EFEKTIVITAS MODEL PBL BERBANTUKAN VIDEO PEMBELAJARAN TERHADAP LITERASI NUMERASI BERBASIS AKM MATERI BILANGAN CACAH KELAS II SDN 69 BANDA ACEH
Abstract
Problem Based Learning atau Pembelajaran Berbasis Masalah adalah salah satu strategi pembelajaran, di mana siswa dihadapkan pada masalah nyata yang kontekstual dengan kehidupan sehari-hari untuk memperoleh pengetahuan sehingga dapat menyelesaikan masalah tersebut berdasarkan pengetahuannya. Video pembelajaran memberikan pemahaman dan keterampilan yang lebih tersetruktur serta mempermudah guru dalam menyampaikan materi pembelajaran terutama yang bersifat praktek. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui bagaimana Efektivitas Model PBL Berbantukan Video Pembelajaran Terhadap Literasi Numerasi Berbasis AKM Materi Bilangan Cacah Kelas II SDN 69 Banda Aceh. Jenis penelitian yang ini adalah penelitian pra eksperimen, dengan desain one-group pre-test-post-test design yaitu satu kelompok eksperimen diukur variabel dependennya (pre-test), kemudian diberikan kegiatan pembelajaran dengan menggunakan media pembelajaran berbasis Video Pembelajaran, dan diukur kembali variabel dependennya (post-test), tanpa ada kelompok pembanding. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari perhitungan dari hasil pre-test, diperoleh nilai diperoleh rata-rata = 6,71 standar deviasi S2 = 23.229 dan simpangan baku S1 = 152 sedangkan pada hasil hitungan post-test nilai rata-rata = 9,32 standar deviasi S2 = 429 dan simpangan baku S1 = 20,71. Adapun perolehan hitungan nilai thitung yang diperoleh yaitu 5,55 sedangkan nilai ttabel 1.69, jadi thitung>ttabel sehingga Ho ditolak dan Ha diterima. Ha: Penggunaan media pembelajaran berbasis Video pembelajaran efektif dalam meningkatkan literasi numerasi berbasis AKM materi bilangan cacah di kelas II SDN 69 Banda Aceh. Kata Kunci : Model PBL, Video Pembelajaran, Literasi Numerasi Berbasis AKM & Bilangan Cacah
Keywords
Model PBL, Video Pembelajaran, Literasi Numerasi Berbasis AKM & Bilangan Cacah
References
Abduh, M. (2020). Peningkatan Kompetensi Peserta Didik Melalui AKM
(Asesmen Kompetensi Minimum ). Webimar Lembaga Komite Nasional
(LKSN).
Abdullah, Ridwan. (2021) Pembelajaran Berorientasi AKM (Asesmen Kopetensi
Minimum), Jakarta: PT Bumi Aksara
Abi Hamid, Mustofa, dkk. (2020). Media Pembelajaran. Medan:Yayasan Kita
Menulis
Arsyad, Azhar. (2017). Media Pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Basyiruddin Usman. (2002). Media Pendidikan. Jakarta: Ciputat Press.
Daryanto, (2013). Inovasi Pembelajaran Efektif. Bandung: Yrma Widya.
Dewi Padmo dkk. (2004). Teknologi Pembelajaran: Peningkatan Kualitas Belajar
Melalui Teknologi Pembelajaran. Jakarta:Pusat Teknologi Komunikasi
dan Informasi Pendidikan.
Eko Putro Widoyoko. (2013). Teknik Penyusunan Instrumen Penelitian.
Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Ekowati, Dyah Worowirastri, dkk (2019) Literasi Numerasi Di SD
Muhammadiyah. ELSE (Elementary School Education Journal): Jurnal
Pendidikan dan Pembelajaran Sekolah Dasar 3, no. 1: 93-103
Gusmania, Y & Wulandari, T. (2018). Efektivitas Penggunaan Media
Pembelajaran Berbasis Video Terhadap Pemahaman Konsep Matematis
Siswa. Jurnal Enrika
Hadi, S. (2017). Efektivitas Penggunaan Video Sebagai Media Pembelajaran
Untuk Siswa Sekolah Dasar, Seminar Nasional Teknologi Pembelajaran
dan Pendidikan Dasar 2017, Vol. 1, No. 15, 2017
Indah, N., Mania, S., & Nursalam. (2021). Peningkatan Kemampuan Literasi Matematika
Siswa Melalui Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Di Kelas
VII SMP Negeri 5 Pallangga Kabupaten Gowa. MaPan, 4(2), 200–210.
Iskandarwasih. (2013). Strategi Pembelajaran. Bandung: PT Remaja
Kemendikbud. (2017a). Materi Pendukung Literasi Numerasi. Jakarta:
Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.
Kemendikbud. (2017b). Panduan Gerakan Literasi Nasional. Jakarta: Kementrian
65
Pendidikan dan Kebudayaan.
Kustandi, Cecep., dan Darmawan, Daddy. (2020) Pengembangan Media
Pembelajaran: Konsep & Aplikasi Pengembangan Media Pembelajaran
Bagi Pendidik di Sekolah dan Masyarakat. Jakarta: Kencana
Marlina (2020) Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Kemampuan
Berpikir Kreatif Siswa Jurnal Pena Ilmiah: Vol. 1, No 1 pp 871-880
Marsudi Raharjo, (2005) Bilangan Asli, Cacah dan Bulat, in Materi Diklat
Matematika Bagi Guru, Yogyakarta: PPG Matematika
Munandar, Haris (2018) Upaya Peningkatan Aktivitas Belajar Mahasiswa Pada
Prodi Pendidikan Biologi Menggunakan Pendekatan Contextual Teaching
and Learning (CTL) Pada Mata Kuliah Kimia Dasar. Lantanida Journal. 6
(1), 1-102
Nasution, S. (1990) Berbagai Pendekatan Dalam Proses Belajar-Mengajar.
Jakarta: BinaAksara
Purwanto (2015) Pengaruh Model Pembelajaraan Kooperatif Tipe Group
Investigation (GI) terhadap Hasil Belajar Siswa, Jurnal INPAFI 3(1):196-
201
Pusat Asesmen dan Pembelajaran. (2020) Paparan Pembelajaran Paradigma Baru
Jakarta: Kemendikbudristek
Sari, Siti Mayang (2022). Problem Based Learning Berbasis Class PLE. Yayasan
Peduli Pembangunan Aceh.
Simarmata, J. (2020). Media dan Multimedia Pembelajaran: Teori dan Praktik.
Yayasan Kita Menulis
Suciani, H. (2021). Efektivitas Video Matematika Dengan Pembelajaran Berbasis
Problem Based Learning (PBL) Dalam Mendukung Kemampuan Literasi
Numerasi pada Materi SPLDV Kelas VIII SMPN 22 Kota Jambi. Universitas
Jambi.
Sugiyono. (2015) Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. (2016) Metode Penelitian Pendidikan. Cetakan ke 24, CV. Alfa Beta
Bandung
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif,
R&D. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif. Bandung: Alfabeta.
66
Sukmadinata, N. S. (2012). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT Remaja
Rosdakarya
Suryani, Nunuk, dkk. ( 2018) Media Pembelajaran Inovatif dan
Pengembangannya. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Susanto, A. (2016) Teori Belajar dan pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta:
Kencana Pernada Media Group.
Uno, Hamzah B. (2007) Model Pembelajaran Menciptakan Proses Belajar
Mengajar yang Kreatif dan Efektif. Jakarta: Bumi Aksara
Widayati (2012) Pengaruh Pendekatan Problem Based Learning Terhadap
Kemampuan Komunikasi Matematis dan Motivasi Belajar Siswa. Jurnal
Pena Ilmiah, Vol. 1 (1) 2012, pp: 135-154
Wijayanti, R., & Hasan, B. (2018). Efektivitas Penggunaan Media Pembelajaran
Matematika Berbasis Problem Based Leasrning. Jurnal Program Studi
Pendidikan Matematika, 45-50.
Winarni, S., Kumalasari, A., Marlina, & Rohati. (2021). Efektivitas Video Pembelajaran
Matematika Untuk Mendukung Kemampuan Literasi Numerasi dan Digital
Siswa. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 0(2), 574–583.