ANALISIS KEMAMPUAN KERJASAMA MELALUI PERMAINAN MENYUSUN BALOK KELOMPOK B DI PAUD BUNGA PALA ACEH BESAR
Abstract
Kerjasama merupakan pengelompokan yang terjadi di antara makhluk sosial dengan proses beregu di mana setiap anggotanya mendukung dan saling mengandalkan untuk mencapai suatu tujuan bersama. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu bagaimana gambaran kemampuan kerjasama peserta didik terhadap sesama teman kelompok belajarnya melalui permainan menyusun balok kelompok B di PAUD Bunga Pala Aceh Besar dan selanjutnya yaitu kendala apa saja yang dihadapi oleh guru dalam menstimulasi kemampuan kerjasama melalui permainan menyusun balok kelompok B di PAUD Bunga Pala Aceh Besar. Tujuan penelitian ini dilakukan untuk mengetahui tingkat kemampuan kerjasama peserta didik terhadap sesama teman kelompok belajarnya melalui permainan menyusun balok di PAUD Bunga Pala Aceh Besar dan selanjutnya bertujuan untuk mengetahui kendala apa saja yang dimiliki peserta didik dalam bekerjasama terhadap sesama teman kelompok belajarnya melalui permainan menyusun balok di PAUD Bunga Pala Aceh Besar. Instumen penelitian yang dilakukan dengan melakukan wawancara terhadap 3 orang guru dan observasi pada 15 anak kelompok B kemudian data yang didapatkan dianalisis dengan menggunakan rumus persentase. Hasil dari penelitian yang dilakukan menunjukkan bahwa secara umum kemampuan kerjasama anak di kelompok B PAUD Bunga Pala Aceh Besar secara keseluruhan telah berkembang sesuai harapan, hal ini dibuktikan dengan data hasil observasi dari permainan balok yang dilakukan dimana dari rata-rata indikator penilaian yang dilakukan pada 15 anak hanya 3 anak yang berada pada kategori MB (20%), 9 anak BSH (60%) dan 3 BSB (20%). Guru menggunakan metode sentral dan berkelompok dalam proses pembelajaran kerjasama dan memberikan pemahaman kepada setiap anak bahwa pentingnya bersosialisasi dan saling peduli terhadap sesama temannya hal ini dinilai efektif untuk meningkatkan kemampuan kerjasama anak.
Keywords
Kemampuan Kerjasama, Permainan Balok
References
Adistyasari, R. (2013). Meningkatkan Keterampilam Sosial dan Kerja Sama Anak
Dalam Bermain Angin Puyuh di Kelompok B TK Kemala Bhayangkari 08
Kecamatan Gajahmungkur. Universitas Negeri Semarang.
Ardini, P., & Lestariningrum, A. (2018). Bermain & Permainan Anak Usia Dini.
Adjie Media Nusantara.
Ariyanti, T. (2020). Pentingnya Pendidikan Anak Usia Dini Bagi Tumbuh Kembang
Anak. Universitas Muhammadiyah Purwokerto, 274–282.
Astuti, T. Y. (2014). Meningkatkan Kemampuan Kerjasama Melalui Permainan
Menyusun Puzzle Berkelompok Di Rhaudhatul Athfal Masyithoh Kantongan
Kelompok A. Universitas Negeri Yogyakarta.
Astuti, T. Y. (2014). Permainan Menyusun Puzzle Berkelompok. Universitas
Negeri Yogyakarta, 19–23.
Fadlillah, M. (2016). Bermain Dan Permainan Anak Usia Dini. Kencana.
Kunandar. (2014). Penilaian Autentik (Penilaian Hasil Belajar Peserta Didik
Berdasarkan Kurikulum 2013) Suatu Pendekatan Praktis Edisi Revisi. PT
Raja Grafindo Persada.
Kusumah, Wijaya, & Dwitagama, D. (2012). Mengenal Penelitian Tindakan Kelas.
Indeks.
Mulyasa. (2014). Manajemen PAUD. In PT. Remaja Rosdakarya.
Noviani. (2017). Permainan Balok Dalam Mengembangkan Kreativitas Anak Di
Taman Kanak-Kanak WI Pertiwi Sukarame Bandar Lampung. Institut Agama
Islam Negeri Raden Intan Lampung.
Nurani, Y. (2017). Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. PT Indeks, Jakarta,
8, 14–14.
Ramelan, H., & Suryana, D. (2021). Analisis Kemampuan Kerjasama Dalam
Perilaku Sosial Anak Usia Dini. Jurnal Riset Golden Age PAUD UHO, 2(2),
107–112.
Santrock, J. W. (2012). LifeSpan. Mac Graw Hill.
Sisca MH. (2012). Aneka Permainan Outbond Untuk Kecerdasan dan Kebugaran.
Bintang Cemerlang, Yogyakarta.
Sudijono, A. (2018). Pengantar Statistik Pendidikan. PT. Raja Grafindo Persada.
Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kualitatif,
Kuantitatif, dan R&D. In Alfabeta.
Suryana, D. (2013). Pendidikan Anak Usia Dini (Teori dan Praktik Pembelajaran).
Unp Press Penerbit UNP Press, Padang, 21–22.
Sutarman, Maman, & Asih. (2016). Manajemen PAUD Filosofi, Konsep, Prinsip
dan Aplikasi. Pustaka Setia.
Sutikno, D. M. S., & Hadisaputra, P. M. P. . (2020). Penelitian Kualitatif. Holistica
Lombok.
Thomas, L., & B. Jhonson, E. (2014). Contextual Teaching and Learning. Kaifa.
UU Nomor 20 Tahun 2003 Bab I Pasal 1 Ayat 14. (2003). Undang-Undang
Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003. Sistem Pendidikan Nasional, 33.
Yuni Astuti, T. (2017). Meningkatkan Kemampuan Kerjasama Melalui Permainan
Menyusun Puzzle Berkelompok Di Raudhatul Athfal Masyitoh Kantongan
Kelompok A. Universitas Negeri Yogyakarta, 110265, 110493.