EFEKTIVITAS KEGIATAN BERMAIN TEBAK GAMBAR DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERBICARA PADA ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK AL-HUSNA DESA KRUENG KLUET KAB. ACEH SELATAN
Abstract
Berbicara merupakan suatu penyampaian maksud tertentu dengan mengucapkan bunyi-bunyi artikulasi atau kata-kata untuk mengekspresikan diri serta menyatakan perasaan yang berbentuk isi pikiran. Secara umum berbicara juga dapat diartikan sebagai suatu penyampaian maksud seperti ide, pikiran , dan isi hati seseorang kepada orang lain dengan menggunakan bahasa lisan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efektifitas permainan tebak gambar dalam meningkatkan kemampuan berbicara pada anak usia 5-6 tahun di TK Al-husna Desa Krueng Kluet Kab. Aceh selatan. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif dengan metode eksperiment one grup pre-test post-test design. Sampel 15 orang anak pengumpulan data dilakukan melalui observasi dan data analisis menggunakan statistika. Data yang dikumpulkan melalui lembar observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian ditemukan bahwa Permainan Tebak Gambar efektif untuk meningkatkan kemampuan berbicara anak. Hal ini dibuktikan dengan nilai rata-rata hasil kegiatan pre-test diperoleh sebesar 6,618 dan post-test diperoleh sebesar 8,573. Hasil penelitian ini mengindikasikan bahwa Permainan Tebak Gambar dapat meningkatkan kemampuan berbicara anak yang ditujukan dengan hasil Hipotesis ttabel dapat dihitung dengan kriteria pengambilan keputusan nilai thitung -42.560 dan nilai signifikan (2-tailed) yaitu ≤ 0,001 dengan nilai df diperoleh dari 15-1=14,didapatkan nilai ttabel yaitu1,761.Sehingga dapat disimpulkan jika nilai thitung ≥ ttabel =(42.560 ≥ 1,761) maka Ha diterima dan Ho ditolak, sehingga dapat disimpulkan “terdapat efektivitas yang signifikan antara permainan Tebak Gambar dalam meningkatkan kemampuan berbicara anak usia 5-6 tahun di TK Al-Husna. Kata Kunci: Permainan Tebak Gambar: Kemampuan Berbicara.
Keywords
Permainan Tebak Gambar: Kemampuan Berbicara
References
DAFTAR PUSTAKA
Aldi Maulana dkk, (2018) Bermain Ludo king untuk meningkatkan kemampuan
sosial anak usia dini. Jurnal Pendidikan early childhood vol 2 no 2
Azlin atika putri (2018) Studi tentang kemampuan berbicara anak usia 4-5 tahun
di tk pertiwi dwp setda provinsi riau. Jurnal pendidikan anak usia dini vol
1 no 2
Dewi siti khotijah (2021) Skripsi Efektivitas permainan tebak gambar untuk
meningkatkan kemampuan berbahasa anak di ra mambaul ulum matingan
tahunan jepara.
Dadan S,& Nurhayati (2022) Efektivitas Teknik presentasi dalam meningkatkan
kemampuan berbicara anak usia. Jurnal obsesi:jurnak pendidikan anak
usia dini vol 6 no 3
Danny Soesilo, dkk (2018) Meningkatkan kemampuan berbicara anak usia 5-6
tahun melalui digital storytelling di tk apple kids salatiga. Jurnal
pendidikan anak usia dini vol 12 no 1
Dewi Vortuna (2016) Pengaruh permainan tebak gambar terhadap kemampuan
berbicara anak usia 5-6 tahun di Tk Asyiah Bustanul Athfal tanjong bonai
kabupaten tanah datar provinsi sumatera barat. Jurnal online mahasiswa
vol 3 no 2
Fitriani Nalal Izza (2020) Skripsi Penerapan Metode Tebak Gambar Untuk
Meningkatkan Kemampuan Berbahasa Anak Kelompok A di RA Sirojul
Huda Gabus Pati
Heleni,dkk, (2018) perkembangan kognitif anak usia 5-6 tahun di tinjau dari
pendidikan ibu di paud kasih ibu kecamatan rumbai. Jurnal pendidikan
anak usia dini vol 1 no 2
Junaida (2018) Penggunaan media gambar berseri untuk meningkatkan
kemampuan berbicara siswa kelas v min medan tahun pembelajaran
2015/2016. Jurnal pendidikan dan keislaman vol 1 no 1
Khairi Husnuzziadatul (2018) Karakteristik Perkembangan Anak Usia Dini Dari
Usia 0-6 Tahun. Jurnal Warna vol 2 No 2.
Khaironi Mulianah (2018) Perkembangan Anak Usia Dini. Jurnal Golden Age
Hamzanwadi University vol 3 No 1
Kamilatul Husna & wening rahayu (2022) Meningkatkan kemampuan berbicara
anak usia 5-6 tahun melalui permainan teka-teki bergambar. Journal of early childhood education vol 5 no 3
Leni Marlina, dkk (2021) Meningkatkan kemampuan mengenal geometri dasar
pada anak kelompok A melalui metode tebak gambar. Jurnal Tahnisia
(Jurnal karya umum dan ilmiah)
Lina Amelia,dkk (2019) Peningkatan kemampuan berbicara anak dengan
penggunaan gambar berseri pada kelompok B di paud tgk M.syarief aceh
besar. Jurnal buah hati Vol 6 no 1
Lastutiasih, (2017) Meningkatkan Kemampuan Berbicara Anak Usia 5-6 Tahun
Melalui Metode Show And Tell, Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Vol 2
No 6
Masyah Maretha dkk, (2017) Meningkatkan kemampuan pemecahan masalah
melalui bermain tebak gambar pada anak kelompok A1 di paud kemala
bhayangkari Bengkulu utara. Jurnal ilmiah potensia vol 2 no 2
Melisa dian puspita,dkk (2020) Pengaruh penggunaan media flashcard terhadap
kemampuan keterampilan berbicara anak usia 5-6 tahun di tk al-falah
Palembang tahun ajaran 2019/2020. Jurnal Paud vol 3 no 1
Mahendrawani Ainun (2019) Meningkatkan Kemampuan Berbahasa Melalui
Permainan Kartu Kata Bergambar Pada Kelompok A Tk Dharma Wanita
Loyok. Jurnal Pendidikan dan Ilmu sosial vol 1 No 2
Putri hana febriana (2017) Analisis penggunaan gadget terhadap kemampuan
interaksi sosial pada anak usia dini.Jurnal obsesi: Jurnal pendidikan anak
usia dini vol 1 no 1
Permendikbud 137 2014. Tentang standar nasional pendidikan anak usia.
Pratiwi C. A. P. (2020) Meningkatkan kecerdasan intelektual anak usia dini
melalui media permainan tebak gambar profesi berbasir adobe flash.
Journal for lesson and learning studies Vol 3 No 3
Rosdiana (2017), Skripsi meningkatkan kemampuan berbicara melalui kegiatan
tebak gambar pada anak usia 5-6 tahun di tk paud assalam lendang
lekong
Rena Agustiana & Fitri Ramadhini (2020) Meningkatkan kemampuan berbicara
anak usia 4-5 tahun melalui kegiatan circle time.Jurnal Paud vol 3 no 1
Rasna, Widyantara (2020) Penggunaan Media Youtube Sebelum dan Sesudah
pandemic Covid 19 dalan pembelajaran keterampilan peserta didik. Jurnal
Pendidikan dan Pembelajaran Bahasa Indonesia vol 9 No 2
Siti Halimah, Sriyanti Rahmatun Nisa (2018) Upaya meningkatkan kecerdasan
naturalis pada anak usia 4-5 tahun melalui bermain pasir. Jurnal Pendidikan Anak usia dini Vol 2 No 1
Spss Versi 29
Tiara astari & Syifa safira (2019) Penerapan permainan modifikasi tapak gunung
untuk mengembangkan kemampuan bahasa anak usia 4-5 tahun di Ra
Mutiara ciputat. Jurnal pendidikan anak usia dini vol 3 no 1
Undang-undang nomor 20 tahun 2003 bab 1 pasal 1 ayat 14 tentang sistem
pendidikan nasional
Yulida dkk (2021) Permainan tebak gambar dalam menstimulasi karakter
percaya diri anak usia dini. Jurnal pendidikan anak usia dini vol 5 no 1
Zahratul Qalbi &,Meisi Dwiredy (2021) Pengaruh permainan teka-teki gambar
terhadap perkembangan kognitif anak. Jurnal Recep vol 2 no 1