UBBG Institutional Repository
  • Browse
    • Final Year Projects
    • Books by Lecturers
    • Other Books
    • Internal Proceedings
    • External Proceedings
    • Campus Magazines
    • News Clippings
    • Social Media Clippings
    • Articles by Lecturers
    • Inauguration Speech
    • Research Reports
    • Community Service Reports
  • Prodi Index
  • Year Index
  • Our Library
  • OPAC
  • Policies
  •   Advanced Search

Advanced Search

How to cite  

Sulfiandi, R. (2024). UPAYA MENINGKATKAN PEMAHAMAN SISWA TERHADAP PENTINGNYA PEMBELAJARAN RENANG DI SEKOLAH SMA NEGERI 1 TELUK DALAM (SIMEULUE) (Undergraduate thesis, Universitas Bina Bangsa Getsempena). Retrieved from https://repository.bbg.ac.id/handle/2175.
Sulfiandi, Ririn. “UPAYA MENINGKATKAN PEMAHAMAN SISWA TERHADAP PENTINGNYA PEMBELAJARAN RENANG DI SEKOLAH SMA NEGERI 1 TELUK DALAM (SIMEULUE).” Undergraduate thesis, Universitas Bina Bangsa Getsempena, 2024, https://repository.bbg.ac.id/handle/2175.

UPAYA MENINGKATKAN PEMAHAMAN SISWA TERHADAP PENTINGNYA PEMBELAJARAN RENANG DI SEKOLAH SMA NEGERI 1 TELUK DALAM (SIMEULUE)

Thumbnail

View/Open

F0419089W.pdf (637 KB)

Issue Year

2024

Author(s):

Ririn Sulfiandi

Abstract

Para mahasiswa dalam menjalani aktivitas pelajaran PJOK hanya menyukai pembelajaran secara praktik dan sangat minim dilakukan pembelajaran secara teori di kelas. Hal ini tentu mempengaruhi tingkat pemahaman siswa akan kebugaran jasmani atas kegiatan olahraga yang dilaksanakan. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pemahaman siswa tentang pembelajaran renang. Upaya meningkatkan pemahaman siswa terhadap pentingnya pembelajaran renang di Sekolah SMA Negeri 1 Teluk Dalam dan kendala meningkatkan pemahaman siswa terhadap pentingnya pembelajaran renang di Sekolah SMA Negeri 1 Teluk Dalam. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Jennis penelitian PTK. Sampel penelitian ini terdiri dari guru dan 15 siswa. Teknik pengumpulan data tes, wawancara dan dokumentasi. Berdasarkan hasil pengolahan data diketahui bahwa pemahaman siswa SMA negeri 1 Teluk Dalam terhadap pembelajaran renang sudah tegolong cukup baik yang ditandai hasil tes antara siklus I dan siklus II mengalami peningkatan. Dimana nilai rata-rata siklus I diperoleh sebesar 62,66 dalam kategori kurang baik dan naik menjadi 76,66 tergolong cukup baik. Upaya meningkatkan pemahaman siswa terhadap pentingnya pembelajaran renang di Sekolah SMA Negeri 1 Teluk Dalam dilakukan dengan meningkatkan pola belajar yang menarik bagi siswa, memilih strategi dan metode mengajar yang menarik, menggunakan sarana dan prasarana yang sesuai materi renang, mempusatkan proses belajar mengajar kepada siswa dengan menjadikan peran sebagai mediator dan fasilitator dan aktif menyelenggarakan pembelajaran secara praktik dilapangan. Kendala guru dalam meningkatkan pemahaman siswa terhadap pentingnya pembelajaran renang di Sekolah SMA Negeri 1 Teluk Dalam ialah masih terbatasnya fasilitas pendukung dalam melakukan praktik renang, minimnya minat sebagai siswa terhadap pembelajarn renang itu sendiri.


Keywords

Upaya, Pemahaman Siswa, Pembelajaran Renang

References

Anggara, (2018). Revitalisasi Pendidikan Jasmani untuk Anak Usia Dini melalui Penerapan Model Bermain Edukatif Berbasis Alam. Jurnal Pendidikan Jasmani dan Olahraga, 41-51.

Anas Sudijono. (2017). Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Raja. Grafindo Persada.

Anwar, (2015). Pendidikan Jasmani Sekolah Dasar Sebagai Wahana Kompensasi Gerak Anak. Jurnal Pendidikan Jasmani Indonesia Vol. 3 No. 1

Arikunto, 2018. Dasar Dasar Evaluasi Pendidikan, Jakarta: Bumi Aksara.

Bugin, B.2015. Metodologi Penelitian Kuantitatif (Komunikasi, Ekonomi, dan Kebijakan Publik Serta Ilmu-Ilmu Sosial Lainnya. Jakarta: Kencana Prenada Media.

Daryanto. 2018. Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.

Dermawan, 2020. Pengaruh Pendidikan Jasmani Terhadap Perkembangan Karakter dan Perilaku Anak Usia Dini Dan Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Jamani Vol 2 No 1.

Dimyati dan Mudjiono. 2017. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Faisal, S.2017. Format-Format Penelitian Sosial. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Gani dan Achmad, (2020). Physical Fitness Swimming Athlete In UNSIKA aktifitasnya atau mengerjakan tugas dapat diselesaikan dengan efektif dan efisien. Jp.Jok (Jurnal Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan,3(2),115–125.

Gani dan Sukur, (2019). Peningkatan Kemampuan Renang Gaya Kupu-Kupu Melalui Strategi Pembelajaran Variatif Bagi Mahasiswa. Multilateral Jurnal Pendidikan Jasmani Dan Olahraga,18(2), 107–113. https://doi.org/ 10.20527/ multilateral. v18i2.7621

Giriwijoyo, Santosa. (2015). Ilmu Faal Olahraga. Bandung : FPOK-Bandung.

Hastuti, Pemahaman Mahasiswa Program Studi Pendidikan Jasmani Kesehatan Dan Rekreasi FIK UNY Angkatan 2010 Terhadap Peraturan Permainan Bolabasket. JPJI, 3, 134-143

Hendriana & Jacobus, A. (2017). Implementasi Pendidikan Karakter di Sekolah Melalui Keteladanan Dan Pembiasaan. JPDI (Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia,1(2), 25. https://doi.org/10.26737/jpdi.v1i2.262

Herwanto, (2021). Pengaruh Minat Siswa Kelas X terhadap Pembelajaran Renang di SMAN 2 Purwakarta. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan 7 Nomor 8.

Kesumawati, 2016. Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Matematis Siswa SMP Melalui Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI), dalam Jurnal Pendidikan Matematika 6, no. 2

Hartanti, (2019). Pengaruh Pola Komunikasi dan Motivasi Guru Terhadap Pemahaman Siswa dalam Pembelajaran Fiqih di MTs N 2 Bengkulu Selatan. Jurnal al-Bahtsu: Vol. 4, No. 2.

Iriyanto, Isnan (2019) Tingkat Pemahaman Siswa Kelas X Terhadap Teknik Dasar Renang di SMA Negeri 2 Playen Tahun Ajaran. Skripsi. Yogyakarta: UNY.

Lestari, S. (2021). Pembelajaran Daring Pada Mata Pelajaran Matematika Sekolah Dasar. JMIE (Journal of Madrasah Ibtidaiyah Education), 5(1), 141–147

Martindar dan Hartati, (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Games Tournament (TGT) Terhadap Hasil Belajar Renang Gaya Bebas. Jurnal Pendidikan Olahraga Dan Kesehatan Vol 2 No 1.

Moleong, L. 2018. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosda Karya.

Nawawi, H. 2017. Metode Penelitian Bidang Sosial. Yogyakarta: Gajah Mada University Press.

Nurdiansyah, Inggit. 2015. Survei Tingkat Keterlaksanaan Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan di SMP Negeri Surabaya Selatan”. Jurnal Pendidikan Olahraga dan Kesehatan. Vol 03 (3) tahun 2015:hal 812-821.

Purwanto, N. 2018. Prinsip-prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Putro, D. E. (2019). Tingkat Pemahaman Guru Penjas Sekolah Menengah Atas Dan Kejuruan Se-Kabupaten Pacitan Terhadap Peraturan Permainan Futsal. Journal of Chemical Information and Modeling,53(9), 1689– 1699. https://doi.org /10.1017/CBO9781107415324.004

Rahayu, Ega Trisna (2018). Strategi Pembelajaran Pendidikan Jasmani. Bandung: Alfabeta.

Sandra, dkk, (2020). Identifikasi Faktor-Faktor Penghambat Belajar Renang. Jurnal Research Physical Education and Sports p-ISSN: 2654-5233 Vol. 2, No. 2.

Sanjaya, W. (2015). Kurikulum dan Pembelajaran: Teori dan Praktik Pengembangan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta: Kencana

Sorayah. (2018). Pengaruh Gaya Mengajar Dan Kemandirian Terhadap Hasil Belajar Renang Gaya Bebas. Program Pascasarjana Universitas Negeri Medan.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Sukardi. 2016. Metode Penelitian Pendidikan Tindakan Kelas Implementasidan Pengembangannya. Jakarta: Bumi Aksara.

Sumarsono, (2019). Audio Visual Media as An Effective Solution for Motor Learning. Jurnal Pendidikan Jasmani dan Olahraga Vol 4 No 1.

Ulinnuha, A. (2017). Tingkat Pemahaman Aktivitas Renang Pada Siswa Level of Understanding of Swimming Activity on Eleventh Grade Students in Sman 1 Jogonalan Klaten. Jurnal Olahraga Vol 1 No 1.

Winarno dan Dwiyogo, (2019). Dimensi Teknologi Pembelajaran Pendidikan Jasmani dan Olahraga. Malang: Wineka Media.

URI

https://repository.bbg.ac.id/handle/2175

Collections

  • Final Year Projects S1 PENJAS

Browse

Main Collections Final Year Projects (1023)Books by Lecturers (10)Other Books (512)Internal Proceedings (160)External Proceedings (99)Campus Magazines (27)News Clippings (40)Social Media Clippings (3)Articles by Lecturers (2)Inauguration Speech (5)Research Reports (450)Community Service Reports (424)

© 2025 UBBG Institutional Repository