UBBG Institutional Repository
  • Browse
    • Final Year Projects
    • Books by Lecturers
    • Other Books
    • Internal Proceedings
    • External Proceedings
    • Campus Magazines
    • News Clippings
    • Social Media Clippings
    • Articles by Lecturers
    • Inauguration Speech
    • Research Reports
    • Community Service Reports
  • Prodi Index
  • Year Index
  • Our Library
  • OPAC
  • Policies
  •   Advanced Search

Advanced Search

How to cite  

Lestari, M. P. (2024). PENERAPAN DISCOVERY LEARNING TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP PELUANG PADA SISWA KELAS X SMAN 9 BANDA ACEH (Undergraduate thesis, Universitas Bina Bangsa Getsempena). Retrieved from https://repository.bbg.ac.id/handle/2135.
Lestari, Melda Putri. “PENERAPAN DISCOVERY LEARNING TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP PELUANG PADA SISWA KELAS X SMAN 9 BANDA ACEH.” Undergraduate thesis, Universitas Bina Bangsa Getsempena, 2024, https://repository.bbg.ac.id/handle/2135.

PENERAPAN DISCOVERY LEARNING TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP PELUANG PADA SISWA KELAS X SMAN 9 BANDA ACEH

Thumbnail

View/Open

F0518023W.pdf (271 KB)

Issue Year

2024

Author(s):

Melda Putri Lestari

Abstract

Kemampuan pemahaman konsep merupakan salah satu landasan yang penting untuk mencapai kemampuan kognitif lainnya. Adanya pemahaman konsep matematika akan berpengaruh dalam mengerjakan soal. Ketika siswa akan memecahkan suatu masalah haruslah mengetahui konsep mana yang akan digunakan. Namun kenyataan dilapangan menunjukkan bahwa masih banyak siswa yang kurang paham terhadap konsep dari materi yang sedang dipelajari. Sehingga siswa merasa kesulitan ketika diberikan soal berbeda dari contoh yang dijelaskan oleh guru dalam proses pembelajaran. Masih banyak siswa yang kurang dalam pemahaman konsep peluang dikarenakan pembelajaran yang kurang menarik sehingga anak merasa bosan dan jenuh saat proses pembelajaran matematika dan pembelajaran monoton yang diberikan guru. Memahami materi peluang sangat menantang karena melibatakan koordinasi tiga konsep yang berbeda dan sulit. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan kemampuan pemahama konsep metematika dari Penerapan Pemebelajaran Discovery Learning siswa kelas x di SMA Negeri 9 Banda Aceh. Metode yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan desain True Experimental Design yaitu Posttest-Only Control Design. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu tes. Populasi dalam penelitian ini seluruh siswa kelas X di SMA Negeri 9 Banda Aceh berjumlah 224 orang siswa. Sampel diambil secara acek dengan kelas X IPAS 5 sebagai kelas control sebanyak 24 orang siswa. Sedangkan kelas X IPAS 4 sebagai kelas eksperimen sebanyak 25 orang siswa. Hasil penelitian menunjukan bahwa analisis peningkatan kemampuan pemahaman konsep matematika siswa yang menggunakan model pembelajaran Discovery Learning dengan hasil tes kemampuan pemahaman konsep matematika siswa yang menggunakan direct intruction (konvensional) tidak terdapat perbedaan mean yang signifikan. Dari perhitungan didapa t_hitung=1,3315


Keywords

Discoveri Learning, Pemahaman Konsep, Peluang

References

Agus Suprijono. Model-Model Pembelajaran. Jakarta: Gramedia Pustaka Jaya. 2012.

Amroini, Aulia. 2020. Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Siswa Di Sekolah Menengah Pertama Negeri 25 Batanghari. Universitas Islam Negeri Sulthan Thaha Saifuddin Jambi. Skripsi: Program Sarjana

Anis, Ahmad A. Suhartini. 2017. Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Melalui Pembelajaran Statistika Berbasis Pendidikan Politik Di Lingkungan Sekolah. Jurnal Gantang. Vol. 2. No. 1. (http://ojs.umrah.ac.id/index.php/gantang/index )

Djamarah Saiful Bahri dan Aswan Zain. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Renika Cipta. 2013.

Duffin, J.M. & Simpson, A.P. (2000). A Search for understanding. Journal of Mathematical Behavior.

Ertikanto, Dkk. 2018. Comparison Of Mathematical Representation Skill And Science Learning Result In Classes With Problem-Base And Discovery Learning Model. (Online), Vol. 8, No. 1, Maret 2018.

(https://journal.uin-alauddin.ac.id/index.php/Mapan/article/view/13770, diakses 30 Juli)

Fitriani Nur, Dkk. 2020. Effectiveness Of Discovery Learning Model On Students' Mathematical Problem Solving Ability, (Online), Vol. 8, No. 1. Juni 2020(diakses 30 Mai 2022)

Gusniwati Mira. Pengaruh Kecerdasan Emosional Dan Minat Belajar Terhadap Penguasaan Konsep Matematika Siswa Dalam Sman Di Kecamatan Kebon Jeruk. Jakarta.2015

Hadi, S., & Kasum, M. U. (2015). Pemahaman konsep matematika siswa SMP melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe memeriksa berpasangan (Pair Checks), EDU-MAT: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1), 59–66. https://doi.org/10.20527/edumat.v3i1.630

Haswati, D., & Nopitasari, D. (2019). Implementasi bahan ajar persamaan diferensial dengan metode guided discovery berbantuan software mathematica untuk meningkatkan pemahaman konsep. Jurnal Gantang, 4(2), 97–102. https://doi.org/10.31629/jg.v4i2.1358

Ibrahim, A. Dkk. 2018. Metodelogi Penelitian. Makasar: Gunadarma Ilmu.

Lian G. 2016. Probabilitas Bersyarat, Independensi Dan Teorema Bayes Dalam Menentukan Peluang Terjadinya Suatu Peristiwa. Vol. 4. No. 1. Jurnal Menejemen Pendidikan Islam

M. Mulyono. Aktivitas Belajar. Bandung: Yrama. 2012.

Mely Dkk. Menganalisis Kelebihan Dan Kekurangan Model Discovery Learning Berbasis Audiovisual Dalam Pelajaran. (Online) Vol. 1. No. 1. September 2020. (di akses 28 Agustus 2022)

Novita S., Ismi & Attin W. 2022. Kemampuan pemahaman Konsep Matematis Pada Materi Statistika Siswa SMK Kelas 12. Jurnal Matematika Ilmiah. (Online) Vol. 8. No. 1 (diakses 10 Desember 2022)

Noviyana, Hesti. (2017). Pengaruh Model Project Based Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Matematika Siswa.

Peraturan Depdiknas Nomor 506/C/Kep/PP/2014 tanggal 11 November 2004.

Permendikbut Nomor 58 Tahun 2014

Sinambela, P. N. (2017). Kurikulum 2013 dan Implementasinya dalam Pembelajaran. Generasi Kampus,

Kurniasih Imas dan Berlin Sani. Perancangan Pembelajaran Prosedur Pembuatan RPP yang Sesuai dengan Kurikulum 2013. Jakarta: Kata Pena. 2014

Kristin Firosalia, 2016. Analis model pembelajaran discovery learning dalam meningkatkan hasil belajar siswa SD, (Online) Vol. 2, No. 1. Hal. 92. April 2016. (diakses 30 Juli 2022)

Lestari, K. E., & Yudhanegara, R. (2017). Penelitian Pendidikan Matematika. Bandung: Refika Aditama.

Romana. Selly. (2016). Perbedaan Hasil Belajar Geografi Menggunakan Model Pembelajaran Discovery Learning Dengan Model Konvensional Berdasarkan Aktivitas Siswa Kelas XI IPS SMA Negeti 1 Prambanan Klaten. Jurnal Geo Educasia. Vol. 1 no. 9

Rupalestari D. 2018. Hasil Belajar Siswa Pada Materi Peluang Melalui model Pembelajaran Connected Mathematic Project (CMP) di Kelas VIII SMP Negeri 1 Palembang. Skripsi. Universitas Sriwijaya. Program Sarjana.

Widodo Agus dan Andawaningtyas. Kwardiniya. Pengantar Statistika. Malang.2012

Yunuka, Lestari. 2016. Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Mahasiswa Melalui Penerapan Lembar Aktivitas Mahasiswa (LAM) Berbasis Teori Apos pada Materi Turunan. Universitas PGRI Palembang. Edumatica V.6. No.01. April 2018

Salmi. 2019. Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Ekonomi Peserta Didik Kelas XII IPS.2 SMA Negeri 13 Palembang: Jurnal Profit. Vol. 1. No. 1

Suci, Widya. 2020. Pengaruh Media Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar Al- Islam Di SMA Muhammadiyah 1 Gisting Kabupaten Tanggamus Tahun Pelajaran 2019/2020. Institut Agama Islam Negeri (Iain) Metro. Skripsi: Program Sarjana.

Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Susanto, D. DKK. 2021. Matematika untuk SMA/SMK Kelas X. Jakarta Pusat: Pusat Kurikulum dan Perbukuan Badan Penelitian dan Pengembangan dan Perbukuan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Kebudayaan.

URI

https://repository.bbg.ac.id/handle/2135

Collections

  • Final Year Projects S1 PMAT

Browse

Main Collections Final Year Projects (1023)Books by Lecturers (10)Other Books (512)Internal Proceedings (160)External Proceedings (99)Campus Magazines (27)News Clippings (40)Social Media Clippings (3)Articles by Lecturers (2)Inauguration Speech (5)Research Reports (450)Community Service Reports (424)

© 2025 UBBG Institutional Repository