MINAT DAN MOTIVASI SISWA TERHADAP PERMAINAN CABANG OLAHRAGA DI SMAN SE-KABUPATEN ACEH SELATAN WILAYAH BARAT
Abstract
Rumusan masalah penelititan ini yaitu bagaimanakah minat siswa terhadap permainan cabang olahraga di SMAN Se-kabupaten Aceh Selatan wilayah barat ? dan apakah yang menjadi motivasi siswa terhadap permainan cabang olahraga yang diminati ?. Tujuan penelititan ini untuk mengetahui minat siswa terhadap permainan cabang olahraga di SMAN Se-kabupaten Aceh Selatan wilayah barat dan Untuk mengetahui apa saja yang menjadi motivasi siswa terhadap permainan cabang olahraga yang diminati. Adapun pokok pertanyaan dalam penelitian ini adalah : Cabang olahraga apa yang paling senang dilakukan oleh peserta didik ketika jam pelajaran olahraga? Bagaimana minat peserta didik terhadap berbagai macam permainan cabang olahraga disekolah ? Apakah yang menjadi motivasi perserta didik sehingga menyukai permainan olahraga yang disukai tersebut? Dalam permainan cabang olahraga, apakah siswa melakukan permainan dengan baik ?. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Jenis penelitian ini bersifat deskriptif analisis yaitu metode yang bertujuan untuk memusatkan diri pada saat sekarang serta aktual dengan jalan mengumpulkan dan menganalisis data secara objektif. Populasi penelitian adalah seluruh siswa di SMAN Se-Kabupaten Aceh Selatan wilayah barat tahun ajaran 2022/2023 sebanyak 950 siswa. Adapun jumlah sampel dalam penelitian ini adalah 95 orang. Teknik pengumpulan data di lapangan dilaksanakan dengan menggunakan instrument penelitian yaitu observasi, angket, dan dokumentasi. Teknik snalisis data dengan menggunakan rumus statistik sederhana. Berdasarkan hasil pengolahan data dapat disimpulkan bahwa mengenai adanya motivasi siswa terhadap permainan cabang olahraga yang diminati yaitu SMA Negeri 1 TapakTuan dari 59 siswa menyatakan sangat setuju 27,75%, setuju 54,24%, Tidak Setuju 5,89%, Sangat Tidak Setuju 1,91%. SMA Negeri 1 Sawang dari 44 siswa menyatakan sangat setuju 26,98%, setuju55,4%,Tidak Setuju 15,62 %, Sangat Tidak Setuju 2%. SMA Negeri 1 Samadua dari 28 siswa menyatakan sangat setuju 52,23%, setuju 37,05%, Tidak Setuju 9,38%,Sangat Tidak Setuju 1,4%. Dengan demikian, dari 3 SMAN di kabupaten Aceh Selatan, tanggapan siswa mengenai adanya motivasi terhadap permainan cabang olahraga yang diminati lebih banyak yang menyatakan setuju.
Keywords
Minat, Motivasi, Permainan, Cabang Olahraga
References
Abdulaziz, M. F., Dharmawan, D. B., & Putri, D. T. (2016). Motivasi Mahasiswa Terhadap Aktivitas Olahraga Pada Sore Hari Di Sekitar Area Taman Sutera Universitas Negeri Semarang. Journal of Physical Education, Health and Sport, Vol.3.
Aditia, D. A. (2015). Survei Penerapan Nilai-Nilai Positif Olahraga Dalam Interaksi Sosial Antar Siswa di SMA Negeri Se-Keabupaten Wonosobo Tahun 2014/2015. Journal of Physical Education , Sport , Health and Recreations, Vol.4.
Amalina, C. D., Mawarpury, M., & Rachmatan, R. (2013). Hubungan Rasa Percaya Pada Guru Dengan Motivasi BelajarPada Anak. Jurnal Psikologi Undip, Vol.12
Arikunto, Suharsimi, (2002), “Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek”, Jakarta: Rineka Cipta
Darsono. Max, (2001), “Belajar dan Pembelajaran”, Semarang: IKIP Semarang Press.
Djamarah , S. B. (2011). Pdikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Dollah, A. A., Mentara, H., & Iskandar, H. (2018). Survei Minat Siswa Terhadap Olahraga Futsal di SMAN 3 Palu. Tadulako Journal Sport Sciences And Physical Education, Vol.6
Ghony, Djunaidi dkk, (2012), “Metodelogi Penelitian Kualitatif”, Yogyakarta:Ar-Ruzz Media.
Grice, Tony, (2010), “Bulutangkis Petunjuk Praktis untuk Pemula dan Lanjut”, Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Hamzah B. Uno. (2009). “Teori Motivasi dan Pengukurannya”. Jakarta: Bumi Aksara
Margono, (2010), “Metodologi Penelitian Pendidikan”, Jakarta: RinekaCipta.
Moh.Uzer Usman, (2009), “Menjadi Guru Profesional”, Bandung: PT Remaja Rosda Karya
Moleong, Lexy J, (2018), “Metode Penelitian Kualitatif Edisi Revisi”, Bandung: Remaja Cipta Rosda Karya.
Mutohir T. C. (2011), “Berkarakter dengan Berolahraga”. Surabaya: Java Pustaka Group
Ridwan, (2004), “Metodologi Penelitian Pendidikan”, Surabaya: sic.
Rusli. Luthan, (2010), “Perencanaan Pembelajaran Penjaskes”, Jakarta: Depdikbud
Sardiman A.M, (2006). “Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar”. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Slameto. (2010). “Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya”. Jakarta: PT Rineka Cipta
Subarjah, Herman, (2010), “Bulutangkis”, Jakarta: Depdiknas.
Sudjana, (2005). Metode Penelitian Kuantitatif. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono, (2017), “Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D” Bandung: Alfabeta,
Sugiyarto, Icuk, (2014), “Total Badminton”, Solo: Cv Setyaki Eka Anugerah.