PENGEMBANGAN MODUL BERBASIS PENDEKATAN PROJECT BASED LEARNING PADA MATERI MENYUSUN RESENSI PADA SISWA KELAS XI SMAN 15 BANDA ACEH
Abstract
Pendidikan merupakan kebutuhan yang sangat penting dalam kehidupan manusia.Salah satu keterampilan yang penting di kuasai adalah menulis atau menyusun resensi,menulis sangat bermanfaat bagi kehidupan di antaranya bermanfaat sebagai alat untuk berkomunikasi, dapat digunakan sebagai cara untuk menuangkan gagasan,melatih seseoarang menjadi lebih disiplin. Penelitian dan pengembangan ini bertujuan untuk melihat desain dan juga tingkat kelayakan modul dari segi ahli media dan ahli materi yang terdapat pada rumusan masalah yaitu bagaimana pengembangan modul menyusun resensi melalui model pembelajaran Project Based Learning pada siswa kelas XI SMAN 15 Banda Aceh. Metode yang di gunakan dalam penelitian ini adalah R&D dengan menggunakan model 4D tahapan yaitu pendefinisian,perancangan,pengembangan & penyebaran. Hasil dari validasi dari pakar modul pembelajaran menyusun teks resensi telah dinyatakan layak digunakan dalam kegiatan pembelajaran. Presentase hasil validasi modul pembelajaran menyusun teks resensi dari validator I yaitu 100% sedangkan persentase validator II yaitu 97,37% persentase dari validator III yaitu 86,84% Rata - rata skor yang diperoleh dari validator modul pembelajaran menyusun resensi yaitu 94,74% dengan kriteria layak digunakan pada materi menyusun teks resensi berbasis model pembelajaran Project Based Learning pada siswa SMAN 15 Banda Aceh. Berdasarkan hasil dari validasiahli media mendapatpersentase kelayakan berkategori sangat layak sedangkan hasil dari validasi ahli materi dengan persentase kelayakan berkaterogi sangat layak.
Keywords
Project Based Learning (PJBL) Resensi, Hasil Belajar
References
Tarigan,Herri Guntur ,Menulis sebagai suatu Keterampilan Berbahasa.Bandung : penerbit 1986.
Kusmana, S (2014) .kreatifitas Menulis .Yogyakarta :Ombak (Anggota IKAP).
Rusman (2018).Model pembelajaran (Mengembangkan Profesional Guru) ,Jakarta : Raja Grafindo Persada.
Tarigan, Henry Guntur. 1985.Menulis Sebagai Suatu Keterampilan Bahasa. Jakarta: Angkasa.
Purwanti, Nining. 2009. “Peningkatan Keterampilan Menulis Resensi” Buku Dengan Menggunakan Teknik Cuplik dan Rangkai Kalimat pada Siswa Kelas IX A SMP Negeri 3 Ungaran Tahun Ajaran 2009/2010”. Skripsi. Universitas Negeri Semarang.
Sugiyono. 2007. Metode Penelitian Kualitatif dan R & D. Bandung: Elfabeta.
Tarigan, Henry Guntur. 1979. Membaca sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Penerbit Angkasa
Henry Guntur. 1994. Menyimak sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Penerbit Angkasa.
Mantasiah dan Yusri, Analisis Kesalahan Berbahasa (Sebuah Pendekatan dalam Pengajaran Bahasa) (Yogyakarta: Deepublish, 2020), 37.
Sutopo H.B. 2006. Metodologi Penelitian Kualitatif. Surakarta: Universitas Negeri Sebelas Maret.
Agus susilo,Siswandari dan Bandi. 2016 Pengembangan Modul Berbasis pembelajaran Resensi Untuk Peingkatan Kemampuan Mencipta Siswa
Atika Triana. 2020.Pengembangan Bahan Ajar Modul Berbasis Contextual Learning Kelas IV SD/MI.Skripsi Universitas islam Negeri Raden Intian Lampung.
Muldiyan Nurdin Ibrahi dan Suyito Muslim.2018. Pengembangan Modul Cetak Pada Masa Pelajaran Produktif Teknik Komputer Dan Jaringan Di SMK Negeri 2 Watampone Jurnal Teknologi Pendidikan.Vol. 20. No 1.
Nur Siti Irmayani .Pengembangan Modul Pembelajaran Berkreasi Dengan Clay Bagi Siswa Kelas X Mipa Sma Negeri I Kabupaten Barru.
Rili Konita Zahari. 2021 Pengembangan Modul Project Based Learning Untuk Meningkatkan Motivasi BelajarPeserta Didik . Skripsi Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung.
Thiargaraja (1974). Langkah- langkah tersebut dapat disingkat menjadi 4D
(Define,Design,Development,dan Dissemination
Sugiyono (2015: 28) penelitian dan pengembangan proses yang digunakan . dalam mengembangkan dan menvalidasikan produk
Hamdayaman, 2016:.132 -182) ,adanya Model (inquiry)menggunakan rangkaian
kegiatan pembelajaran yang menekankan proses berpikir secara kritis.