PENGARUH MEDIA KARTU KATA BERGAMBAR TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN KELOMPOK B DI TK DHARMA WANITA BUKIT GADENG ACEH SELATAN
Abstract
Media kartu kata bergambar termasuk media grafis, yaitu media bergambar tentang sesuatu (baik benda, lanskap, atau suasana tertentu), kemudian disertakan dengan huruf yang mengarah pada pembacaan gambar yang terdapat di kartu tersebut. Penggunaan media kartu kata bergambar akan memungkinkan terjadinya proses belajar membaca pada anak dan dapat digunakan untuk meningkatkan efektivitas pengajaran membaca permulaan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh media kartu kata bergambar terhadap kemampuan membaca permulaan kelompok B di TK Dharma Wanita Bukit Gadeng Aceh Selatan. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif dengan metode eksperiment one group pre-test post-test design. Sampel 16 anak pengumpulan data dilakukan melalui observasi dan dokumentasi. Data yang dikumpulkan melalui lembar observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian ditemukan bahwa ada pengaruh media kartu kata bergambar terhadap kemampuan membaca permulaan anak. Hal ini dibuktikan dengan nilai rata-rata hasil kegiatan pre-test diperoleh sebesar 12,75 dan post-test diperoleh sebesar 18. Hasil hipotesis t_(tabel )dapat dihitung dengan kriteria pengambilan keputusan nilai t_hitung sebesar 15,64. Hasil tersebut kemudian dikonsultasikan dengan t_tabel Diketahui dk= n-1 (5-1) = 9,49 pada taraf signifikasi 5% , sehingga ttabel = 1,75. Berdasarkan aturan penarikan kesimpulan karena thitung > ttabel maka H0 ditolak dan Ha diterima. yang artinya terdapat pengaruh yang signifikan antara media kartu kata bergambar terhadap kemampuan membaca permulaan anak kelompok B di TK Dharma Wanita Bukit Gadeng Aceh Selatan.
Keywords
media kartu kata bergambar, membaca permulaan
References
Ari Musodah. 2014. Peningkatan Kemampuan Membaca Permulaan Melalui Media Kartu Kata Bergambar Pada Anak Kelmpok B2 RA Ma'Arif Nu Karang Tengah Kertanegara Purbalingga. Skripsi Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Yogyakarta.
Asmonah, S. 2019. Meningkatkan kemampuan membaca permulaan menggunakan model direct instruction berbantuan media kartu kata bergambar. Jurnal Pendidikan Anak. Vol 8, No 1.
Astuti, A.W. Dkk, 2021. Hubungan Penggunaan Media Kartu Huruf dengan Kemampuan Membaca Permulaan Anak Usia 5-6 Tahun. Journal of Islamic Early Childhood Education. Vol 4, No 1.
Azhar Arsyad, M.A. 2017. Media Pembelajaran. Depok: Putra Utama Offset.
Chiristiana Hari Soetjiningsih. 2012. Perkembangan Anak. Depok. Prenamedia Group.
Dewi, 2005. Perkembangan Bahasa Anak Usia 5-6 Tahun.
Dewi, Luh Putu Ratna, I Komang Sudarma, Ign. I Wyn. Suwatra. 2017. Pengaruh Metode Global Berbantuan Media Kartu Huruf terhadap Keterampilan Membaca Permulaan Kelas I SD. e-Journal PGSD Universitas Pendidikan Ganesha Mimbar PGSD Vol: 5 No: 2 Hal. 1-9. Tersedia
Elihami, Ekawati, 2020. Persepsi Revolusi Mental Orang Tua Terhadap Pendidikan Anak Usia Dini. Jurnal Edukasi Nonformal. Vol 1, No 2.
Gading,G, Dkk, 2019. Pengaruh Metode Suku Kata Dengan Media Kartu Kata Bergambar Terhadap Kemampuan Membaca Permulaan. Jurnal Mimbar Ilmu. Vol 24, No 3.
Herlina, E.S. 2019. Membaca Permulaan Untuk Anak Usia Dini Dalam Era Pendidikan 4.0. Jurnal Pionir LPPM Universitas Asahan. Vol. 5 N0. 4.
Isna, A. 2019. Perkembangan Bahasa Anak Usia Dini. Jurnal Al_Athfal. Vol 2, No 2.
Kurnia, Rita. Metodologi Pengembangan Bahasa Anak Usia Dini. Pekanbaru: Cendikia Insani. 2009
Kustina, R. 2014. Penggunaan Media Kartu Kata Dalam Meningkatkan Kemampuan Berbicara Anak Kelompok B di TK Bungong Seleupok Universitas Syiah Kuala Banda Aceh. Jurnal Metamorfosa. Vol 2, No 1.
Meha,N., Hengelina, 2014. Pengaruh Penggunaan Media Kartu Kata Bergambar Terhadap Kemampuan Membaca Permulaan Anak Usia 5-6 Tahun di BIMBA AIUEO Unit Alinda Bekasi Utara.
Nurlaili, 2017. Skripsi Analisis Kemampuan Membaca Awal Dengan Menggunakan Media Kartu Bergambar Pada Kelompok B di TK IT Permata Sunnah Banda Aceh.
Partijem. 2017. “Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Melalui Media Flannel Pintar Pada Kelompok A TK Negeri Pembina Bantul”. Volume 6, Nomor 1.
Pusat Pengembangan Profesi Pendidikan. Keterampilan Membaca. Jakarta: BPSDMPK dan PMP. 2012.
Rahmat, P.F, Heryani, T. 2014. Pengaruh Media Kartu Kata Terhadap Kemampuan Membaca dan Penguasaan Kosakata. Jurnal Pendidikan anak usia dini. Vol 8, Edisi 1.
Rozalena, Kristiawan, M. 2017. Pengelolaan Pembelajaran PAUD Dalam Mengembangkan Potensi Anak Usia Din., Jurnal Manajemen, Kepemimpinan, dan Supervisi Pendidikan. Vol 2, No 1.
Setyaningsih, U. Indrawati, 2022. Strategi Pengembangan Kemampuan Membaca Anak Usia 5-6 Tahun. Jurnal Obsesi: Jurnal pendidikan Anak Usia Dini. Vol 6, Issue 4.
Sriyatin. 2013. “Penerapan Media Kartu Kata Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Kelompok B Di TK Yalista Surabaya”. Volume 2, Nomor 1
Sugiyono. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta. 2011.
Sungkowati, E.R. 2012. Implementasi Permainan Kartu Kata Bergambar Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Pada Anak Usia Dini di PAUD Bina Bahagia. Jurnal Empowerment. Vol 1, No 2.
Susanto, 2011. Karakterisristik Kemampuan Bahasa Anak Usia 5-6 Tahun.
Susanto, Ahmad. Perkembangan Anak Usia Dini Pengantar Dalam Berbagai Aspeknya. Jakarta: Kharisma Putra Utama. 2011.
Yulinar, 2012. Peningkatan Kemampuan Membaca Anak Melalui Permainan Kartu Bergambar Taman Kanak-Kanak Pasaman Barat. Jurnal Pesonal