UBBG Institutional Repository
  • Browse
    • Final Year Projects
    • Books by Lecturers
    • Other Books
    • Internal Proceedings
    • External Proceedings
    • Campus Magazines
    • News Clippings
    • Social Media Clippings
    • Articles by Lecturers
    • Inauguration Speech
    • Research Reports
    • Community Service Reports
  • Prodi Index
  • Year Index
  • Our Library
  • OPAC
  • Policies
  •   Advanced Search

Advanced Search

How to cite  

Mahyana , E. (2024). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN DIMENSI TIGA SMA KELAS XII MENGGUNAKAN ARTICULATE STORYLINE DI SMAN 9 BANDA ACEH (Undergraduate thesis, Universitas Bina Bangsa Getsempena). Retrieved from https://repository.bbg.ac.id/handle/2136.
Mahyana , Erna. “PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN DIMENSI TIGA SMA KELAS XII MENGGUNAKAN ARTICULATE STORYLINE DI SMAN 9 BANDA ACEH.” Undergraduate thesis, Universitas Bina Bangsa Getsempena, 2024, https://repository.bbg.ac.id/handle/2136.

PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN DIMENSI TIGA SMA KELAS XII MENGGUNAKAN ARTICULATE STORYLINE DI SMAN 9 BANDA ACEH

Thumbnail

View/Open

F0519050W.pdf (407 KB)

Issue Year

2024

Author(s):

Erna Mahyana 

Abstract

Pada abad ke-21 saat ini perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi sangatlah pesat. Pesatnya perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi sangat berpengaruh dan memberi perubahan pada dunia pendidikan. Matematika sering dipandang sebagai salah satu pelajaran yang sulit bahkan sangat jarang diminati oleh peserta didik. Maka diperlukan upaya agar dapat menarik minat peserta didik terhadap pembelajaran matematika. Hal ini memerlukan kreatifitas dari seorang guru dalam menyampaikan pembelajaran di dalam kelas, salah satunya adalah menggunakan media pembelajaran sebagai bahan ajar agar menarik minat belajar peserta didik pada pembelajaran matematika. Pengembangan media yang dilakukan berupa pengembangan media pembelajaran interaktif berbasis Articulate Storyline. Tujuan penelitian ini adalah untuk menghasilkan media pembelajaran Articulate Storyline dan mengetahui kevalidan dari media pembelajaran interaktif berbasis Articulate Storyline. Metode penelitian yang digunakan merupakan jenis penelitian pengembangan atau Research and Development (R&D). Pengumpulan data dilakukan dengan tahap diantaranya melakukan wawancara dengan salah satu guru di SMAN 9 Banda Aceh. Tingkat kelayakan media pembelajaran yang berbasis Articulate Storyline pada materi Dimensi tiga dapat diketahui setelah melakukan validasi oleh ahli media dan validasi oleh guru. Hasil validasi atau penilaian terhadap media pembelajaran secara keseluruhan memperoleh rata-rata persentase 95,21% dengan kategori sangat valid dan layak untuk digunakan.


Keywords

Media Pembelajaran Interaktif, Articulate Storyline, Research, Development (R&D)

References

Aditya. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Berbasis Web Pada Materi Lingkaran Bagi Siswa Kelas VIII. Jurnal Matematika, Statistika, & Komputasi, Vol. 15. No. 1, 64-74.

Akbar. (2013). Instrumen Perangkat Pembelajaran. Bandung : Remaja Rosdakarya.

AL-Baru, L. E., Istyadji, M., & Sari, M. M. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Articulate Storyline Pada Materi Sistem Pencernaan Manusia Untuk Siswa SMP Kelas VIII. JUPEIS: Jurnal Pendidikan dan Ilmu Sosial, Vol.2, 142-151.

Annisa, F.M. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Android Menggunakan Articulate Storyline Pada Materi Metabolisme Kelas XII SMA. Skripsi. Universitas Sanata Dharma.

Cholik, C. A. (2017, Juni). Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi. Jurnal Ilmiah Indonesi, 2, 21-29.

Donnellan, J. (2021). Articulate Storyline 360. Computer Assisted Language Learning Electronic Journal (CALL-EJ), 251-260.

Durohman, Noto, M. S., & Hartono, W. (2018). Pengembangan Perangkat Project Based Learning (Pjbl) Pada Materi Dimensi tiga SMA. Jurnal Pendidikan Matematika, 4.

Hamsinar, H., Israwan, L. F., & Mursal, S. (2023). Pengembangan E-Learning Media Pembelajaran Matematika Berbasis Android Pada Mata Pelajaran Dimensi Tiga. Jurnal Informatika, Vol.12, No. 1, 116-123.

Hanafi. (2017). Konsep Penelitian R&D dalam Bidang Pendidikan. Jurnal Kajian Keislaman, 4, 129-150.

Haryati, S. (2012). Research and Development (R&D). 11-24.

Istikomah, E., & Herlina, S. (2020). The integral calculus module through mobile learning in mathematics learning. vol.4, 570.

Juhaeni, Safaruddin, & Salsabila, Z. P. (2021). Articulate Storyline Sebagai Media Pembelajaran Interaktif untuk Peserta Didik Madrasah Ibtidaiyah. AULADUNA: Jurnal Pendidikan Dasar Islam, Vol. 8, 150-159.

Khusnah, N., Sulasteri, S., Suharti, & Nur, F. (2020). Pengembangan media pembelajaran jimat menggunakan articulate storyline. Jurnal Analisa, 197-208.

Marikhar, I.N. (2019). Deskripsi Kemampuan KomunikasiI Matematis Siswa Materi Dimensi tiga Pada Kelas XII SMAN 3 Takalar. Skripsi. Universitas Negeri Makassar

Miftah, M. (2013). Fungsi dan Peranan Media Pembelajaran Sebagai Upaya Peningkatan Kemampuan Belajar Siswa. Jurnal KWANGSAN, Vol. 1, 95 - 105.

Nabilah, C. H., Sesrita, A., & Suherman, I. (2020). Development Of Learning Media Based On Articulate. Indonesian Juornal of Applied Research (IJAR), Vol.1, 80-84.

Nugraheni, T. D. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Menggunakan Articulate Storyline Pada Mata Pelajaran Sejarah Indonesia Kelas X di SMK Negeri 1 Kebumen. Skripsi. Universitas Negeri Semarang

Nugroho, F., & Arrosyad, M. I. (2020). Learning Multimedia Development Using Articulate Storyline for Students. International Journal of Elementary Education, vol. 4, 575 - 579.

Nurrita, T. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Miskayat : Jurnal Ilmu-ilmu Al-Quran, 3, 171-186.

Rafmana. (2017). Pengembangan multimedia interaktif berbasis articulate storyline untuk meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran pkn kelas XII di sma srijaya negara palembang. Skripsi. Universitas Sriwijaya.

Rahmania, M. D., Fatah, A., & Anriani, N. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Web Articulate Storyline Untuk Meningkatkan Minat Belajar Matematika Siswa SMP. Jurnal Absis, Vol. 5, 663-665.

Rianto. (2020). Pembelajaran Interaktif Berbasis Articulate Storyline 3. Jurnal DOI, Vol. 6. No.1 , 84-92.

Rohmah, F. N., & Bukhori, I. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Mata Pelajaran Korespondensi Berbasis Android Menggunakan Articulate Storyline 3. Jurnal Ecoducation, Vol. 2. No. 2, E-ISSN : 2656-5234.

Rosiyanti, H., & Farahdiba, T. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Dimensi tiga SMA Kelas XII Menggunakan Articulate Storyline. JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika), 6, 169-183.

Safitri, D. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Articulate Storyline 3 Pada Materi Himpunan Kelas VII SMP. Skripsi. Universitas Islam Riau

Sanusi, Suprapto, E., & Apriandi, D. (2015). Pengembangan Multimedia Interaktif Sebagai Media Pembelajaran Pada Pokok Bahasan Dimensi Tiga Di Sekolah Menengah Atas (SMA). Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, Vol. 3 No. 2, 398-416.

Sapitri, D., & Bentri, A. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Aplikasi Articulate Storyline Pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas X. Inovtech, Vol.2, Hal. 1-8.

Sari, F. K., Farida, & Syazali, M. (2016). Pengembangan Media Pembelajaran (Modul) berbantuan Geogebra Pokok Bahasan Turunan. Al-Jabar: Jurnal Pendidikan Matematika, Vol. 7 , 135-152.

Sindu, I., Satyadiputra, G., & Permana, A. (2020). Designing learning object using articulate storyline 3 for supporting indonesia online learning system (spada). Journal of Physics: Conference Series , 1-6.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif. Bandung: Alfabeta.

Sukiman. (2012). Pengembangan Media Pembelajaran.Yogyakarta: Pedagogia (PT Pustaka Insan Madani).

Supartini, M. (2016). Pengaruh penggunaan media pembelajaran dan kreativitas guru terhadap prestasi belajar siswa kelas tinggi di SDN Mangunharjo 3 kecamatan Mayangan kota Probolinggo. Jurnal Penelitian dan Pendidikan IPS (JPPI), 10, 278-292.

Suseno, P. U., Ismail, Y., & Ismail, S. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Video Interaktif berbasis Multimedia. Jurnal of Mathematics Education, Vol. 1, 59-74.

Susilawati. (2020). E-Modul Matematika Kelas XII . Bengkulu : Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Direktorat Jendral Pendidikan Dasar dan Menengah Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Atas .

Syahputra, E. (2018). Pembelajaran Abad 21 Dan Penerapannya. Prosiding Seminar Nasional Sinastekmapan (E-Journal), Vol.1, 1276-1282.

Tafonao, T. (2018). Peranan Media Pembelajaran Dalam Meningkatkan Minat Belajar Mahasiswa. Jurnal Komunikasi Pendidikan, Vol. 2, 103 - 114.

Wahyuni, S., Ridlo, Z. R., & Rina, D. N. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Articulate Storyline Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMP pada Materi Tata Surya. Jurnal IPA dan Pembelajaran IPA, 99-110.

Wati. (2016). Ragam Media Pembelajaran. Jakarta: Kata Pena.

Yanto. (2019). Praktikalitas Media Pembelajaran Interaktif Pada Proses Pembelajaran Rangkaian Listrik. Jurnal INVOTEK (Inovasi Vokasional dan Teknologi), Vol. 19. No. 1, 75-82.

URI

https://repository.bbg.ac.id/handle/2136

Collections

  • Final Year Projects S1 PMAT

Browse

Main Collections Final Year Projects (1023)Books by Lecturers (10)Other Books (512)Internal Proceedings (160)External Proceedings (99)Campus Magazines (27)News Clippings (40)Social Media Clippings (3)Articles by Lecturers (2)Inauguration Speech (5)Research Reports (450)Community Service Reports (424)

© 2025 UBBG Institutional Repository