UBBG Institutional Repository
  • Browse
    • Final Year Projects
    • Books by Lecturers
    • Other Books
    • Internal Proceedings
    • External Proceedings
    • Campus Magazines
    • News Clippings
    • Social Media Clippings
    • Articles by Lecturers
    • Inauguration Speech
    • Research Reports
    • Community Service Reports
  • Prodi Index
  • Year Index
  • Our Library
  • OPAC
  • Policies
  •   Advanced Search

Advanced Search

How to cite  

Maiti. (2024). EFEKTIVITAS MEDIA CELEMEK CERITA TERHADAP KEMAMPUAN BERBICARA ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK DHARMAWANITA BUKIT GADENG (Undergraduate thesis, Universitas Bina Bangsa Getsempena). Retrieved from https://repository.bbg.ac.id/handle/2219.
Maiti. “EFEKTIVITAS MEDIA CELEMEK CERITA TERHADAP KEMAMPUAN BERBICARA ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK DHARMAWANITA BUKIT GADENG.” Undergraduate thesis, Universitas Bina Bangsa Getsempena, 2024, https://repository.bbg.ac.id/handle/2219.

EFEKTIVITAS MEDIA CELEMEK CERITA TERHADAP KEMAMPUAN BERBICARA ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK DHARMAWANITA BUKIT GADENG

Thumbnail

View/Open

F0719004W.pdf (302 KB)

Issue Year

2024

Author(s):

Maiti

Abstract

Berbicara adalah kemampuan berupa bunyi atau suara yang dimiliki seseorang dalam menyampaikan pikiran, gagasan, dan perasaan sehinggan sipendengar memahami makna yang disampaikan. Kemampuan berbicara anak usia 5-6 tahun yaitu anak berinteraksi dengan temannya ataupun lingkungannya melalui bahasa. Kemampuan berbicara anak di TK Dharmawanita Bukit Gadeng belum berkembang secara optimal karena proses pembelajaran memfokuskan penggunaan LKA sehingga kurang memberi kesempatan anak dalam mengembangkan kemampuan berbicara. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa efektif media celemek cerita dalam mengembangkan kemampuan berbicara anak usia 5-6 tahun di TK Dharmawanita Bukit Gadeng Aceh Selatan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif yang berbentuk Quasi eskperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh anak kelas B TK Dharmawanita Bukit Gadeng. Sampel yang diambil dalam penelitian ini sebanyak 16 anak. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi dan dokumentasi. Setelah data penelitian terkumpul yang disajikan dalam tabel skor pre-test dan post-test, kemudian data tersebut diolah dan dianalisis dengan menggunakan statistik uji-t. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan di peroleh bahwa media celemek cerita terhadap kemampuan berbicara anak usia 5-6 tahun di TK Dharmawanita Bukit Gadeng efektif, ditemukan hasil penelitian dengan cara menghitung nilai t lebih besar diperoleh bahwa nilai t hitung adalah 6,823. Sehingga, nilai t dalam tabel nilai persentil untuk distribusi (ttabel). Pada taraf signifikasi α = 0,05 dengan derajat kebebasan dk = k-3 = 4-3 = 1, diketahui nilai ttabel adalah 1,75. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa nilai thitung > ttabel (6,823 > 1,75). Sehingga, Ha diterima yaitu bahwa media celemek cerita efektif dalam meningkatkan kemampuan berbicara anak usia 5-6 tahun TK Dharmawanita Bukit Gadeng.


Keywords

Efektivitas Media Celemek Cerita, Terhadap Kemampuan Berbicara anak

References

Ahmad Susanto, Perkembangan Anak Usia Dini: Pengantar Dalam Berbagai Aspeknya, Kencana, Jakarta, 2017.

Andriani, visa, 2018. “Efektivitas Metode Bercerita Untuk Mengembangkan Keterampilan Berbicara Anak Kelompok B5 TK Kartika XIV-11 Banda Aceh”. Skripsi. Universitas Bina Bangsa Getsempena Banda Aceh.

Angraini, Dwiyani, Hartati, Nurani. (2019). “Implementasi Metode Bercerita dan Harga Diri dalam Meningkatkan Kemampuan Berbicara Anak Usia Dini”. Jurnal Obsesi Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini.

Arikunto, 2010. Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka putra

Arikunto, 2019. Tentang Variabel Penelitian.

Arikunto, 2019. Tentang Variabel Terikat

Hakim, Annisa. 2018. “Meningkatkan Kemampuan Berbicara Dan Mendengarkan Melalui Media Celemek Ceria Pada Anak Usia 4-5 Tahun” Skripsi. Universitas Muhammadiyah Jakarta.

Ibid, Tri Handayani. Ratna Istiarini, Upaya Meningkatkan Kemampuan Bercerita Melalui Media Celemek Cerita Pada Anak Usia 4-5 Tahun Di TKIT Al Amanah Kecamatan Periuk Kota Tangerang, Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, Vol 9 No 2, (2019)

Khairi, Husnuzziadatul. Karakteristik perkembangan anak usia dini dari 0-6 tahun. Jurnal Warna. Vol 2. No 2, (2019)

Lisharti, Fahruddin Fahruddin, dan Nurhasanah Nurhasanah. 2020. Penerapan Metode Bermain Peran Mikro untuk Meningkatkan Kemampuan Berbicara Anak Usia 5-6 Tahun Di TK Negeri Pembina Mataram Tahun Ajaran 2019/2020. Indonesian Journal of Elementary and Childhood Education 1(2): 77–82.

Madyawati Lilis, 2016, Strategi Pengembangan Bahasa Pada Anak, (Jakarta: Kencana)

Mariani, 2019. “Pengembangan Kemampuan Bahasa Anak Melalui Penggunaan Media Flash Card di TK Al- Kautsar Kota Bengkulu.

Nikita. 2020. “Penerapan Metode Bercerita Menggunakan Celemek Multiguna Untuk Meningkatkan Kemampuan Bahasa Anak Usia Dini Raudhatul Athfal Raudatul Wildain Kecamatan Kaliwates Kebupaten Jember”. Skripsi. IAIN JEMBER.

Nisdalia, 2021. “Penggunaan Media Celemek Cerita Dalam Mengembangkan Bahasa Anak Usia Dini Di Tk Karunia Ceria Bandar Lampung”. Skripsi. Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung.

Nuryanti, Ni Wayan Arik, Nyoman Wirya, Nice Maylani Asril, And S. Psi. (2014). “Penerapan Metode Mind Map Berbantuan Media Gambar Untuk Meningkatkan Perkembangan Bahasa Anak Kelompok B2.” Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha. No 2, Vol 1. Doi: 10.23887/Paud.V2i1.3519

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia No 137 Tahun 2014 tentang Standar Nasional Pendidikan Anak Usia Dini.

Peraturan Pemerintah No. 137 Tahun 2014 Tentang Standar Nasional Pendidikan Anak Usia Dini Pasal 10 ayat (5) huruf b.

Priyanto, A. (2014). Pengembangan Kreativitas Pada Anak Usia Dini Melalui Aktivitas Bermain. Jurnal Ilmiah Guru "COPE", 41-47.

Santrok, J.W. 2007. Perkembangan Anak (Alih bahasa. Mila Rahmawati & Anna Kusmawati). Jakarta: Erlangga.

Satriana, Malpaleni, Budi Rahardjo, And Siti Hasanah. (2018). “Peningkatan Kemampuan Berbicara Melalui Panggung Boneka Tangan Pada Anak Usia 5-6 Tahun Di Tk Cendrawasih Samarinda Tahun 2017.” Jurnal Educhild: Pendidikan Dan Sosial. Vol 7, No 2 :83–88.

Setiyawati Anik. 2015. “Meningkatkan Kemampuan Bercerita Melalui Media Clemek Cerita Pada Anak Kelompok B Tk Dharma Wanita Majan Kabupaten Tulungagung”. Skripsi. Universitas Nusantara Pgri Kediri.

Sit, Dr. Masganti. (2015). Psikologi Perkembangan Anak Usia Dini Jilid 1. Perdana Publishing, Medan.

Sugiyono, 2019. Tentang Variabel Bebas.

Sophyan, Ramadhani, 2021. “Meningkatkan Kemampuan Berbicara Anak Melalui Metode Bercerita Dengan Menggunakan Media Boneka Tangan Di Tk Ar–Rahman Kabupaten Maros". Universitas Muhammadiyah Makassar.

Stela, Agnesia, dkk. 2021. Efektivitas Storytelling Dengan Celemek Cerita Dalam Mengembangkan Kemampuan Berbicara Anak Di Taman Kanak-Kanak Islam Shabrina Nanggalo. No 2. Vol 5

Susanti, Yumi, Olva. (2017). Meningkatkan Kemampuan Berbicara Anak Melalui Bermain Peran Mikro. Jurnal Potensia PG-PAUD FKIP UNIDA, Vol.2. No.1

Teuku Mahmud. 2018. Peningkatan Kemampuan Berkomunikasi Lisan Melalui Metode Bermain Peran Anak Kelompok B di TK Aisyiyah Merduati Banda Aceh. Jurnal Metamorfosa, Volume 6, Nomor 2 STKIP Bina Bangsa Getsempena Banda Aceh.

Yusra, Dewi Yunisari. Pengembangan nilai karakter Anak Melalui Metode Bercerita Di Tk Islam Terpadu Al- Azhar Banda Aceh. Jurnal Buah Hati. Vol 6. No 2 (2019).

URI

https://repository.bbg.ac.id/handle/2219

Collections

  • Final Year Projects S1 PGPAUD

Browse

Main Collections Final Year Projects (1023)Books by Lecturers (10)Other Books (512)Internal Proceedings (160)External Proceedings (99)Campus Magazines (27)News Clippings (40)Social Media Clippings (3)Articles by Lecturers (2)Inauguration Speech (5)Research Reports (450)Community Service Reports (424)

© 2025 UBBG Institutional Repository