PENGEMBANGAN LEMBARAN KERJA PESERTA DIDIK LKPD BERBASIS KONTEKSTUAL PADA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS VIII SMP KARTIKA XIV BANDA ACEH
Abstract
LKPD sangat diperlukan dalam pembelajaran untuk mendukung peserta didik dalam menstimulasi kemampuan menyesuaikan permasalahan matematika. Ketersediaan LKPD yang terbatas mengharuskan guru untuk mengembangkan LKPD berbasis kontekstual sehingga mendapat digunakan dalam pembelajaran matematika. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan tahap pengembangan LKPD berbasis kontekstual pada pokok bahasan pada pola bilangan dan untuk mengetahui apakah LKPD berbasis kontekstual memenuhi kriteria valid, praktis, dan efektif. Penelitian ini berjenis pengembang atau research and development (R&D) menggunakan model pengembangan ADDIE, meliputi analisis desain pengembangan, implementasi dan evaluasi. Data dikumpulkan melalui angket dan dokumentasi, selanjutnya dianalisis Tekni analisis data kuantitatif dan juga analisis kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) pengembangan LKPD ini mengadopsi model pengembangan ADDIE yang dikembangkan oleh Lee dan Owens yaitu analisis (analysis), desain (design), pengembangan (development). Implementasi (implementation) dan evaluasi (evaluation). Tetapi, untuk mengembangkan LKPD ini, peneliti hanya membatasi sampai development atau pengembangan Dan telah dimodifikasi.(2) Hasil pengembangan berbasis kontekstual pada materi pola bilangan layak digunakan dilihat dari aspek kevalidan. Berdasarkan hasil ahli materi maupun validasi ahli media, maka hasil yang diperoleh adalah untuk materi presentasi validitas adalah 88%. Dengan kategori sangat baik atau sangat valid
Keywords
Pengembangan, LKPD, kontekstual
References
Ari kunto, 2015. Prosedur penelitian suatu pendekatan praktik, jakarta: rinekacipta.
Arsyad, Azhar, 2013. Media pembelajaran. Jakarta: rajagrafindo persada.