PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMPRODUKSI TEKS EKSPLANASI PADA SISWA KELAS XI MIA 1 SMAN BAITUSSALAM
Abstract
Penelitian ini memiliki tujuan untuk mendeskripsikan proses pembelajaran menyusun teks eksplanasi dan mendeskripsikan peningkatan kemampuan memproduksi teks eksplanasi siswa kelas XI MIA 1 SMAN Baitussalam. Upaya peningkatan tersebut, maka, di gunakan model pembelajaran NHT. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus yaitu siklus I dan siklus II. Teknik pengumpulan data melalui tes hasil belajar siswa dan observasi data siswa dan guru. Yang di analisis secara kualitatif. Subjek dari penelitian ini terdiri 22 orang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peningkatan kemampuan menulis teks eksplanasi pada siswa kelas XI MIA 1 SMAN Baitussalam dapat dilakukan dengan menggungankan model pembelarajan NHT. Hasil tes siklus I diperoleh pada data hasil belajar siswa siswa diperoleh rata-rata sebesar 65,04 dalam kategori cukup. Sementara siklus II diperoleh nilai rata-rata sebesar 86,8 dalam kategori sangat baik. Sedangkan data aktivitas siswa pada siklus I diperoleh rata-rata sebesar 2,02 dari rentang 1- 4 tergolong kategori cukup. Sementara siklus II diperoleh rata-rata sebesar 3,35 dalam kategori baik. Data kemampuan guru pada siklus I diperoleh rata-rata sebesar 3,55 dari rentang 1-5 dalam kategori cukup. Sementara siklus II diperoleh rata-rata 4,8 dalam kategori sangat baik. Jadi dari siklus I ke siklus II terjadi peningkatan, dan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa dengan model pembelajaran dapat meningkatkan kemampuan menulis teks eksplanasi pada siswa XI MIA 1 SMAN Baitussalam.
Keywords
Kemampuan Menulis, Teks Eksplanasi, Model Numbered Head Together
References
Agus, 2016. Sintaks 45 Metode Pembelajaran dalam SCL, UMM Press: Malang. Arikunto, Suharsimi. 2011. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik.
Jakarta: Rineka Cipta.
Aris Shoimin, 2015. 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013.
Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Asdar, Perangkat Pembelajaran Menulis Teks Eksplanasi Berbasis Model Problem Based Learning (Studi Pengembangan Pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 8 Makasar), RETORIKA Jurnal Bahasa Sastra, dan Pengajarannya, Volume 9, Nomor 2, Agustus 2016, ISSN: 2614-2716.
Darmawati, Uti. 2014. Ensiklopedia Bahasa dan Sastra Indonesia Ragam Teks.
Klaten: Intan Pariwara.
Djatmika, 2018. Mengenal Teks dan Cara Pembelajarannya, Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Faridah Anum Siregar, Pengaruh Model Tipe NHT Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VIII SMPN 18 Medan, Jurnal Pendidikan Fisika, Vol. 1, No. 1, Juni 2012.
Hamalik, Oemar. 2008. Manajemen Pengembangan Kurikulum. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Iskandarwassid dan Dandang Sunendar. 2011. Strategi Pembelajaran Bahasa.
Bandung: Remaja Rosdakarya.
Isrok'atun, 2018. Model-model Pembelajaran Matematika, Jakarta: PT Bumi Aksara.
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2013. Bahasa Indonesia: Wahana Pengetahuan. (Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
Kosasih dan Endang Kurniawan, 2018. Jenis-jenis Teks Fungsi, Struktur, dan Kaidah Kebahasaan, Bandung: Yrama Widya.
Kosasih, 2017. Bahasa Indonesia SMP/MTS Kelas VIII/Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Edisi Revisi Cet. ke-2. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
M. Ibrahim, 2000. Pembelajaran Kooperatif, Surabaya: University Press.
69
70
Mahsun, 2018. Pembelajaran Bahasa Indonesia Berbasis Teks Edisi Kedua,
Depok: Raja Grafindo Persada.
Maya Safhida, Penerapan Model Pembelajaran Numbered Head Together (NHT) Pada Siswa Kelas IV SD Negeri 1 Peudada Memahami Isi Bacaan, Vol. 1, No. 1. Jurnal Samudra Bahasa. 2018.
Miftahul Huda, 2013. Cooperative Learning: Metode, Taktik, Struktur dan Model Penerapan, Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Muhammad Fathurrohman, 2015. Model-model Pembelajaran Inovatif Alternatif Desain Pembelajaran yang Menyenangkan. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Priyatni, Endah Tri. 2014. Desain Pembelajaran Bahasa Indonesia Dalam Kurikulum 2013. Jakarta: Bumi Aksara.
Saur M. Tampubolon, 2014. Penelitian Tindakan Kelas Untuk Meningkatkan Profesi Pendidik dan Keilmuan, Jakarta: Erlangga.
Syifa, 2014. 53 Metode Belajar dan Pembelajaran, Bandung : Bumi Siliwangi. Trianto Ibnu Badar Al-Tabany, 2014. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif,
Progresif dan Kontekstual, Jakarta: Prenadamedia Group.
Trianto, 2010. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progesif, Kencana: Jakarta.
Trianto. 2011. Model-model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktivistik.
Jakarta: Prestasi Pustaka.
Wahono, dkk. 2013. Mahir Berbahasa Indonesia untuk SMP/ M.Ts. Kelas VII. Jakarta: Erlangga.
Wina Sanjaya. 2011. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Yadi Mulyadi, dkk, 2018. Buku Teks Pendamping Bahasa Indonesia untuk Siswa SMP-MTS Kelas VIII, Bandung: Yrama Widya.