PENINGKATAN KEMAMPUAN MENGENAL HURUF DENGAN MEDIA KARTU HURUF PADA KELOMPOK B DI PAUD ISLAM CERIA HIDAYATULLAH LHOKNGA ACEH BESAR
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Peningkatan Kemampuan Mengenal Huruf Dengan Media Kartu Huruf Pada Kelompok B Di Paud Islam Ceria Hidayatullah Lhoknga Aceh Besar. Jenis penelitian yang digunakan oleh peneliti adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian tindakan kelas merupakan suatu bentuk penelitian yang dilaksanakan oleh guru dalam melaksanakan tugas pokoknya, yaitu mengelola pelaksanaan kegiatan belajar mengajar (KBM) dalam arti luas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada peningkatan kemampuan mengenal huruf yaitu pada Kondisi Awal sebesar 7% (1 anak), meningkat pada Siklus I menjadi 60% (9 anak), dan pada Siklus II mencapai 80% (12 anak) dengan penilaian anak berkembang sangat baik (BSB). Hal ini menunjukkan bahwa anak kelompok B di Paud Islam Ceria Hidayatullah Lhoknga Aceh Besar telah mencapai kemampuan mengenal huruf sesuai dengan yang diharapkan. Pembelajaran dalam meningkatkan kemampuan mengenal huruf dengan menggunakan media kartu huruf dikatakan berhasil.
Keywords
Kemampuan mengenal, Media Huruf, Aceh Besar
References
Arikunto,S. 2010. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi aksara
Asmariani. 2016. “Konsep Media Pembelajaran PAUD”: Jurnal Al-Afkar,
Vol.v.No.1
Asrori. 2015. Metodelogi Penelitian.IKIP U,Pandang
Asroriah, Titik.2014 “ Peningkatan Kemampuan Membaca awal Penggunaan Media
Papan Flanel,”Yogjakarta: Skripsi PG-PAUD Universitas Yogyakarta”.
Dhieni, Nurbiana. 2010. Metode Pengembangan Bahasa. Jakarta: Universitas
Terbuka.
Enjang Burhanudin Yusuf. 2016.” Perkembangan dan perolehan bahasa”
Purwokerto : Jurnal: Yin yang. Vol. 11, No.1.
Hasnida. 2015. Media Pembelajaran Kreatif, Mendukung Pembalajaran Pada Anak
Usia Dini, Jakarta:Luxima Metro Media
Hastuti. 2012. Psikologi Perkembangan anak, Jakarta :Tugu Publisher.
Hayati, F., & Julia, J. 2018. “Peningkatan Kemampuan Interpersonal Melalui
Permainan Balon Berpasangan Di Kelompok Bermain Paud Bina Insani
Kemala Bhayangkari 1 Banda Aceh” : Buah Hati Journal, 5(1).
Hayati, F, & Fatimah, F. 2019. “Peningkatan Kemampuan Motorik Kasar Melalui
Permainan Bakiak Di Kelompok B TK Raudhatul Ilmi Tijue Kecamatan
Pedie Kabupaten Pidie. Buah Hati Journal, 6(1
Korima, Siti. 2018. “ Peningkatan Kemampuan mengenal Lima Huruf Vocal Melalui
Media Bola Huruf”. Surabaya Skripsi Universitas Islam Surabaya.
Kurikulum 2013 PAUD Usia 5-6 Tahun 2015. Panduan Pendidik.
Kurikulum 2013. Jakarta, Pusat Kurikulum Dan Perbukuan.
Latif, Mukhtar, dkk.2014 Orientasi Baru Pendidikan Anak Usia Dini: Teori dan
Aplikasi. Jakarta: Kencana.
Mulyasa. 2015. Guru Implementasi Kurikulum 2013. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Musfah, Jejen. 2012. Peningkatan Kompetensi Guru Melalui Pelatihan dan Sumber
Belajar Teori dan Praktis, Jakarta ; Prenada Media
Mutiah, d.2012. Psikolog Bermain Anak Usia Dini, Jakarta: Kencana Prenada.
Nurtiani,A.T, dkk. 2016. “Peningkatan Kemampuan Bahasa Anak Melalui Media
Big Book Di Kelompok B Paud Terpadu Permata Hati Banda Aceh :
Organised by: Association of Malaysian Researchers and Social Services
Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Syiah Kuala,