jakarta: PT Bumi Aksara

URI

https://repository.bbg.ac.id/handle/2251

Collections

  • Final Year Projects S1 PGSD

Browse

Main Collections Final Year Projects (1023)Books by Lecturers (10)Other Books (512)Internal Proceedings (160)External Proceedings (99)Campus Magazines (27)News Clippings (40)Social Media Clippings (3)Articles by Lecturers (2)Inauguration Speech (5)Research Reports (450)Community Service Reports (424)

© 2025 UBBG Institutional Repository