ANALISIS KECERDASAN INTERPERSONAL ANAK INTROVER DAN ANAK EKSTROVER DI KELOMPOK B TK NEGERI 1 BLANGKEJEREN
Abstract
Setiap anak memiliki kepribadian yang berbeda-beda yakni kepribadian introver dan ekstrover, anak yang memiliki kepribadian introver terlihat sangat pendiam dan kurang peduli terhadap lingkungan sekitarnya serta menjauhi komunikasi dengan banyak orang, sedangkan anak yang memiliki kepribadian ekstrover terlihat suka berinteraksi dengan banyak orang, gemar bercerita apa yang di alami, berani dan peduli apa yang terjadi disekitarnya. Hal ini terjadi pada anak kelas B di TK Negeri 1 Blangkejeren Gayo Lues. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana perkembangan kecerdasan interpersonal anak yang introver dan ekstrover, perbedaan kecerdasan interpersonal anak introver dan ekstrover?. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Data yang digunakan berupa data primer dan skunder, dengan tehnik pengumpulan data melalui metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Jumlah keseluruhan 20 anak, 4 anak sampel dari 8 anak introver, 4 anak sampel dari 12 anak ekstrover. Hasil penelitian ini, anak introver cenderung lebih pendiam, tidak mampu bersosialisasi dengan teman atau saudaranya, namun ada anak introver yang mampu bersikap mandiri. Sedangkan anak ekstrover terlihat sangat aktif, sangat mandiri, suka bersosialisasi, peduli terhadap lingkungan sekitarnya serta gemar bercerita, bermain atau belajar dengan banyak teman dilingkungannya.
Keywords
Introver, Ekstrover, kecerdasan interpersonal, Anak Usia Dini
References
Ariyanti Tatik. 2016. Pentingnya Pendidikan Anak Usia Dini Bagi Tumbuh Kembang Anak The Importance of Childhood Education For Child Development. Jurnal vol 8 (1).
Atabik, dkk. 2015. Prinsip dan Metode Pendidikan Anak Usia Dini. Jurnal.Vol 3 (2).
Arifin, Zainal. 2012. Penelitian pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya
Ajeng Ninda Uminar, Dkk (2018). Starategi Pembelajaran Anak Usia Dini Berbasis Multiple Intelegences. Jawa Tengah: Penerbit Mangku Bumi
Ahmadi A Sholeh M. 2004. Psikologi Perkembangan Cet, II; Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Atmaja Purwa. 2013. Psikologi Kepibadian Dengan Perspektif Baru . Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.
Dominika, Stefani Virlia. “Jurnal Hubungan Tipe Kepribadian Ekstovertt-Introver Dengan Penerimaan Sosial Pada Siswa,” Konselor, 1 (Mei 2018)
Djam'an Satori, Aan Komariah, 2010 Metodelogi Peneltian Kualitatif Bandung: Alfaberta
Edwina, Tri Puji. 2015. Perbedaan Penerimaan Teman Sebaya Ditijau Dari Tipe Kepribadian Introver dan Ekstrover. Skripsi. Fakultas Psikologi Universitas Dipenogoro.
Ellen Prima. 2018. Penerapan Pembelajaran Anak Usia Dini Berbasis Kecerdasan Majmuk Multipple Intellegences (YIN YANG.Vol. 12, No 2)
Fatmasari Widyastuti. 2017. Perbedaan Tingkat Kecenderungan Narsistik Pada Siswa Introvert dan Ekstrovert Di SMA Piri I Yogyakarta”. E-Journal Bimbingan dan Konseling Edisi 3Tahun ke-6
Ghufron. 2010. Teori-teori Psikologi. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media
Galih Wicaksono Dan Najlatun Naqiyah. 2013. Penerapan Teknik Bermain Peran Dalam Bimbingan Kelompok Untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Interpersonal Siswa Surabaya. Jurnal Mahasiswa Bimbingan Konseling Volume 1 Nomer 1
Herdiansyah, Haris. 2010. Metode Penelitian Kualitatif untuk Ilmu-ilmu Sosial. Jakarta: Salemba Humanika.
Imam Gunawan, S M, 2017. Metode Penelitian Kualitatif Teori dan Praktik. Jakarta: Bumi Aksara
Irawan Soehartono, 2011. Metode Penelitian Sosial: Suatu Teknik Penelitian Bidang Kesejahteraan dan Ilmu Sosial Lainnya Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Khuluqo, El-Ihsan, 2015. Manajemen PAUD. Pendidikan Taman Kehidupan Anak.Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Mulyana, Deddy. 2014. Ilmu Komunikasi. Cetakan ke 18. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Mansur. 2011. Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD), Yogyakarta: Puataka Pelajar.
Martin. 2016. Analisis Kecerdasan Interpersonal Anak Usia Dini dan Implementasinya Dalam Bimbingan dan Konsling. Jurnal. Vol. 3 no. 2
Moleong. L. J. 2018. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosada Karya Bandung
Mita Kristiani,Yuliana. 2009. Hubungan Antara Tipe Kepribadian Ekstrover-Introver Dengan Orientasi Keterampilan Komunikasi Interpersonal Pada Distributor Multi Level Marketing Tianshi” Skripsi. Fakultas Psikologi Universitas Sanata Dharma, Yogyakarta.
Muliana Iamail. 2019. Studi Tentang Pola Asuh Orang Tua Pada Anak Berkepribadian Introver dan Ekstrover. Skripsi. Fakultas Tarbiah dan Keguruan Makasar.
Nurani.Dkk. 2015.Peningkatan Tanggung Jawab Melalui Metode Pembarian Tugas Pada Anak Usia 5-6 Tahun. Artikel PG-PAUD. FKIP Universitas Tanjungpura, Pontianak.
Handayani. Nurhafizah. 2019. Peningkatan Kemampuan Mengenal Huruf Melalui Permainan Kantong Ajaib Di Taman Kanak-kanak. Artikel. Universitas Negeri Padang.
Permendikbud. No. 137.2014. Tentang Satuan Pendidikan Anak Usia Dini
Rizqi, Annisa Fatihatur. 2013. Meningkatkan Kemampuan Kerjasama Anak Melalui Permainan Pipa Bocor Pada Kelompok. Skripsi. IKIP PGRI Semarang
Rahmi Nasution, Nur Maida Siregar. 2017. Pengaruh Permainan Tradisional Pecah Piring Dan Ular Naga Terhadap Kecerdasan Interpersonal Anak Usia Dini. http://ojs.uma.ac.id/index.php/analitika/article/view/822. Di akses 2023
Robbins. 2015. Organizational Behavior. New Jersey: Precentice Hall International Inc
Safaria T. 2005 Interpersonal Intelligence Metode Pengembangan Kecerdasan Interpersonal Anak. Yogyakarta.
Salnita, 2018.Pengembangan Karakter Anak Usia Dini Melalui Pembelajaran Model Parenting. Artikel, Makasar: Program Pasca sarjana Universitas Negeri Makasar.
Suryana D. 2016. Stimulasi Dan Aspek Perkembangan Anak. Jakarta: Kencana
Suyadi. 2015. Teori Pembelajaran Anak Usia Dini. Bandung: PT Remaja Rosdakarya
Suyadi. 2011. Psikologi Belajar Paud. Yogyakarta: PT Bintang Pustaka Abadi .
Sarlito Sarwono. 2010. Pengantar Psikologi Umum, Cet II; Jakarta : PT. Raja Grafindo Persada.
Suryabrata, Sumadi. 2016. Psikologi Kepribadian. Jakarta: PT Rajagrafindo Persada.
Sugiono. 2019. Metode Penelitian Kualitatif, Kuantitatif, dan R&D. Afabeta: Bandung
Sumadi Suryabrata. 2016 Psikologi Kepribadian Jakarta: PT Rajagrafindo Persada,
Uma Sekaran. 2003 Research Methods For Business: A Skill Bulding Appriach. New York: John Wiley and Sons Inc
Ulfah. 2013. Konsep Dasar PAUD. Bandung: PT Remaja Rodaksa
Widyastuti, Fatmasari. 2017. Perbedaan Tingkat Kecenderungan Narsistik Pada Siswa Introver dan Ekstrover Di SMA. Yogyakarta. E-Journal Bimbingan dan Konseling Edisi 3Tahun ke-6
Wiwik Pratiwi. 2017. Konsep bermain anak usia dini. Jurnal Manajemen Pendidikan islam, (online). Vol.5.No.2.
Yus Anita. 2012, Model pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta; Kencana Prenada Media
Yesi Angraini. 2018. Pengembangan Kecerdasan Interpersonal Anak Usia Dini. Skripsi. Lampung: Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung.
Yusuf S. 2011. Psikologi Perkembangan Anak dan Remaja. Bandung: PT Rodaksa