UBBG Institutional Repository
  • Browse
    • Final Year Projects
    • Books by Lecturers
    • Other Books
    • Internal Proceedings
    • External Proceedings
    • Campus Magazines
    • News Clippings
    • Social Media Clippings
    • Articles by Lecturers
    • Inauguration Speech
    • Research Reports
    • Community Service Reports
  • Prodi Index
  • Year Index
  • Our Library
  • OPAC
  • Policies
  •   Advanced Search

Advanced Search

How to cite  

Sarina. (2024). PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) BERBASIS DISCOVERY LEARNING MATERI KEWAJIBAN DAN HAKKU UNTUK KELAS III SDN PAYA BUMBUNG (Undergraduate thesis, Universitas Bina Bangsa Getsempena). Retrieved from https://repository.bbg.ac.id/handle/2231.
Sarina. “PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) BERBASIS DISCOVERY LEARNING MATERI KEWAJIBAN DAN HAKKU UNTUK KELAS III SDN PAYA BUMBUNG.” Undergraduate thesis, Universitas Bina Bangsa Getsempena, 2024, https://repository.bbg.ac.id/handle/2231.

PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) BERBASIS DISCOVERY LEARNING MATERI KEWAJIBAN DAN HAKKU UNTUK KELAS III SDN PAYA BUMBUNG

Thumbnail

View/Open

F0819021W.pdf (705 KB)

Issue Year

2024

Author(s):

Sarina

Abstract

Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan peneliti di SDN Paya Bumbung, bahwa LKPD yang digunakan selama ini belum mengaktifkan peserta didik dalam pembelajaran karena LKPD yang digunakan hanya berdasarkan pada teks materi dan soal-soal. Berdasarkan permasalahan tersebut peneliti tertarik untuk mengembangkan LKPD berbasis discovery learning. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Untuk menghasilkan LKPD berbasis discovery learning pada materi Kewajiban dan Hakku untuk Kelas III SDN Paya Bumbung yang sesuai dengan kebutuhan siswa dan guru. (2) Untuk mengetahui kelayakan LKPD berbasis discovery learning pada materi Kewajiban dan Hakku untuk Kelas III SDN Paya Bumbung. (3) Untuk mengetahui ketuntasan belajar siswa setelah menggunakan LKPD berbasis discovery learning pada materi Kewajiban dan Hakku pada kelas III SDN Paya Bumbung. Penelitian ini mengacu pada model pengembangan 4D (Four D) yang meliputi 4 tahap utama yaitu Pendefinisian (Define), Perancangan (Design), Pengembangan (Develop) dan Penyebaran (Disseminate) yang kemudian dimodifikasi tanpa melakukan tahapan Penyebaran (Disseminate). Instrumen penelitian berupa lembar validasi ahli desain dan ahli materi, lembar respon peserta didik, dan butir-butir tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: kevalidan LKPD berbasis discovery learning berdasarkan dari penilaian ahli desain memperoleh nilai rata-rata 4 dengan kriteria “valid” dan penilaian ahli materi memperoleh nilai rata-rata 4,8 dengan kriteria “sangat valid”. Kelayakan LKPD berbasis Discovery Learning berdasarkan dari respon peserta didik secara keseluruhan  memperoleh nilai sebesar 92,31 yang berada pada kriteria sangat menarik, Ketuntasan belajar siswa diperoleh dari hasil butir-butir tes secara keseluruhan yaitu 87,5% yang berada pada kriteria sangat baik.


Keywords

Pengembangan, LKPD Berbasis Discovery Learning, Materi Kewajiban, Hakku

References

Ariani, D. (2020). "Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis

Discovery Learning Pada Materi Kalor di SMP". Skripsi. Banda Aceh:

Universitas Islam Negeri Ar-Raniry.

Astuti, F. R. (2020). "Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning

Terhadap Hasil Belajar Fisika Peserta Didik Kelas X Mipa SMA Negeri

10 Maro"s. Skripsi. Makassar: Universitas Muhammadiyah Makassar.

Diana, A. dkk. (2022). Pengambangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD)

berbasis Discovery Learning pada Pembelajaran IPA Materi Sumber Daya

Alam untuk Kelas IV SDN 23 Ampenan. Jurnal Ilmiah Profesi

Pendidikan, 7(1). (https://doi.org/10.29303/jipp.v7i1.419, diakses 29

Januari 2023)

Fathonah, T. S. (2021). "Analisis Penggunaan Model Discovery Learning dalam

Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik di Sekolah Dasar (Studi

Literatur)". Skripsi. Bandung: Universirtas Pasundan Bandung

Fernando, S. dkk. (2022). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Web Pada Materi

Sistem Pencernaan Manusia Kelas V Sekolah. Jurnal Tunas Bangsa, 9(1).

(https://doi.org/10.46244/tunasbangsa.v9i1.1717, diakses 14 Maret 2023))

Fitriyana, N. dan L. A. Purwasi. (2020). Pengembangan Lembar Kerja Siswa

Berbasis Discovery Learning. Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1).

(https://doi.org/10.31539/judika.v3i1.1242, diakses 29 Januari 2023)

Helminsyah. dkk. (2022). Pengembangan Model Pembelajaran Project Citizen

Berbasis Portofolio Untuk Kompetensi Pendidik Society 5.0. Visipena,

12(2), (https://doi.org/10.46244/visipena.v12i2.1770, diakses 23 Juli 2023)

Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan. 2018.Tematik Terpadu Kurikulum

2013 Untuk SD/MI Kelas III Tema 4 Kewajiban dan Hakku. Jakarta:

Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan.

Khairunnisa. (2019). "Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata

Pelajaran PKN Materi Hak Dan Kewajiban Warga Negara Melalui

Strategi Pembelajaran Value Clarificate Technique (VCT) Pada Siswa

Kelas IV MIS Mutiara Sei Mencirim Tahun Ajaran 2018/2019". Skripsi.

Medan: Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

Lindayani. dkk. (2020). Pengembangan E-LKPD Pada Pembelajaran IPA di Kelas

V SD Negeri Siem. Jurnal Ilmiah Mahasiswa, 2(2).

Lubis, A. dan Sukmawati. (2022). Pengembangan LKPD Berbasis Discovery

Learning Pada Tema Panas dan Perpindahannya Subtema Suhu Dan Kalor

Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian Pendidikan MIPA, 6(2).

Malik, N. (2020). "Pengembangan LKPD Pembelajaran Tematik Kelas III MI

GUPPI BORONG PA'LA'LA KEC. PATTALLASS KAB. GOWA". Skripsi.

Makassar: Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar.

Mardhatillah. dkk. (2022). Pengembangan Permainan Tradisional Englolibaba

Biskuit Untuk Meningkatkan Keterampilan Keseimbangan dan

Komunikasi Pada Anak SD di Banda Aceh. Visipena, 13(1),

(https://doi.org/10.46244/visipena.v13i1.1787, diakses 23 Juli 2023)

Marscelina, S. dan S. Melindawati. (2021). Pengembangan Lembar Kerja Siswa

Berbasis Pendekatan Discovery Learning Pada Pembelajaran Tematik

Terpadu Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Aquinas, 4(1).

(ttp://ejournal.ust.ac.id/index.php/Aquinas/index, diakses 29 Januari 2023)

Meynishfi, A dkk. (2021). Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) Berbasis

Model Discovery Learning Pada Tema 7 Kelas V SD Negeri 79

Lubuklinggau. Jurnal Inovasi Pendidikan dan Pembelajaran Sekolah

Dasar, 5(1). (http://e-journal.unp.ac.id/index.php/jippsd, diakses 29

januari 2023)

Munandar, H. dan S. Junita. (2020). Pengembangan Instrumen Penilaian

Psikomotorik Berbasis Peer Assesment Pada Kegiatan Praktikum IPA.

Jurnal Tunas Bangsa, 7(2).

(https://doi.org/10.46244/tunasbangsa.v7i2.1127, diakses 14 Maret 2023)

Nasution, I. N. (2018). "Pengembangan Lembar Kerja Peserta Dididik (LKPD)

Berbasis Realistik Pada Siswa SMP Al-Hidayah Medan T.P. 2017/2018".

Skripsi. Medan: Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara.

Nurilasari, L. (2021). "Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD)

Berbasis Discovery Learning Pada Pembeljaran Tematik Kelas 3 Sekolah

Dasar Tema Benda Disekitarku". Skripsi. Malang: Universitas

Muhammadiyan Malang.

Payosi, A. (2020). "Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning Terhadap

Hasil Belajar Pendidikan Kewarganegaraan Siswa Kelas IV Sekolah

Dasar Negeri 14 Bermani Ilir Kabupaten Kepahiang". Skripsi. Bengkulu:

Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Bengkulu.

Peraturan Pemerintahan Republik Indonesia Nomor. 19 tahun 2005 tentang

Standar Nasional Pendidikan.

Putri, D. I. R. dkk. (2022). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD)

Berbasis Discovery pada Pembelajaran Tematik Kelas IV Sekolah Dasar Tema 2 Selalu Berhemat Energi. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 7(1).

(https://doi.org/10.29303/jipp.v7i1.420, diakses 29 Januari 2023)

Rohmani. (2014). "Pengembangan Media Pembelajaran Fisiska Berbasis

Multimedia Interaktif Terintegrasi Dengan LKS Pokok Bahasan Hukum

Neuwton Tentang Gerak Kelas X SMA/MA". Tesis. Surakarta: Universitas

Sebelas Maret Surakarta.

Sarni, E. dkk. (2021). Pengembangan LKPD Berbasis Contextual Teaching And

Learning (CLT) Pada Pembelajaran IPA Materi Siklus Air Kelas V SDN

16. Jurnal Ilmiah Mahasiswa, 2(2).

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung:

Alfabeta.

Umar, N. (2019). "Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis

Discovery Learning Pada Materi Sel Kelas XI MIA MA GUPPI Buntu

Barana". Skripsi. Makassar: Universitas Islam Negeri Alauddin

Makassar.

Undang-undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional, 2003.

Wiyanti, T. G. (2022). "Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis

Kearifan Lokal Sebagai Upaya Meningkatkan Literasi Matemati". Skripsi.

Pacitan: STKIP PGRI Pacitan

URI

https://repository.bbg.ac.id/handle/2231

Collections

  • Final Year Projects S1 PGSD

Browse

Main Collections Final Year Projects (1023)Books by Lecturers (10)Other Books (512)Internal Proceedings (160)External Proceedings (99)Campus Magazines (27)News Clippings (40)Social Media Clippings (3)Articles by Lecturers (2)Inauguration Speech (5)Research Reports (450)Community Service Reports (424)

© 2025 UBBG Institutional Repository