ANALISIS KEMAMPUAN MENGENAL BILANGAN MELALUI PERMAINAN KOTAK ANGKA PADA ANAK KELOMPOK A1 DI TK IT PERMATA SUNNAH
Abstract
Kemampuan mengenal bilangan perlu diperkenalkan sejak usia dini, pengenalan bilangan juga merupakan dasar terhadap pengembangan kemampuan matematika anak menuju jenjang pendidikan selanjutnya. Anak kelompok A1 di TK IT Permata Sunnah belum berkembang secara maksimal kemampuan mengenal bilangan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kemampuan mengenal bilangan melalui permainan kotak angka dan untuk menganalisis kendala yang dihadapi guru dalam pembelajaran mengenal bilangan pada anak kelompok A1 di TK IT Permata Sunnah Banda Aceh melalui permainan kotak angka. Penelitian ini menggunakan desain penelitian kualitatif dengan jenis deskriptif. Subjek penelitian guru kelompok A1 berjumlah 2 orang murid kelompok A1 berjumlah 20 orang. Data dikumpulkan melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Data dianalisis menggunakan model Miles dan Huberman yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, serta penarikan kesimpulan atau verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Kemampuan mengenal bilangan anak kelompok A1 sebelum permainan kotak angka tergolong masih rendah, yaitu sebanyak 20% belum berkembang. Selanjutnya sebanyak 65% mulai berkembang dan 15% anak berkembang sesuai harapan. Setelah penerapan permainan kotak angka tidak ada lagi anak yang belum berkembang, anak yang mulai berkembang hanya 20%. Selanjutnya anak yang berkembang sesuai harapan sebanyak 60% dan anak yang berkembang sangat baik sebanyak 20%. (2) Kendala yang dihadapi guru dalam pembelajaran mengenal bilangan melalui permainan kotak angka yaitu waktu pengerjaan kotak angka cenderung lebih lama karena menuntut ketelitian yang lebih ekstra. Selain itu, waktu pelaksanaan pembelajaran yang terbatas dan juga kurang kondusifnya kelas karena anak-anak biasanya berebut untuk bermain kotak angka.
Keywords
Mengenal bilangan, kotak angka
References
Abdurrahman, Mulyono. 2015. Anak Berkesulitan Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Aqib, Zainal. 2015. Pedoman Teknis Penyelenggaraan PAUD (Pendidikan Anak
Usia Dini), Bandung: Nuansa Aulia.
Arikunto, Suharsimi. 2015. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta:
Rineka Cipta.
Cahyaningrum, dkk. 2022. Profil Kemampuan Mengenal Konsep Bilangan Anak
Usia 4-5 Tahun di Gugus Dahlia Klaten. Jurnal Kumara Cendekia. Vol.
10 No. 2, 2022.
Daryanto. 2015. Media pembelajaran. Yogyakarta: Gava Media.
Departemen Pendidikan Nasional. 2014. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Cetakan ke
delapan Belas Edisi IV. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
Fadillah, M. 2017. Implementasi Kurikulum 2013 dalam Pembelajaran SD/MI,.
SD/MTS, dan SMA/MA. Yogyakarta : Ar-Ruzz
Fadlillah. 2017. Bermain dan Permainan Anak Usia Dini. Jakarta: Kencana.
Haryanto, Dany. 2015. Pembelajaran Multimedia di Sekolah. Jakarta: Prestasi
Pustaka.
Hidayati, Eny dan Muhayanto, Hagus. 2016. Peningkatan Kemampuan Membilang
1-20 Melalui Permainan Tutup Botol pada Anak Kelompok B TK
Dharma Wanita Kepuhrejo Kecamatan Takeran Kabupaten Magetan.
Jurnal CARE, Vol 03, No. 2. Tahun 2016.
Husdarta dan Nurlan. 2014. Pertumbuhan dan Perkembangan Peserta Didik,
Bandung: Alfabeta.
Iskandar. 2014. Metodologi Penelitian Pendidikan dan Sosial (Kuantitatif dan
Kualitatif), cet. ke 3. Jakarta: GP Press.