PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING (PJBL) BERBANTUKAN MEDIA AUDIOVISUAL TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS PUISI PADA SISWA KELAS X SMA TERPADU AL-AZHAR TAKENGON
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah model Project Based Learning (PjBL) berbantukan media audiovisual efektif dalam meningkatkan kemampuan menulis puisi pada siswa kelas X SMA Terpadu Al-Azhar Takengon dan untuk mengetahui bagaimanakah pengaruh model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) terhadap kemampuan menulis puisi pada siswa kelas X SMA Terpadu Al-Azhar Takengon. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Jenis penelitian yang digunakan Pre-Eksperimen Design One Group Pre-test Post-test Design. Sampel penelitian ini 28 orang. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan tes dan observasi. Analisis data bersifat statistik deskriptif. Hasil tes diketahui bahwa terdapat pengaruh penggunaan model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) berbantukan media audiovisual terhadap kemampuan menulis puisi siswa kelas X SMA Terpadu Al-Azhar Takengon. Hal ini dibuktikan dengan nilai rata-rata hasil kegiatan Pre-Test di peroleh sebesar 61,42 dan Post-test 85,00. Hasil penelitian ini mengidentifikasi bahwa model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) berbantukan media audiovisual berpengaruh terhadap kemampuan menulis puisi siswa yang ditunjukkan dengan hasil Hipotesis thitung = 1,1770 dan taraf signifikan α= 0,025 dan df = N-2 = 28-2 = 26 maka diperoleh ttabel = 2.0555. Sehingga dapat disimpulkan jika nilai thitung ≥ ttabel atau 1,1770 ≥ 2,05553 maka H0 ditolak dan H1 diterima, sehingga dapat disimpulkan penggunaan model pembelajaran konkret berpengaruh terhadap hasil kemampuan menulis puisi siwa kelas X SMA Terpadu Al-Azhar Takengon.
Keywords
Kata Kunci : Project Based Learning, Kemampuan Menulis Puisi
References
DAFTAR PUSTAKA
Adhi Kusuma, Dkk. (2020). Metode Penelitian Kuantitatif. Yogyakarta: Deepublish Publisher.
Amruddin, Dkk. (2022). Metodelogi Penelitian Kuantitatif. Sukorharjo: Pradina Pustaka.
Dalman, H (2016) . Keterampilan Menulis. Depok: PT RajaGrafindo Persada.
Dwi Rukmana, A. dkk. (2022). Buku ajar Bahasa Indonesia untuk SMA.Pustaka Rumah Cinta. Jawa Tengah.
Eko, dkk. (2019). Stategi Ampuh Memahami Makna Puisi. Cirebon: Wduvision.
Hasibuan, A. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah Terhadap Kemampuan Menulis Puisi Siswa Kelas X SMA Persiapan AEK Nabara. Jurnal Vol 4 No. 2.
Loyal, N. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbasis Media Visual Terhadap Kemampuan Menulis Teks Puisi Siswa Kelas X SMA Islam Az-Zahrah Palembang. Jurnal Vol 2 No. 3
Nuraeni, (2018). Pengaruh model projectbased learning terhadap pembelajaran menulis cerpen pada siswa kelas IX SMA N egeri 26 Makassar. Skripsi
Rika Kustina. (2015). Pengaruh pembelajaran kooperatif tipe Number heads together (nht) Terhadap kemampuan menyusun teks cerpen berdasarkan struktur teks siswa kelas VII SMP N 17 Banda Aceh. Jurnal Vol III No. 2.
Sani, 2013:89 Yazidi, A. (2014). Memahami model-model pembelajaran dalam kurikulum 2013 (the understanding of model of teaching in curriculum 2013). Jurnal bahasa, sastra dan pembelajarannya (JBSP), 4(1), 89-95.
Shilphy A. Octavia. (2020). Model-Model Pembelajaran. Yogyakarta: CV Budi Utama
Sitoyo, S. (2015). Dasar Metodelogi Penelitian. Yogyakarta: Literasi Media Publishing.
Sumarni, 2012:178 (dalam asep) 2021. Pendekatan inquiry tipe Project Based Learning (PjBL) dan group investigation. CV Adanu Abinata, Jawa Barat.
Sugiyono, (2019). Metode penelitian kuantitatif, kualitatis dan R&D. Yogyakarta. CV Alfabeta, Bandung.
Syukur, M. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Keterampilan Menulis Teks Eksposisi Siswa Kelas VIII SMP Negeri 15 Padang. Proposal.