UBBG Institutional Repository
  • Browse
    • Final Year Projects
    • Books by Lecturers
    • Other Books
    • Internal Proceedings
    • External Proceedings
    • Campus Magazines
    • News Clippings
    • Social Media Clippings
    • Articles by Lecturers
    • Inauguration Speech
    • Research Reports
    • Community Service Reports
  • Prodi Index
  • Year Index
  • Our Library
  • OPAC
  • Policies
  •   Advanced Search

Advanced Search

How to cite  

Navira, F. (2023). MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGENAL HURUF MELALUI PERMAINAN ULAR TANGGA PADA ANAK KELOMPOK B TK BINA PRESTASI ACEH JAYA (Undergraduate thesis, Universitas Bina Bangsa Getsempena). Retrieved from https://repository.bbg.ac.id/handle/2141.
Navira, Firda. “MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGENAL HURUF MELALUI PERMAINAN ULAR TANGGA PADA ANAK KELOMPOK B TK BINA PRESTASI ACEH JAYA.” Undergraduate thesis, Universitas Bina Bangsa Getsempena, 2023, https://repository.bbg.ac.id/handle/2141.

MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGENAL HURUF MELALUI PERMAINAN ULAR TANGGA PADA ANAK KELOMPOK B TK BINA PRESTASI ACEH JAYA

Thumbnail

View/Open

F0718050W.pdf (358 KB)

Issue Year

2023

Author(s):

Firda Navira

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimanakah peningkatkan kemampuan mengenal huruf melalui permainan ular tangga huruf pada anak kelompok B TK Bina Prestasi Desa Leupe Kecamatan Jaya Kabupaten Aceh Jaya. Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research) yang difokuskan pada situasi kelas, atau lazim dikenal dengan prosedur yang digunakan berbentuk siklus. Subjek utama dalam penelitian ini adalah pada kelompok B berjumlah 22 orang anak (13 orang anak perempuan dan 9 orang anak laki-laki). Penelitian tindakan kelas ini menggunakan model Kemmis dan Taggart, yang menggunakan sistem spiral dimana setiap siklus terdiri dari tiga tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, dan refleksi yang dilakukan melalui dua siklus yaitu siklus I dan ke II tiap siklus terdiri atas tiga kali pertemuan. Teknik pengumpulan data menggunaka metode observasi dan dokumentasi. Analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif yang digunakan untuk menentukan peningkatan hasil dengan menggunakan persentase. Hasil peningkatan kemampuan mengenal huruf melalui permainan ular tangga pada anak kelompok B TK Bina prestasi Kecamatan Jaya Kabupaten Aceh Jaya. Keberhasilan penelitian ini menunjukkan bahwa permainan ular tangga huruf dapat meningkatkan kemampuan mengenal huruf Kelompok B TK Bina Prestasi Desa Leupe, Kecamatan Jaya, Kabupaten Aceh Jaya. Hal ini dapat dibuktikan dengan meningkatnya kemampuan anak-anak dalam mengenal huruf. Kemampuan anak pada siklus I 65,15%, dan kemampuan pada siklus II 90,49%, meningkat sebesar 25,34%. Peningkatan kemampuan mengenal huruf ini meliputi Anak mampu mengenal huruf yang ada di media ular tangga secara berurutan. Anak mampu membedakan huruf M dan W yang ada di media ular tangga. Anak mampu melengkapi huruf sesuai gambar yang ada pada media ular tangga.


Keywords

Kemampuan Mengenal Huruf, permainan Ular Tangga

References

Arief S Sadiman, dkk. . (2003). Media Pendidikan: Pengertian, Pengambangan dan Pemanfaatannya. Jakarta: PT Raja Grafindo.

Arifin, Z. (2009). Evaluasi Pembelajaran Prinsip, Teknik, Prosedur, . Bandung: Remaja Roadakarya.

Arikunto, S. (2006). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: PT

Rineka Cipta.

Berk L. E. dan A. Winsler. (2010). Scaffolding Children Learning: Vygotsky and

Early Childhood Education. Washington: DC; NAEYC.

Carol, S. (2008). Pendidikan Anak Usia Dini (Alih Bahasa: Pius Nasar). Jakarta: PT Indeks.

Crain, W. (2007). Teori Perkembangan, Konsep dan Aplikasi, terjemahan

Santoso. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Dardjowidjojo, S. (2005). Psikolinguistik (Pengantar Pemahaman Bahasa

Manusia). Jakarta: Yayasan Obor Indonesia.

Depdiknas. (2003). Undang-undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem

Pendidikan Nasional. . Jakarta : Departemen Pendidikan Nasional RI.

Depdiknas. (2004). Menyongsong Kurikulum Pendidikan Anak Usia Dini Jalur

Pendidikan Non Formal. Jakarta: laporan eksekutif Semiloka Nasional PAUD, Dirjen PLSP dan PPS UNJ.

Dewi, R. (2005). Berbagai Masalah Anak Taman Kanak-kanak. Jakarta: Depdiknas.

Freddy Widya Ariesta. 2011. (2021, Agustus 21). Peningkatan Kualitas

Pembelajaran IPS Dengan Media Ular Tangga pada Siswa Kelas IV SD Pakintelan 03. From eprints.unnes.ac.id: http//eprints.unnes.ac.id_2011

Hartati, S. (2005). Perkembangan Belajar pada Anak Usia Dini. Jakarta:

Departemen Pendidikan Nasional Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi

Direktorat Pembinaan Pendidikan Tenaga Kependidikan dan Ketenagaan Perguruan Tinggi.

Hurlock, E. B. (2010). Perkembangan Anak (Penerjemah: dr. Med Meitasari

Tjandra dan Dra. Muslichah Zarkasih). Jakarta: Erlangga.

Hurlock, E. B. (2010). Perkembangan Anak (Penerjemah: dr. Med Meitasari

Tjandra dan Dra. Muslichah Zarkasih). Jakarta: Erlangga.

Kemendiknas, K. P. (2010). Pedoman Pengembangan Program Pembelajaran Di

Taman Kanak-Kanak. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional RI.

Khobir, A. (2009). Upaya Mendidik Anak Melalui Permainan Edukatif. Jurnal

Forum Tarbiyak.

Melsi, A. (2015). Efektivitas Penggunaan Media Permainan Ular Tangga Terhadap Hasil Belajar Kognitif Siswa pada Materi Virus di Kelas X Sekolah Menengah Atas Nusantara Indah Sintang Tahun Pelajaran

2015/2016, SKRIPSI. STKIP Persada Khatulistiwa Sintang.

Morrison, G. S. (2012). Dasar-Dasar Pendidikan Anak Usia Dini(PAUD).

Jakarta: PT Indeks.

Mulyati, T. (2008). Pembelajaran Ular Tangga Salah Satu Alternatif Peningkatan

Hasil Belajar Sejarah Siswa Kelas XI IS SMA Negeri 1 Musuk Semester 2

Tahun Pelajaran 2007/2008 . Jurnal Kependidikan.

Musfiroh, T. (2009). Cerita Anak Usia Dini. Yogyakarta: Tuan Wacana.

Nisak, R. (2013). Seabrek Games Asyik- Edukatif untuk mengajar PAUD/TK.

Yogyakarta: Diva Press.

Purwanto, N. (2006). Prinsip-Prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran. Bandung: Rosda Karya.

Rahayu, S. (2013). Meningkatkan Kemampuan Anak dalam Berhitung Melalui

Permainan Ular Tangga. Jakarta: Universitas Pendidikan Indonesia.

Ramli, M. (2005). Pendampingan Perkembangan Anak Usia Dini. Jakarta:

Depdiknas.

Satya. 2012. (2021, Agustus 29). PKM Ular Tangga. From

sayasatya.files.wordpress.com: https://sayasatya.files.wordpress.com/2012/04/PKM-UlarTangga.com

Seefeld, C., & Wasik, A. B. (2008). Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: PT Raja

Gravindo Persada.

Starkweather, E. K. (2005). Creativity research instruments designed for use with preschool children. The Journal of Creative Behavior, 5(4), 245–255. https://doi.org/10.1002/j.2162-6057.1971.tb00895.x.

Sugianto, M. (2001). Bermain, Mainan, dan Permainan. Jakarta: Depdikbud.

Sugiyono. (2008). Metode Penetian Kuantitatif dan Kualitatif, dan R & D.

Bandung: Alfabeta.

Suhartono. (2005). Pengembangan Keterampilan Bicara Anak Usia Dini. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi

Direktorat Pembinaan Pendidikan Tenaga Kependidikan dan Ketenagaan Perguruan Tinggi.

Suhartono. (2005). Pengembangan Ketrampilan Bicara Anak Usia Dini. Jakarta:

Depdiknas.

Sujiono, Y. N. (2009). Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: PT. Indeks.

Suyanto. (2005). Konsep Dasar Anak Usia Dini . Jakarta: Departemen Pendidikan

Nasional.

Vigosky, M. (2011). Pendidikan Anak Uisa Dini dalam Berbagai Pendekatan.

Jakarta: Kencana.

Zubaidah, E. (2003). Perkembangan Bahasa Anak Usia Dini. Yogyakarta: Pendidikan Dasar Dan Prasekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas

Negeri Yogyakarta.

URI

https://repository.bbg.ac.id/handle/2141

Collections

  • Final Year Projects S1 PGPAUD

Browse

Main Collections Final Year Projects (1023)Books by Lecturers (10)Other Books (512)Internal Proceedings (160)External Proceedings (99)Campus Magazines (27)News Clippings (40)Social Media Clippings (3)Articles by Lecturers (2)Inauguration Speech (5)Research Reports (450)Community Service Reports (424)

© 2025 UBBG Institutional Repository