PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) BERBASIS DISCOVERY LEARNING MATERI KEWAJIBAN DAN HAKKU UNTUK KELAS III SDN PAYA BUMBUNG
Abstract
Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan peneliti di SDN Paya Bumbung, bahwa LKPD yang digunakan selama ini belum mengaktifkan peserta didik dalam pembelajaran karena LKPD yang digunakan hanya berdasarkan pada teks materi dan soal-soal. Berdasarkan permasalahan tersebut peneliti tertarik untuk mengembangkan LKPD berbasis discovery learning. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Untuk menghasilkan LKPD berbasis discovery learning pada materi Kewajiban dan Hakku untuk Kelas III SDN Paya Bumbung yang sesuai dengan kebutuhan siswa dan guru. (2) Untuk mengetahui kelayakan LKPD berbasis discovery learning pada materi Kewajiban dan Hakku untuk Kelas III SDN Paya Bumbung. (3) Untuk mengetahui ketuntasan belajar siswa setelah menggunakan LKPD berbasis discovery learning pada materi Kewajiban dan Hakku pada kelas III SDN Paya Bumbung. Penelitian ini mengacu pada model pengembangan 4D (Four D) yang meliputi 4 tahap utama yaitu Pendefinisian (Define), Perancangan (Design), Pengembangan (Develop) dan Penyebaran (Disseminate) yang kemudian dimodifikasi tanpa melakukan tahapan Penyebaran (Disseminate). Instrumen penelitian berupa lembar validasi ahli desain dan ahli materi, lembar respon peserta didik, dan butir-butir tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: kevalidan LKPD berbasis discovery learning berdasarkan dari penilaian ahli desain memperoleh nilai rata-rata 4 dengan kriteria “valid” dan penilaian ahli materi memperoleh nilai rata-rata 4,8 dengan kriteria “sangat valid”. Kelayakan LKPD berbasis Discovery Learning berdasarkan dari respon peserta didik secara keseluruhan memperoleh nilai sebesar 92,31 yang berada pada kriteria sangat menarik, Ketuntasan belajar siswa diperoleh dari hasil butir-butir tes secara keseluruhan yaitu 87,5% yang berada pada kriteria sangat baik.
Keywords
Pengembangan, LKPD Berbasis Discovery Learning, Materi Kewajiban, Hakku
References
Ariani, D. (2020). "Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis
Discovery Learning Pada Materi Kalor di SMP". Skripsi. Banda Aceh:
Universitas Islam Negeri Ar-Raniry.
Astuti, F. R. (2020). "Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning
Terhadap Hasil Belajar Fisika Peserta Didik Kelas X Mipa SMA Negeri
10 Maro"s. Skripsi. Makassar: Universitas Muhammadiyah Makassar.
Diana, A. dkk. (2022). Pengambangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD)
berbasis Discovery Learning pada Pembelajaran IPA Materi Sumber Daya
Alam untuk Kelas IV SDN 23 Ampenan. Jurnal Ilmiah Profesi
Pendidikan, 7(1). (https://doi.org/10.29303/jipp.v7i1.419, diakses 29
Januari 2023)
Fathonah, T. S. (2021). "Analisis Penggunaan Model Discovery Learning dalam
Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik di Sekolah Dasar (Studi
Literatur)". Skripsi. Bandung: Universirtas Pasundan Bandung
Fernando, S. dkk. (2022). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Web Pada Materi
Sistem Pencernaan Manusia Kelas V Sekolah. Jurnal Tunas Bangsa, 9(1).
(https://doi.org/10.46244/tunasbangsa.v9i1.1717, diakses 14 Maret 2023))
Fitriyana, N. dan L. A. Purwasi. (2020). Pengembangan Lembar Kerja Siswa
Berbasis Discovery Learning. Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1).
(https://doi.org/10.31539/judika.v3i1.1242, diakses 29 Januari 2023)
Helminsyah. dkk. (2022). Pengembangan Model Pembelajaran Project Citizen
Berbasis Portofolio Untuk Kompetensi Pendidik Society 5.0. Visipena,
12(2), (https://doi.org/10.46244/visipena.v12i2.1770, diakses 23 Juli 2023)
Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan. 2018.Tematik Terpadu Kurikulum
2013 Untuk SD/MI Kelas III Tema 4 Kewajiban dan Hakku. Jakarta:
Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan.
Khairunnisa. (2019). "Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata
Pelajaran PKN Materi Hak Dan Kewajiban Warga Negara Melalui
Strategi Pembelajaran Value Clarificate Technique (VCT) Pada Siswa
Kelas IV MIS Mutiara Sei Mencirim Tahun Ajaran 2018/2019". Skripsi.
Medan: Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.
Lindayani. dkk. (2020). Pengembangan E-LKPD Pada Pembelajaran IPA di Kelas
V SD Negeri Siem. Jurnal Ilmiah Mahasiswa, 2(2).
Lubis, A. dan Sukmawati. (2022). Pengembangan LKPD Berbasis Discovery
Learning Pada Tema Panas dan Perpindahannya Subtema Suhu Dan Kalor
Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian Pendidikan MIPA, 6(2).
Malik, N. (2020). "Pengembangan LKPD Pembelajaran Tematik Kelas III MI
GUPPI BORONG PA'LA'LA KEC. PATTALLASS KAB. GOWA". Skripsi.
Makassar: Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar.
Mardhatillah. dkk. (2022). Pengembangan Permainan Tradisional Englolibaba
Biskuit Untuk Meningkatkan Keterampilan Keseimbangan dan
Komunikasi Pada Anak SD di Banda Aceh. Visipena, 13(1),
(https://doi.org/10.46244/visipena.v13i1.1787, diakses 23 Juli 2023)
Marscelina, S. dan S. Melindawati. (2021). Pengembangan Lembar Kerja Siswa
Berbasis Pendekatan Discovery Learning Pada Pembelajaran Tematik
Terpadu Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Aquinas, 4(1).
(ttp://ejournal.ust.ac.id/index.php/Aquinas/index, diakses 29 Januari 2023)
Meynishfi, A dkk. (2021). Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) Berbasis
Model Discovery Learning Pada Tema 7 Kelas V SD Negeri 79
Lubuklinggau. Jurnal Inovasi Pendidikan dan Pembelajaran Sekolah
Dasar, 5(1). (http://e-journal.unp.ac.id/index.php/jippsd, diakses 29
januari 2023)
Munandar, H. dan S. Junita. (2020). Pengembangan Instrumen Penilaian
Psikomotorik Berbasis Peer Assesment Pada Kegiatan Praktikum IPA.
Jurnal Tunas Bangsa, 7(2).
(https://doi.org/10.46244/tunasbangsa.v7i2.1127, diakses 14 Maret 2023)
Nasution, I. N. (2018). "Pengembangan Lembar Kerja Peserta Dididik (LKPD)
Berbasis Realistik Pada Siswa SMP Al-Hidayah Medan T.P. 2017/2018".
Skripsi. Medan: Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara.
Nurilasari, L. (2021). "Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD)
Berbasis Discovery Learning Pada Pembeljaran Tematik Kelas 3 Sekolah
Dasar Tema Benda Disekitarku". Skripsi. Malang: Universitas
Muhammadiyan Malang.
Payosi, A. (2020). "Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning Terhadap
Hasil Belajar Pendidikan Kewarganegaraan Siswa Kelas IV Sekolah
Dasar Negeri 14 Bermani Ilir Kabupaten Kepahiang". Skripsi. Bengkulu:
Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Bengkulu.
Peraturan Pemerintahan Republik Indonesia Nomor. 19 tahun 2005 tentang
Standar Nasional Pendidikan.
Putri, D. I. R. dkk. (2022). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD)
Berbasis Discovery pada Pembelajaran Tematik Kelas IV Sekolah Dasar Tema 2 Selalu Berhemat Energi. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 7(1).
(https://doi.org/10.29303/jipp.v7i1.420, diakses 29 Januari 2023)
Rohmani. (2014). "Pengembangan Media Pembelajaran Fisiska Berbasis
Multimedia Interaktif Terintegrasi Dengan LKS Pokok Bahasan Hukum
Neuwton Tentang Gerak Kelas X SMA/MA". Tesis. Surakarta: Universitas
Sebelas Maret Surakarta.
Sarni, E. dkk. (2021). Pengembangan LKPD Berbasis Contextual Teaching And
Learning (CLT) Pada Pembelajaran IPA Materi Siklus Air Kelas V SDN
16. Jurnal Ilmiah Mahasiswa, 2(2).
Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung:
Alfabeta.
Umar, N. (2019). "Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis
Discovery Learning Pada Materi Sel Kelas XI MIA MA GUPPI Buntu
Barana". Skripsi. Makassar: Universitas Islam Negeri Alauddin
Makassar.
Undang-undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.
Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional, 2003.
Wiyanti, T. G. (2022). "Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis
Kearifan Lokal Sebagai Upaya Meningkatkan Literasi Matemati". Skripsi.
Pacitan: STKIP PGRI Pacitan