UBBG Institutional Repository
  • Browse
    • Final Year Projects
    • Books by Lecturers
    • Other Books
    • Internal Proceedings
    • External Proceedings
    • Campus Magazines
    • News Clippings
    • Social Media Clippings
    • Articles by Lecturers
    • Inauguration Speech
    • Research Reports
    • Community Service Reports
  • Prodi Index
  • Year Index
  • Our Library
  • OPAC
  • Policies
  •   Advanced Search

Advanced Search

How to cite  

Hadinningsih, E. S. (2024). EFEKTIVITAS MODEL PBL BERBANTUKAN VIDEO PEMBELAJARAN TERHADAP LITERASI NUMERASI BERBASIS AKM MATERI BILANGAN CACAH KELAS II SDN 69 BANDA ACEH (Undergraduate thesis, Universitas Bina Bangsa Getsempena). Retrieved from https://repository.bbg.ac.id/handle/2238.
Hadinningsih, Eka Safitri. “EFEKTIVITAS MODEL PBL BERBANTUKAN VIDEO PEMBELAJARAN TERHADAP LITERASI NUMERASI BERBASIS AKM MATERI BILANGAN CACAH KELAS II SDN 69 BANDA ACEH.” Undergraduate thesis, Universitas Bina Bangsa Getsempena, 2024, https://repository.bbg.ac.id/handle/2238.

EFEKTIVITAS MODEL PBL BERBANTUKAN VIDEO PEMBELAJARAN TERHADAP LITERASI NUMERASI BERBASIS AKM MATERI BILANGAN CACAH KELAS II SDN 69 BANDA ACEH

Thumbnail

View/Open

F0818047W.pdf (2 MB)

Issue Year

2024

Author(s):

Eka Safitri Hadinningsih

Abstract

Problem Based Learning atau Pembelajaran Berbasis Masalah adalah salah satu strategi pembelajaran, di mana siswa dihadapkan pada masalah nyata yang kontekstual dengan kehidupan sehari-hari untuk memperoleh pengetahuan sehingga dapat menyelesaikan masalah tersebut berdasarkan pengetahuannya. Video pembelajaran memberikan pemahaman dan keterampilan yang lebih tersetruktur serta mempermudah guru dalam menyampaikan materi pembelajaran terutama yang bersifat praktek. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui bagaimana Efektivitas Model PBL Berbantukan Video Pembelajaran Terhadap Literasi Numerasi Berbasis AKM Materi Bilangan Cacah Kelas II SDN 69 Banda Aceh. Jenis penelitian yang ini adalah penelitian pra eksperimen, dengan desain one-group pre-test-post-test design yaitu satu kelompok eksperimen diukur variabel dependennya (pre-test), kemudian diberikan kegiatan pembelajaran dengan menggunakan media pembelajaran berbasis Video Pembelajaran, dan diukur kembali variabel dependennya (post-test), tanpa ada kelompok pembanding. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari perhitungan dari hasil pre-test, diperoleh nilai diperoleh rata-rata = 6,71 standar deviasi S2 = 23.229 dan simpangan baku S1 = 152 sedangkan pada hasil hitungan post-test nilai rata-rata = 9,32 standar deviasi S2 = 429 dan simpangan baku S1 = 20,71. Adapun perolehan hitungan nilai thitung yang diperoleh yaitu 5,55 sedangkan nilai ttabel 1.69, jadi thitung>ttabel sehingga Ho ditolak dan Ha diterima. Ha: Penggunaan media pembelajaran berbasis Video pembelajaran efektif dalam meningkatkan literasi numerasi berbasis AKM materi bilangan cacah di kelas II SDN 69 Banda Aceh. Kata Kunci : Model PBL, Video Pembelajaran, Literasi Numerasi Berbasis AKM & Bilangan Cacah


Keywords

Model PBL, Video Pembelajaran, Literasi Numerasi Berbasis AKM & Bilangan Cacah

References

Abduh, M. (2020). Peningkatan Kompetensi Peserta Didik Melalui AKM

(Asesmen Kompetensi Minimum ). Webimar Lembaga Komite Nasional

(LKSN).

Abdullah, Ridwan. (2021) Pembelajaran Berorientasi AKM (Asesmen Kopetensi

Minimum), Jakarta: PT Bumi Aksara

Abi Hamid, Mustofa, dkk. (2020). Media Pembelajaran. Medan:Yayasan Kita

Menulis

Arsyad, Azhar. (2017). Media Pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Basyiruddin Usman. (2002). Media Pendidikan. Jakarta: Ciputat Press.

Daryanto, (2013). Inovasi Pembelajaran Efektif. Bandung: Yrma Widya.

Dewi Padmo dkk. (2004). Teknologi Pembelajaran: Peningkatan Kualitas Belajar

Melalui Teknologi Pembelajaran. Jakarta:Pusat Teknologi Komunikasi

dan Informasi Pendidikan.

Eko Putro Widoyoko. (2013). Teknik Penyusunan Instrumen Penelitian.

Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Ekowati, Dyah Worowirastri, dkk (2019) Literasi Numerasi Di SD

Muhammadiyah. ELSE (Elementary School Education Journal): Jurnal

Pendidikan dan Pembelajaran Sekolah Dasar 3, no. 1: 93-103

Gusmania, Y & Wulandari, T. (2018). Efektivitas Penggunaan Media

Pembelajaran Berbasis Video Terhadap Pemahaman Konsep Matematis

Siswa. Jurnal Enrika

Hadi, S. (2017). Efektivitas Penggunaan Video Sebagai Media Pembelajaran

Untuk Siswa Sekolah Dasar, Seminar Nasional Teknologi Pembelajaran

dan Pendidikan Dasar 2017, Vol. 1, No. 15, 2017

Indah, N., Mania, S., & Nursalam. (2021). Peningkatan Kemampuan Literasi Matematika

Siswa Melalui Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Di Kelas

VII SMP Negeri 5 Pallangga Kabupaten Gowa. MaPan, 4(2), 200–210.

Iskandarwasih. (2013). Strategi Pembelajaran. Bandung: PT Remaja

Kemendikbud. (2017a). Materi Pendukung Literasi Numerasi. Jakarta:

Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.

Kemendikbud. (2017b). Panduan Gerakan Literasi Nasional. Jakarta: Kementrian

65

Pendidikan dan Kebudayaan.

Kustandi, Cecep., dan Darmawan, Daddy. (2020) Pengembangan Media

Pembelajaran: Konsep & Aplikasi Pengembangan Media Pembelajaran

Bagi Pendidik di Sekolah dan Masyarakat. Jakarta: Kencana

Marlina (2020) Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Kemampuan

Berpikir Kreatif Siswa Jurnal Pena Ilmiah: Vol. 1, No 1 pp 871-880

Marsudi Raharjo, (2005) Bilangan Asli, Cacah dan Bulat, in Materi Diklat

Matematika Bagi Guru, Yogyakarta: PPG Matematika

Munandar, Haris (2018) Upaya Peningkatan Aktivitas Belajar Mahasiswa Pada

Prodi Pendidikan Biologi Menggunakan Pendekatan Contextual Teaching

and Learning (CTL) Pada Mata Kuliah Kimia Dasar. Lantanida Journal. 6

(1), 1-102

Nasution, S. (1990) Berbagai Pendekatan Dalam Proses Belajar-Mengajar.

Jakarta: BinaAksara

Purwanto (2015) Pengaruh Model Pembelajaraan Kooperatif Tipe Group

Investigation (GI) terhadap Hasil Belajar Siswa, Jurnal INPAFI 3(1):196-

201

Pusat Asesmen dan Pembelajaran. (2020) Paparan Pembelajaran Paradigma Baru

Jakarta: Kemendikbudristek

Sari, Siti Mayang (2022). Problem Based Learning Berbasis Class PLE. Yayasan

Peduli Pembangunan Aceh.

Simarmata, J. (2020). Media dan Multimedia Pembelajaran: Teori dan Praktik.

Yayasan Kita Menulis

Suciani, H. (2021). Efektivitas Video Matematika Dengan Pembelajaran Berbasis

Problem Based Learning (PBL) Dalam Mendukung Kemampuan Literasi

Numerasi pada Materi SPLDV Kelas VIII SMPN 22 Kota Jambi. Universitas

Jambi.

Sugiyono. (2015) Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2016) Metode Penelitian Pendidikan. Cetakan ke 24, CV. Alfa Beta

Bandung

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif,

R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif. Bandung: Alfabeta.

66

Sukmadinata, N. S. (2012). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT Remaja

Rosdakarya

Suryani, Nunuk, dkk. ( 2018) Media Pembelajaran Inovatif dan

Pengembangannya. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Susanto, A. (2016) Teori Belajar dan pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta:

Kencana Pernada Media Group.

Uno, Hamzah B. (2007) Model Pembelajaran Menciptakan Proses Belajar

Mengajar yang Kreatif dan Efektif. Jakarta: Bumi Aksara

Widayati (2012) Pengaruh Pendekatan Problem Based Learning Terhadap

Kemampuan Komunikasi Matematis dan Motivasi Belajar Siswa. Jurnal

Pena Ilmiah, Vol. 1 (1) 2012, pp: 135-154

Wijayanti, R., & Hasan, B. (2018). Efektivitas Penggunaan Media Pembelajaran

Matematika Berbasis Problem Based Leasrning. Jurnal Program Studi

Pendidikan Matematika, 45-50.

Winarni, S., Kumalasari, A., Marlina, & Rohati. (2021). Efektivitas Video Pembelajaran

Matematika Untuk Mendukung Kemampuan Literasi Numerasi dan Digital

Siswa. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 0(2), 574–583.

URI

https://repository.bbg.ac.id/handle/2238

Collections

  • Final Year Projects S1 PGSD

Browse

Main Collections Final Year Projects (1023)Books by Lecturers (10)Other Books (512)Internal Proceedings (160)External Proceedings (99)Campus Magazines (27)News Clippings (40)Social Media Clippings (3)Articles by Lecturers (2)Inauguration Speech (5)Research Reports (450)Community Service Reports (424)

© 2025 UBBG Institutional Repository