ANALISIS NILAI-NILAI KEARIFAN LOKAL MASYARAKAT ACEH DALAM NOVEL KAWI MATIN DI NEGERI ANJING KARYA ARAFAT NUR
Abstract
Pada saat ini, kearifan lokal sudah mulai memudar dalam kehidupan masyarakat, maka dari itu penelitian yang berbau kearifan lokal sangat menarik dilakukan sebagai upaya meningkatkan pengetahuan mengenai kearifan lokal, dan nantinya mampu menjadi daya tarik banyak orang untuk lebih memperhatikan kearifan lokal. Penelitian ini hadir untuk mengkaji tentang nilai-nilai kearifan lokal yang terdapat dalam novel Kawi Matin di Negeri Anjing karya Arafat Nur, serta peran kearifan lokal dalam pengembangan karakter. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif yaitu sebuah metode yang mendeskripsikan hasil data yang telah diperoleh, baik itu data tertulis maupun data yang diamati oleh peneliti, penelitian ini menggunakan teori kearifan lokal menurut Jim Ife. Berdasarkan penjelasan tersebut, hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan nilai-nilai kearifan lokal yang terdiri dari (1) Dimensi Pengetahuan Lokal memuat nama sebagai penangkal kesialan, merajah untuk menyembuhkan penyakit, dan penyakit yang disebabkan oleh hal mistis. (2) Dimensi Nilai Lokal memuat tentang hubungan manusia dengan Tuhan, dan hubungan manusia dengan manusia. (3) Dimensi Keterampilan Lokal memuat keterampilan membuat ramuan obat, dan keterampilan membuat atap dari daun rumbia. (4) Dimensi Sumber Daya Lokal memuat kekayaan alam, dan fasilitas masyarakat. (5) Dimensi Solidaritas Kelompok Lokal memuat solidaritas gotong royong, dan solidaritas tolong menolong. Penelitian ini juga membahas mengenai peran kearifan lokal dalam meningkatkan pendidikan karakter di sekolah.
Keywords
Kearifan Lokal, Masyarakat Aceh, Pendidikan Karakter
References
Abdul Rani Usman dkk., Budaya Aceh, (Banda Aceh: Pemerintah Provinsi Aceh, 2009), hal. 32.
Abdussamad, Z. (2021). Metode Penelitian Kualitatif. Makassar: CV. syakir Media Press.
Anufia, B., & Alhamid, T. (2019). Instrumen Pengumpulan Data.
Arikunto, Suharsimi. (2013). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Gogoi, D. S. (2015). Research Article Importance's Of Teaching Learning Materials For Young Children. International Journal of Current Research, 7, 5.
Hermawan, Iwan. (2019). Metodologi Penelitian Pendidikan (Kualitatif, Kuantitatif, Mixed). Kuningan: Hidayatul Quran Kuningan.
Kasmi, H. (2019). Nilai-nilai kearifan lokal dalam novel Tempat paling sunyi karya Arafat Nur. Jurnal Metamorfosa, 7(2), 161-169.
Kidd, D., & Castano, E. (2019). Reading literary fiction and theory of mind: Three preregistered replications and extensions of Kidd and Castano (2013). Social Psychological and Personality Science, 10(4), 522-531.
Komalasari, k & Saripudin, D. (2017). Pendidikan karakter: konsep dan aplikasi living values education. Bandung: Revika Aditama
Lofland, John & Lyn. H. Lofland. (1984). Analizing Social Setting. California: Wadsworth Publishing Company
Maridi, M. (2015). Mengangkat budaya dan kearifan lokal dalam sistem konservasi Tanah dan Air. None.
McGrath, R. E., Han, H., Brown, M., & Meindl, P. (2021). What does character education mean to character education experts? A prototype analysis of expert opinions. Journal of Moral Education, 1–19.
Mujiburrahman, M. (2022). Pendidikan Karakter Siswa Berbasis Kearifan Lokal di Aceh. PROCEEDINGS ICIS 2021, 1(1).
Murdiyanto, E. (2020). Penelitian Kualitatif (Teori dan Aplikasi disertai contoh proposal). Yogyakarta: Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LP2M) UPN” Veteran” Yogyakarta Press
Njatrijani, R. (2018). Kearifan lokal dalam perspektif budaya Kota Semarang. Gema Keadilan, 5(1), 16-31.
Nucifera, P., & Hidayat, M. T. (2019). Analisis Nilai-Nilai Kearifan Lokal Aceh Melalui Literasi Media. Jurnal Metamorfosa, 7(2), 211-222.
Nugroho, B. F. (2019). Analisis Nilai-nilai Kearifan Lokal dalam Novel Anak Rantau Karya Ahmad Fuadi Sebagai Alternatif Bahan Ajar Sastra di SMA. Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Universitas PGRI Yogyakarta.
Octaviani, R., & Sutriani, E. (2019). Analisis data dan pengecekan keabsahan data.
Pangalila, T., Mantiri, J., & Umar, M. (2019). The Role of Mapalus Local Wisdom in Building the Tolerant Attitudes of the Tomohon City Community. 689–692.
Permana, A., Juwita, L., & Zenab, A. S. (2019). Analisis Unsur Intrinsik Novel Menggapai Matahari Karya Dermawan Wibisono. Parole: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 2(1), 21-26.
Putri, N. I., Chandrika, N. L., Pangestu, G. L., & Suryanda, A. (2021). Peranan Kearifan Lokal Sistem Sasi Dalam Pengelolaan Sumber Daya Laut Indonesia. Jurnal Ekologi, Masyarakat & Sains, 2(1).
Qodariah, L., & Armiyati, L. (2013). Nilai-Nilai kearifan lokal masyarakat adat Kampung Naga sebagai alternatif sumber belajar. SOCIA: Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial, 10(1).
Rismawati. (2017). Perkembangan Sejarah Sastra Indonesia. Aceh: Bina Karya Akademia
Rohmadi, M & Yakub Nasucha. Dasar-dasar Penelitian Bahasa, Sastra, dan Pengajaran. Surakarta: Pustaka Briliant
Romadi, R., & Kurniawan, G. F. (2017). Pembelajaran Sejarah Lokal Berbasis Folklore Untuk Menanamkan Nilai Kearifan Lokal Kepada Siswa. Sejarah dan Budaya: Jurnal Sejarah, Budaya, dan Pengajarannya, 11(1), 79-94.
Rusdi Sufi, Aneka Budaya Aceh (Banda Aceh: Badan Perpustakaan Aceh, 2004), 5.
Saadah, M., Prasetiyo, Y. C., & Rahmayati, G. T. (2022). Strategi dalam Menjaga Keabsahan Data pada Penelitian Kualitatif. Al-‘Adad, 1(2), 54-64.
Salomon, G. A. (2022). Metodologi Penelitian Kualitatif Dan Kuantitatif. Padang: PT. Global Eksekutif Teknologi
Setiadi, K. (2019). Pengaruh Kearifan Lokal dan Kecerdasan Spiritual terhadap Perilaku Peserta Didik. Jurnal Ilmiah AL-Jauhari: Jurnal Studi Islam dan Interdisipliner, 4(1), 126-151.
Sibarani, R. (2018, March). The role of local wisdom in developing friendly city. In IOP Conference Series: Earth and Environmental Science (Vol. 126, No. 1, p. 012094). IOP Publishing.
Simarmata, M. Y., & Agustina, R. (2017). Kefektifan Bahan Ajar Berbasis Pendidikan Karakter untuk Meningkatkan Kesantunan Tindak Tutur Imperatif. JP-BSI (Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia), 2(2), 41.
Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta CV
Sundana, L., Harun, M., & Idham, M. (2017). Kearifan Lokal Masyarakat Aceh dalam Kumpulan Cerpen Melalui Ilusi Waktu Karya Musmarwan Abdullah. JIM Pendididikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 2(2), 151-166.
Syah, Muhibbin. (2016). Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Syaputra, E. (2019). Pandangan Guru Terhadap Integrasi Kearifan Lokal dalam Pembelajaran Sejarah: Studi Deskriptif di Beberapa SMA di Bengkulu Selatan dan Kaur. Indonesian Journal of Social Science Education (IJSSE), 1(1), 1-10.
Syarif, E. (2017). Pengelolaan Lingkungan dalam Perspektif Kearifan Lokal Masyarakat Adat Karampuang Kabupaten Sinjai Sulawesi Selatan. Jurnal Sainsmat, 6(2), 49-55.
Wafiqni, N., & Nurani, S. (2018). Model Pembelajaran Tematik Berbasis Kearifan Lokal. Al-Bidayah: Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 10(2), 255–270.
Walker, L. J. (2020). The character of character: The 2019 Kohlberg Memorial Lecture. Journal of Moral Education, 49(4), 381–395..
Wijaya, E. Y., Sudjimat, D. A., Nyoto, A., & Malang, U. N. (2016, September). Transformasi pendidikan abad 21 sebagai tuntutan pengembangan sumber daya manusia di era global. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika (Vol. 1, No. 26, pp. 263-278).