UPAYA MENINGKATKAN TINGKAT DISIPLIN MELALUI KEGIATAN EKSTRAKURIKULER PRAMUKA PADA SISWA KELAS VIII SMP N 18 BANDA ACEH
Abstract
Karakter dimaknai sebagai cara berpikir dan berperilaku yang khas tiap individu untuk hidup dan bekerja sama. Rumuskan masalah yang menjadi fokus penelitian ini adalah “Bagaimana upaya pembentukan karakter disiplin siswa melalui kegiatan ekstrakurikuler Pramuka Pada Siswa Kelas VIII SMP N 18 Banda Aceh?”. Tujuan Penelitian mendeskripsikan upaya pembentukan karakter disiplin siswa melalui kegiatan ektrakurikuler pramuka siswa kelas VIII SMP N 18 Banda Aceh. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas (PTK). yang menjadi yaitu 20 Siswa dengan tehnik pengambilan sampel yaitu Total sampling. hasil peningkatan kegiatan ekstrakurikuler pramuka siklus I pada tabel di atas dapat diketahui bahwa ada peningkatan kedisiplinan dalam kegiatan ekstrakurikuler pramuka, yaitu pada pertemuan pertama, kedua dan ketiga. Pada kegiatan ekstrakurikuler pramuka dilhat dari Kesungguhan menatati peraturan di sekolah peningkatan sebesar 55% kategori Sangat sesuai (SS), serta sebesar 45% peningkatan kategori Sesuai (S), yang memiliki kategori Tidak sesuai (TS) sebesar 0%, dan sebesar 0%, kategori Sangat tidak sesuai (STS).Pada kegiatan ekstrakurikuler pramuka dilhat dari Memiliki sikap mental (taat dan tertib) di sekolah peningkatan sebesar 50% kategori Sangat sesuai (SS), serta sebesar 50% peningkatan kategori Sesuai (S), yang memiliki kategori Tidak sesuai (TS) sebesar 0%, dan sebesar 0%, kategori Sangat tidak sesuai (STS).Pada kegiatan ekstrakurikuler pramuka dilhat dari Kesungguhan mentaati peraturan di sekolah peningkatan sebesar 45% kategori Sangat sesuai (SS), serta sebesar 55% peningkatan kategori Sesuai (S), yang memiliki kategori Tidak sesuai (TS) sebesar 0%, dan sebesar 0%, kategori Sangat tidak sesuai (STS). Kata Kunci: Tingkat Disiplin, Ekstrakurikuler Pramuka, SMP N 18 Banda Aceh
Keywords
Tingkat Disiplin, Ekstrakurikuler Pramuka SMP N 18 Banda Aceh
References
DAFTAR PUSTAKA
Afriangga, I. D., & Irwansyah, D. (2021). SURVEI TINGKAT MINAT TERHADAP EKSTRAKURIKULER PRAMUKA PADA SISWA SMP NEGERI 2 KEJURUAN MUDA. Jurnal Olahraga Rekreasi Samudra, 4(2), 29-42.
Afriangga, I. D., & Irwansyah, D. (2021). SURVEI TINGKAT MINAT TERHADAP EKSTRAKURIKULER PRAMUKA PADA SISWA SMP NEGERI 2 KEJURUAN MUDA. Jurnal Olahraga Rekreasi Samudra, 4(2), 29-42.
Akbar, M. I., Chandra, T. K., Setyowati, R. A., Isnaeni, F., Zahro, S. L., & Yuniar, A. D. (2021). Interelasi kecerdasan sosial dengan interaksi sosial mahasiswa luar Jawa Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Malang. Jurnal Integrasi dan Harmoni Inovatif Ilmu-Ilmu Sosial, 1(5), 598-604.
Anam, H., & Ardillah, L. (2016). Pengaruh kecerdasan emosional, kecerdasan intelektual, kecerdasan spiritual dan kecerdasan sosial terhadap pemahaman akuntansi. JST (Jurnal Sains Terapan), 2(1).
Anam, H., & Ardillah, L. (2016). Pengaruh kecerdasan emosional, kecerdasan intelektual, kecerdasan spiritual dan kecerdasan sosial terhadap pemahaman akuntansi. JST (Jurnal Sains Terapan), 2(1).
Andri Bob Sunardi, BOYMAN : Ragam Latih Pramuka, Cet. X. 2016. Darma Utama. Bandung.
Andriani, A., & Listiyandini, R. A. (2017). Peran kecerdasan sosial terhadap resiliensi pada mahasiswa tingkat awal. Psympathic: Jurnal Ilmiah Psikologi, 4(1), 67-90.
Andriani, A., & Listiyandini, R. A. (2017). Peran kecerdasan sosial terhadap resiliensi pada mahasiswa tingkat awal. Psympathic: Jurnal Ilmiah Psikologi, 4(1), 67-90.
Ariani, D. A. D. (2015). Manajemen Ekstrakurikuler Pramuka. Manajer Pendidikan, 9(1).
Damanik, S. A. (2014). Pramuka ekstrakurikuler wajib di sekolah. Jurnal Ilmu Keolahragaan, 13(02), 16-21.
Dani, K. A. S., & Anwari, K. B. (2015). Buku Panduan Pramuka Penggalang. Penerbit Andi.
Goleman, D., & Boyatzis, R. (2008). Social intelligence and the biology of leadership. Harvard business review, 86(9), 74-81.
Iwan, I. (2018). SIGNIFIKANSI KEGIATAN EKSTRA KURIKULER KEAGAMAAN DALAM MENCIPTAKAN LINGKUNGAN PENDIDIKAN HUMANIS. Al-Tarbawi Al-Haditsah: Jurnal Pendidikan Islam, 3(2).
Khamadi, K., & Bastian, H. (2015). Penanaman Pendidikan Karakter Pramuka Kepada Remaja dalam Kajian Komunikasi Visual. ANDHARUPA: Jurnal Desain Komunikasi Visual & Multimedia, 1(01), 55-70.
Khamadi, K., & Bastian, H. (2015). Penanaman Pendidikan Karakter Pramuka Kepada Remaja dalam Kajian Komunikasi Visual. ANDHARUPA: Jurnal Desain Komunikasi Visual & Multimedia, 1(01), 55-70.
Nanang Martono (2012), Metode Penelitian Kuantitatif Analisis Isi dan Analisis Data Sekunder,(Jakarta: Raja Grafindo Persada,)
Nurdin, N., Jahada, J., & Anhusadar, L. (2021). Membentuk Karakter melalui Kegiatan Ekstrakurikuler Pramuka pada Anak Usia 6-8 Tahun. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(2), 952-959.
Robbiyah, R., Ekasari, D., & Witarsa, R. (2018). Pengaruh Pola Asuh Ibu terhadap Kecerdasan Sosial Anak Usia Dini di TK Kenanga Kabupaten Bandung Barat. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2(1), 76-84.
Samudra, N. B., Mansur, M., & Syahri, M. (2018). Peran Kegiatan Pramuka Dalam Pengembangan Sikap Nasionalisme Siswa MAN 1 Banyuwangi. Jurnal Civic Hukum, 3(2), 216-225.
Septiana, U. (2018). Pengaruh Kegiatan Ekstrakurikuler Pramuka Terhadap Kecerdasan Sosial Siswa Kelas XI SMA N 1 Waway Karya Lampung Timur (Doctoral dissertation, IAIN Metro).
Sugiyono (2012), Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D, (Bandung: Al Fabeta,)
Suplig, M. A. (2017). Pengaruh Kecanduan Game Online Siswa SMA Kelas X Terhadap Kecerdasan Sosial Sekolah Kristen Swasta Di Makassar. Jurnal jaffray, 15(2), 177-200.