UBBG Institutional Repository
  • Browse
    • Final Year Projects
    • Books by Lecturers
    • Other Books
    • Internal Proceedings
    • External Proceedings
    • Campus Magazines
    • News Clippings
    • Social Media Clippings
    • Articles by Lecturers
    • Inauguration Speech
    • Research Reports
    • Community Service Reports
  • Prodi Index
  • Year Index
  • Our Library
  • OPAC
  • Policies
  •   Advanced Search

Advanced Search

How to cite  

Ramadani, U. (2024). PENGEMBANGAN LEMBARAN KERJA PESERTA DIDIK LKPD BERBASIS KONTEKSTUAL PADA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS VIII SMP KARTIKA XIV BANDA ACEH (Undergraduate thesis, Universitas Bina Bangsa Getsempena). Retrieved from https://repository.bbg.ac.id/handle/2139.
Ramadani, Umi. “PENGEMBANGAN LEMBARAN KERJA PESERTA DIDIK LKPD BERBASIS KONTEKSTUAL PADA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS VIII SMP KARTIKA XIV BANDA ACEH.” Undergraduate thesis, Universitas Bina Bangsa Getsempena, 2024, https://repository.bbg.ac.id/handle/2139.

PENGEMBANGAN LEMBARAN KERJA PESERTA DIDIK LKPD BERBASIS KONTEKSTUAL PADA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS VIII SMP KARTIKA XIV BANDA ACEH

Thumbnail

View/Open

F0516020W.pdf (1 MB)

Issue Year

2024

Author(s):

Umi Ramadani

Abstract

LKPD sangat diperlukan dalam pembelajaran untuk mendukung peserta didik dalam menstimulasi kemampuan menyesuaikan permasalahan matematika. Ketersediaan LKPD yang terbatas mengharuskan guru untuk mengembangkan LKPD berbasis kontekstual sehingga mendapat digunakan dalam pembelajaran matematika. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan tahap pengembangan LKPD berbasis kontekstual pada pokok bahasan pada pola bilangan dan untuk mengetahui apakah LKPD berbasis kontekstual memenuhi kriteria valid, praktis, dan efektif. Penelitian ini berjenis pengembang atau research and development (R&D) menggunakan model pengembangan ADDIE, meliputi analisis desain pengembangan, implementasi dan evaluasi. Data dikumpulkan melalui angket dan dokumentasi, selanjutnya dianalisis Tekni analisis data kuantitatif dan juga analisis kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) pengembangan LKPD ini mengadopsi model pengembangan ADDIE yang dikembangkan oleh Lee dan Owens yaitu analisis (analysis), desain (design), pengembangan (development). Implementasi (implementation) dan evaluasi (evaluation). Tetapi, untuk mengembangkan LKPD ini, peneliti hanya membatasi sampai development atau pengembangan Dan telah dimodifikasi.(2) Hasil pengembangan berbasis kontekstual pada materi pola bilangan layak digunakan dilihat dari aspek kevalidan. Berdasarkan hasil ahli materi maupun validasi ahli media, maka hasil yang diperoleh adalah untuk materi presentasi validitas adalah 88%. Dengan kategori sangat baik atau sangat valid


Keywords

Pengembangan, LKPD, kontekstual

References

Ari kunto, 2015. Prosedur penelitian suatu pendekatan praktik, jakarta: rinekacipta.

Arsyad, Azhar, 2013. Media pembelajaran. Jakarta: rajagrafindo persada.

URI

https://repository.bbg.ac.id/handle/2139

Collections

  • Final Year Projects S1 PMAT

Browse

Main Collections Final Year Projects (1023)Books by Lecturers (10)Other Books (512)Internal Proceedings (160)External Proceedings (99)Campus Magazines (27)News Clippings (40)Social Media Clippings (3)Articles by Lecturers (2)Inauguration Speech (5)Research Reports (450)Community Service Reports (424)

© 2025 UBBG Institutional Repository