PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN KOMIK STRIP UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERBICARA DALAM MATERI CERITA NARASI/IMAJINASI PADA SISWA KELAS VII DI UPTD SPF SMP NEGERI 1 SIMPANG KANAN
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana proses pengembangan media pembelajaran komik strip untuk meningkatkan keterampilan berbicara cerita narasi dan bagaimana kelayakan media pembelajaran komik strip dalam meningkatkan keterampilan menceritakan kembali siswa kelas VII UPTD SPF SMP Negeri 1 Simpang Kanan. Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian pengembangan atau Resource and Development (R&D) menggunakan prosedur Brog & Gall. Penelitian R&D adalah penelitian yang digunakan untuk menghasilkan produk tertentu dan menguji hasil kelayakan produk tersebut. Hasil penelitian diperoleh dari hasil validator dan respon peserta didik. Hasil penelitian ini adalah hasil keseluruhan penilaian validator ahli media yang dihitung menggunakan rumus persentase memperoleh nilai sebesar 86,3% dengan kriteria “sangat setuju”. Hasil keseluruhan penilaian validator ahli materi dihitung menggunakan rumus persentase memperoleh nilai sebesar 72% dengan kriteria “sangat setuju”. Hasil tanggapan yang diperoleh dari 18 orang siswa memperoleh skor persentase 91% dengan kriteria “sangat layak” melalui pengisian angket respon yang diberikan oleh peneliti. Adapun nilai persentase negatif yang diperoleh dari tanggapan respon siswa yaitu sebesar 91%. Dapat disimpulkan bahwa berdasarkan hasil validator dari ahli media, materi dan resepon siswa pengembangan media pembelajaran komik strip pada peserta didik Kelas VII di UPTD SPF SMPN 1 Simpang Kanan sangat layak untuk dikembangkan
Keywords
Media Komik, Pengembangan, Berbicara, Teks Narasi
References
Andi, W. 2018. Pengembangan Komik Sebagai Media Pembelajaran Mengapresiasi Cerita Anak Pada Peserta Didik Kelas III SD/Mi. Skripsi
Arsyad, A. 2011. Media pembelajaran.
Agsaenanda, I. 2020. Pengembangan Media Komik Strip Sebagai Media Pembelajaran Keterampilan Membaca Siswa Kelas X Sma Negeri 1 Krian. Jurnal Universitas Negeri Surabaya
Azizah, N. 2013. Tingkat Keterampilan Berbicara Ditinjau dari Metode Bermain Peran pada Anak Usia 5-6 Tahun (Doctoral Dissertation). Semarang: Universitas Negeri Semarang.
Cahyadi, R. F.H, "Pengembangan bahan ajar berbasis ADDIE model."Halaqa: Islamic Education Journal 3.1 (2019): 35-42.
Diana, L.N, 2015. Pengembangan Media Komik Cerita Anak untuk Keterampilan Menulis Narasi Siswa Kelas IV SDN 1 Ngawen Kabupaten Blora. Skripsi
Febrianti, R. (2016). Pengembangan media pembelajaran berbasis augmented reality pada kompetensi dasar memahami rangkaian multiplexer, decoder, flip-flop dan counter kelas X SMK Negeri 2 Surabaya. IT-Edu: Jurnal Information Technology and Education, 1(01).
Hannum, M. 2020. Kemampuan Menceritakan Kembali Isi Teks Fabel pada Siswa Kelas VII MTsN 2 Medan Tahun Pembelajaran 2019/2020. Diss. Universitas Negeri Medan.
Hermawati, N., & DH, D. P. (2018). Peningkatan Penguasaan Berbicara Bahasa Jawa Melalui Permainan Boneka Tangan Pada Anak Paud Sekar Mulyo Kelompok A Kabupaten Kendal. Jurnal AUDI: Jurnal Ilmiah Kajian Ilmu Anak dan Media Informasi PAUD, 3(1), 33-38.
Indriastita. O. 2015. Pengembangan Media Komik Dengan Menggunakan Adobe flash CS3 Profesional untuk Mengajarkan Keterampilan Menulis Dongeng Pada Siswa Kelas IX SMP Negeri Sawangan. Skripsi
Karana, T. 2023. Penerapan Media Film Untuk Meningkatkan Kemampuan Menceritakan Kembali Isi Cerita Fantasi Pada Siswa Kelas VII. 1-3.
K Syamsia, 2015. Kemampuan Menceritakan Kembali Isi Teks Narasi Siswa Kelas X SMA Yapip Sungguminasa Kabupaten Gowa.
Katoningsih. S. 2021. Keterampilan Bercerita. 2021: 85
Katwang. K. S. Peningkatan Kemampuan Menuliskan Kembali Dongeng Dengan Menggunakan Media Komik pada Siswa Kelas VIII D SMP Negeri 4 Semarang. Skripsi
Lase. S. K., Harefa. T., & Lestari. W. 2021. Peningkatan Keterampilan Menceritakan Kembali Isi Fabel Menggunakan Model Pembelajaran Demonstration Pada Siswa.: 2
Lisa., Hanafi. H., Hanafi. F. 2019. “Kemampuan Menceritakan Kembali Isi Teks Narasi (Cerita Fantasi) Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Wawotobi.” Jurnal Bastra (Bahasa dan Indonesia) 4.2 : 268.
Listiyani, I. M., & Widayati, A. (2012). Pengembangan komik sebagai media pembelajaran akuntansi pada kompetensi dasar persamaan dasar akuntansi untuk siswa SMA kelas XI. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, 10(2).
Muliawati, A. Sumardi, S., & Elan, E. (2019). Meningkatkan Kemampuan Berbicara Anak Melalui Metode Bercerita dengan Menggunakan Boneka Tangan Pada Kelompok B di TK Plus Salsabil Kabupaten Cirebon. Jurnal PAUD Agapedia, 3(1), 11-23.
Nengsih, W. (2018). Pengaruh Penggunaan Media Visual Terhadap Hasil Belajar Matematika Peserta Didik Kelas V SDN 3 Sawah Lama Bandar Lampung.
Novi Ning Diah, 2019. Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Komik pada Mata Pelajaran IPA Materi Sistem Sirkulasi Kelas VIII SMP/MTS. Skripsi
Nurfadhillah. S. Media Pembelajaran. 2021: 7
Pratama. A, Atika. S. 2023. Inovasi Media Pembelajaran Untuk Mata Pelajaran Ipas: 1
Pritandhari, M. 2016. Penerapan komik strip sebagai media pembelajaran mata kuliah manajemen keuangan mahasiswa universitas Muhammadiyah metro. PROMOSI (Jurnal Pendidikan Ekonomi), 4(2).
Rismawati. 2017. Perkembangan Sejarah Sastra Indonesia. Banda Aceh: Bina Karya Akademika.
Restian, A., Husamah dkk. 2018. Belajar dan Pembelajaran.: 252
Rahmatika. R.U. 2017. Pengembangan Buku Pengayaan Menceritakan Kembali Cerita Fantasi Bermuatan Nilai Karakter Bagi Peserta Didik SMP/MTS SMP Kelas VII. Skripsi
Rr Pradina. N. U. 2014. Studi Menceritakan Kembali Isi Cerita Pada Anak Kelompok A Di Gugus 2 Kecematan Kretek Bantul. Skripsi
Rajak, F. N. 2019. Pembelajaran Menceritakan Kembali Isi Teks Narasi (Cerita Imajinasi) Yang Sudah Dibaca Dalam Bentuk Tulisan Menggunakan Model Take And Give Pada Kelas Vii Smpn 33 Bandung Tahun Pelajaran 2019/2020 (Doctoral Dissertation, Fkip Unpas).
Sholihat, R. O. (2019). Pembelajaran Menceritakan Kembali Isi Cerita Rakyat Yang Dibaca Dengan Menggunakan Media Kartun Pada Peserta Didik Kelas X Smk Pasundan 3 Bandung Tahun Pelajaran 2019/2020 (Doctoral Dissertation, Fkip Unpas).
Setyonegoro, A. 2013. Hakikat, alasan, dan tujuan berbicara (dasar pembangun kemampuan berbicara mahasiswa). Pena: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra, 2(2).
Suci, T. A. 2018. Keefektifan Metode Ficture And Ficture Dan Metode Sugesti Imajinasi Dalam Pembelajaran Menulis Teks Cerita Fantasi Pada Siswa SMP Kelas VII. Skripsi
Sari., Sinta, N., And Ni Made Rai. W. 2020. "Penerapan Media Film Untuk Meningkatkan Kemampuan Menceritakan Kembali Isi Cerita Fantasi Pada Siswa." Jurnal Ilmiah Tri Hita Karana 1.1
Saragih, J. N. (2020). Efektivitas Teknik Discussion Starter Story Terhadap
Kemampuan Siswa Menulis Teks Narasi di Kelas VII SMP Negeri 1 Saribudolok Tahun Pembelajaran 2019/2020.
Setyonegoro, Agus. 2013. Hakikat, Alasan, dan Tujuan Berbicara (Dasar
Pembangun Kemampuan Berbicara Mahasiswa). Pena: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra
Tarigan Prof. DR Hery Guntur. Menyimak Sebagai Suatu Keterampilan
Berbahasa. 1987: 2
Zakia, H. 2017. Dongeng sebagai Pembentuk Karakter Anak. Jurnal Universitas Negeri Malang.