UBBG Institutional Repository
  • Browse
    • Final Year Projects
    • Books by Lecturers
    • Other Books
    • Internal Proceedings
    • External Proceedings
    • Campus Magazines
    • News Clippings
    • Social Media Clippings
    • Articles by Lecturers
    • Inauguration Speech
    • Research Reports
    • Community Service Reports
  • Prodi Index
  • Year Index
  • Our Library
  • OPAC
  • Policies
  •   Advanced Search

Advanced Search

How to cite  

Fitri, W. A. (2024). AN ANALYSIS OF STUDENT'S PERCEPTION ABOUT KURIKULUM MERDEKA IN TEACHING READING ENGLISH (Undergraduate thesis, Universitas Bina Bangsa Getsempena). Retrieved from https://repository.bbg.ac.id/handle/2237.
Fitri, Wilda Aina. “AN ANALYSIS OF STUDENT'S PERCEPTION ABOUT KURIKULUM MERDEKA IN TEACHING READING ENGLISH.” Undergraduate thesis, Universitas Bina Bangsa Getsempena, 2024, https://repository.bbg.ac.id/handle/2237.

AN ANALYSIS OF STUDENT'S PERCEPTION ABOUT KURIKULUM MERDEKA IN TEACHING READING ENGLISH

Thumbnail

View/Open

F0619047W.pdf (577 KB)

Issue Year

2024

Author(s):

Wilda Aina Fitri

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi siswa terhadap Kurikulum Merdeka dalam pengajaran membaca di kelas 3 SMAN 1 Simeulue Cut. Metodologi penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan subjek penelitian adalah siswa kelas 3 SMA SMAN 1 Simeulue Cut. Instrumen penelitian menggunakan kuesioner yang diisi oleh 38 responden. Penelitian ini berfokus pada tiga aspek utama, yaitu Kesesuaian, Efektivitas, dan tingkat kekerasan dalam Kurikulum Merdeka, khususnya dalam konteks pengajaran membaca dalam bahasa Inggris. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mayoritas siswa mempunyai persepsi positif terhadap kesesuaian kurikulum dengan kebutuhannya, efektivitas pencapaian tujuan pembelajaran, dan tingkat kekerasan dalam penerapan kurikulum tersebut. Kesimpulannya, mayoritas siswa mempunyai pandangan positif terhadap Kurikulum Merdeka, meskipun terdapat variasi persepsi terhadap kemampuan beradaptasi. Hal ini menekankan pentingnya pemantauan dan evaluasi penerapan kurikulum secara berkelanjutan, serta memberikan ruang penyesuaian agar lebih memenuhi kebutuhan dan harapan siswa.


Keywords

Students' Perception, Kurikulum Merdeka, Teaching Reading English

References

REFERENCE

Agustin, Nadya. (2023). EFISIENSI KURIKULUM MERDEKA DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS X DI SMA WASKITO PAMULANG. Prosiding Seminar Nasional Hasil Riset dan Pengabdian, 1556-1560

Ananda, Hudaidah. (2021). Perkembangan Curriculum Pendidikan di Indonesia dari Masa ke Masa. Sindang: Jurnal Pendidikan Sejaran dan Kajian Sejarah 3 (2), 102-108

Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Ary, D., et al. (2010). Introduction to Research in Education. New York: Wadsworth, Cengage Learning.

Badan Penelitian dan Pengembangan Departemen Pendidikan Nasional. 2007. Curriculum Pendidikan Agama Islam. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan RI

Cresswell, John. 2008. Educational and Evaluating Quantitative and Qualitative Research. New Jersey: Person Education

Hancock, D. R., & Algozzine, B. (2006) Doing Case Study Research. A Practical Guide for Beginning Researchers. Teachers College Press. New York

Khoirurrijal, Fadriati, Sofia, Makrufi A.D, Gandi S, Muin A, Tajeri, Fakhrudin A, Hamdani, Suprapno (2022). PENGEMBANGAN KURIKULUM MERDEKA, Malang: CV. Literasi Nusantara Abadi

Maghfiroh, Sholeh. (2022). Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar Kampus Independent Dalam Menghadapi Era Disrupsi dan Era Society 5.0. Jurnal Insipirasi Manajemen Pendidikan, 2022.

Mauizdati, N. (2020). Kebijakan Independent Belajar dalam Perspektif Sekolahnya Manusia dari Munif Chatib. Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran Vol. 3 (2).

Maulizan, Z. A. (2014). The Implementation of Communicative Approach in Teaching Reading Comprehension. Getsempena English Association Jurnal, 1(1), 1-12.

Maulizan, Z. A. (2015).Teaching Reading Comprehension to EFL Junior High School Students. English Education Journal 6 (3), 370-382.

Moleong, L. 2014 Metodologi Penelitian Kualitatif. Edisi Revisi, Bandung : PT Remaja Rosdakarya.

Monika L., Aprilia J., Ayu L.K., Anisah U.R., Setiyono J., (2023). Efektivitas Pembelajaran Kurikulum Merdeka Belajar terhadap Peserta Didik di SMP Bangilan Tuban. Unit Kegiatan Mahasiswa Jurnalistik (Sinergi).

Nafi'ah J., Faruq D.J., Mutmainah S., (2023). KARAKTERISTIK PEMBELAJARAN PADA KURIKULUM MERDEKA BELAJAR DI MADRASAH IBTIDAIYAH. Jurnal Auladuna.

Nugroho, L.P.A (2023). Implementasi Kurikulum Merdeka dengan Menerapkan Pembelajaran Efektif. bbgpjateng.kemdikbud.go.id, 30 Agust 2023. https://bbgpjateng.kemdikbud.go.id/blog/implementasi-Curriculum-Independent-dengan-menerapkan-pembelajaran-efektif

Nurgiyantoro, Burhan. 2013. Teori Pengkajian Fiksi. Yogyakarta: Gadjah Mada Universitas Press.

Priantini, D. A. M. M. O., Suarni, N. K., and Adnyana, I. K. S. (2022). Analisis Kurikulum Merdeka dan Platform Independent Belajar untuk Mewujudkan Pendidikan yang Berkualitas. Jurnal Penjamin Mutu, 8(2).

Purwanti H., Nurwati N., (2023). mplementasi Kurikulum Merdeka Belajar dengan Blended Learning pada Pembelajaran Dasar-Dasar Kuliner. Ideguru : Jurnal Karya Ilmiah Guru, 8(3), 380 – 387.

Qurniawati. D.R. (2023). EFEKTIVITAS PELAKSANAAN KURIKULUM MERDEKA BELAJAR. Confrence of Elementary Studies.

Riyanto, Y. (2019). Kurikulum Merdeka: Tantangan dan Peluang Membangun Pendidikan di Era Digital. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan, 2(1), 30- 36.

Rofiah, E. N., Wahyuni, S., & Ummah, A. (2020). Teachers' readiness in implementing Kurikulum Merdeka in primary school. Journal of Primary Education, 9(2), 163-170

Rosdiana, R. (2016). An Overview of Critical Reading Strategies to Elf Students. Getsempena English Education Journal, 2 (2), 217636

Sadewa. (2022). Meninjau Curriculum Prototipe Melalui Pendekatan Integrasi Interkoneksi Prof M Amin Adullah. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK) 4 (1), 266-280.

Sahnan A., Wibowo T., (2023). ARAH BARU KEBIJAKAN KURIKULUM MERDEKA BELAJAR DI SEKOLAH DASAR. SITTAH: Journal of Primary Education. 29-43.

Satriani, dkk. (2022). Implementation of the Independent Belajar Curriculum Through the Application of Project Based Learning Models to Improve Students' Learning Outcomes in Mathematics Learning. MaPan: Jurnal Matematikan dan Pembelajaran 10 (2), 334-339.

Simatupang, Yuhertiana. (2021). Independent Belajar Kampus Independent Terhadap Perubahan Paradigma Pendidikan Tinggi. Jurnal Bisnis, Manajemen, dan Ekonomi 2 (2), 30-38.

Sudijono, Anas. 1987. Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta: Rajawali Pers.

Sugiyono, (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R & d. Bandung : Alfabeta, CV

Sugiyono, (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R & d. Bandung : Alfabeta, CV

Sugiyono, (2011). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R & d. Bandung : Alfabeta, CV

Tuerah. R.M.S, Tuerah.J.M. (2023). Kurikulum Merdeka dalam Perspektif Kajian Teori: Analisis Kebijakan untuk Peningkatan Kualitas Pembelajaran di Sekolah. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan Vol. 9 (19).

Widyastuti A., 2022. Independent Belajar Dan Impelementasinya. jakarta: PT. Elex Media Komputindo

Wibawa, K. A., Legawa, I. M., Wena, I. M., Seloka, I. B., & Laksmi, A. A. R. (2022). Meningkatkan Pemahaman Guru Tentang Kurikulum Merdeka Belajar Melalui Direct Interactive Workshop. Jurnal Cakrawala Ilmiah, 2(2), 489–496

URI

https://repository.bbg.ac.id/handle/2237

Collections

  • Final Year Projects S1 PBI

Browse

Main Collections Final Year Projects (1023)Books by Lecturers (10)Other Books (512)Internal Proceedings (160)External Proceedings (99)Campus Magazines (27)News Clippings (40)Social Media Clippings (3)Articles by Lecturers (2)Inauguration Speech (5)Research Reports (450)Community Service Reports (424)

© 2025 UBBG Institutional Repository