UBBG Institutional Repository
  • Browse
    • Final Year Projects
    • Books by Lecturers
    • Other Books
    • Internal Proceedings
    • External Proceedings
    • Campus Magazines
    • News Clippings
    • Social Media Clippings
    • Articles by Lecturers
    • Inauguration Speech
    • Research Reports
    • Community Service Reports
  • Prodi Index
  • Year Index
  • Our Library
  • OPAC
  • Policies
  •   Advanced Search

Advanced Search

How to cite  

Mauliza. (2024). ANALISIS FAKTOR-FAKTOR PENGHAMBAT PEMBELAJARAN MEMBACA PERMULAAN PADA SISWA KELAS II SD NEGERI 72 BANDA ACEH (Undergraduate thesis, Universitas Bina Bangsa Getsempena). Retrieved from https://repository.bbg.ac.id/handle/2233.
Mauliza. “ANALISIS FAKTOR-FAKTOR PENGHAMBAT PEMBELAJARAN MEMBACA PERMULAAN PADA SISWA KELAS II SD NEGERI 72 BANDA ACEH.” Undergraduate thesis, Universitas Bina Bangsa Getsempena, 2024, https://repository.bbg.ac.id/handle/2233.

ANALISIS FAKTOR-FAKTOR PENGHAMBAT PEMBELAJARAN MEMBACA PERMULAAN PADA SISWA KELAS II SD NEGERI 72 BANDA ACEH

Thumbnail

View/Open

F0817001W.pdf (373 KB)

Issue Year

2024

Author(s):

Mauliza

Abstract

Kesulitan membaca merupakan persoalan yang umum dan lumrah terjadi pada peserta didik dalam akademisinya. Meskipun begitu masalah kesulitan membaca pada peserta didik tidak boleh dipandang remeh. Masalah tersebut hendaknya sesegera mungkin dilakukan tindakan atau penanganan khusus, agar anak didik mampu berhasil menyelesaikan studinya di sekolah. Jenis pendekatan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Dalam penelitian ini dilakukan dengan observasi dan wawancara kepada orang-orang yang dipandang tahu tentang situasi masalah yang akan diteiliti. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kesulitan membaca permulaan yang dialami siswa kelas II dan faktor-faktor apa saja yang menghambat pembelajaran membaca permulaan. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dengan tes membaca dan melakukan wawancara. Dalam tes membaca dilakukan untuk mengetahui kemampuan siswa dalam membaca pemula, sedangkan wawancara dilakukan kepada siswa yang memiliki kesulitan membaca setra juga dilakukan wawancara dengan orangtua siswa dan guru kelas untuk mengetahui faktor yang penghambat membaca pemula pada kelas II. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan bahwa faktor-faktor penghambat membaca permulaan pada Siswa kelas II SD Negeri 72 Banda Aceh yaitu: Faktor keluarga, Faktor Psikologis, Kurangnya Minat, Belajar Membaca, dan Kurangnya motivasi diri. Oleh karena itu kerjasama antara orang tua dan guru dapat memperoleh pengetahuan dan pengalaman dari guru dalam mendidik anaknya. Sebaliknya guru dapat pula memperoleh informasi dari orang tua atau sifat-sifat anak. Informasi dari orang tua itu sunggu besar sekali gunanya bagi guru dalam memberikan pelajaran dan pendidikan terhadap siswa. Dengan demikian orang tua dapat menjauhkan pandangan yang keliru dan pendapat yang salah, sehingga terhindar salah satu pengertian yang mungkin timbul antara orang tua dan guru.


Keywords

Pembelajaran, Membaca Pemula, Penghambat

References

Arikunto, S. (2014). Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.

A.Muri Yusuf, Metode Penelitian, (Jakarta: Prenadamedia Grup,2014), hlm.389. Abdurrahman, Mulyono. 2010. Pendidikan Bagi Anak Berkesulitan Belajar. Jakarta:

Rineka Cipta.

Darmawan, Deni. 2013. Metode Penelitian Kuantitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Dalman. (2017). Keterampilan Membaca. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Daryanto. 2013. Belajar dan Mengajar. Bandung: Yrama Widya.

Darwis Amri, Metedologi Penelitian Pendidikan Islam Pengembangan Ilmu Berparagdigma Islam, (Jakarta: Rajawali Pers ,2014), hlm. 142-145

Djali. 2020. Metode penelitian kuantitatif. Jakarta : Bumi Aksara

Kuntarto, N. M. (2013). Cerdas dalam Berbahasa Teliti dalam Berpikir. Jakarta: Mitra Wacana Media.

Mulyati, Y., & Cahyani, I. (2018). Keterampilan Berbahasa Indonesia SD. Tangerang Selatan: Universitas Terbuka.

Moleong, L. J. (2016). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT.Remaja Rosdakarya.

Mahsun, Metedologi Penelitian Bahasa Tahapan Strategi, Metode, dan Tekniknya, (Jakarta: Rajawali Pers, 2011),hlm. 117

79

80

Putra, Ida Bagus Made Eka Yoni Adnyana. 2017. “Penerapan Media Gambar dan Kartu Huruf Untuk Meningkatkan Keterampilan Membaca Permulaan”. Journal of Education Action Research Volume 1 No. 2 Agustus 2017 133 .

Paramita, A.A.Ayu Trisna Pradnya & Rini Kritstiantari, I Gd Meter. 2013. Penerapan Media Kartu Huruf Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Siswa Kelas I Sd Negeri 1 Bunutin Bangli. Jurnal Mimbar PGSD Vol 1 No 1 2013 (68).

Rahim, Farida. 2011. Pengajaran Membaca di Sekolah Dasar. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: ALFABETA,cv.

Suyatno. (2011). Cerdas Membaca Sebuah Strategi Pembelajaran Bahasa di Perguruan Tinggi. Jakarta: Uhamka Press.

Suryani, A. i. (2020). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kemampuan Membaca Siswa. Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 115-125

Tarigan, H. G. (2008). Membaca Sebagai Suatu Keterampilan Bebahasa. Bandung: Angkasa Bandung.

Windrawati, W., Solehun, & Gofur, H. (2020). Analisis Faktor Penghambat Belajar Membaca Permulaan pada Siswa Kelas I SD Inpres 141 Matalamagi Kota Sorong. 10-16.

URI

https://repository.bbg.ac.id/handle/2233

Collections

  • Final Year Projects S1 PGSD

Browse

Main Collections Final Year Projects (1023)Books by Lecturers (10)Other Books (512)Internal Proceedings (160)External Proceedings (99)Campus Magazines (27)News Clippings (40)Social Media Clippings (3)Articles by Lecturers (2)Inauguration Speech (5)Research Reports (450)Community Service Reports (424)

© 2025 UBBG Institutional Repository