UBBG Institutional Repository
  • Browse
    • Final Year Projects
    • Books by Lecturers
    • Other Books
    • Internal Proceedings
    • External Proceedings
    • Campus Magazines
    • News Clippings
    • Social Media Clippings
    • Articles by Lecturers
    • Inauguration Speech
    • Research Reports
    • Community Service Reports
  • Prodi Index
  • Year Index
  • Our Library
  • OPAC
  • Policies
  •   Advanced Search

Advanced Search

How to cite  

Ariadi. (2023). IMPLEMENTASI NILAI-NILAI PENDIDIKAN KARAKTER PADA SISWA KELAS V SD NEGERI 57 BANDA ACEH (Undergraduate thesis, Universitas Bina Bangsa Getsempena). Retrieved from https://repository.bbg.ac.id/handle/1703.
Ariadi. “IMPLEMENTASI NILAI-NILAI PENDIDIKAN KARAKTER PADA SISWA KELAS V SD NEGERI 57 BANDA ACEH.” Undergraduate thesis, Universitas Bina Bangsa Getsempena, 2023, https://repository.bbg.ac.id/handle/1703.

IMPLEMENTASI NILAI-NILAI PENDIDIKAN KARAKTER PADA SISWA KELAS V SD NEGERI 57 BANDA ACEH

Thumbnail

View/Open

F0814001W.pdf (2 MB)

Issue Year

2023

Author(s):

Ariadi

Abstract

Hasil observasi awal terkait dengan implementasi nilai-nilai pendidikan karakter adalah bahwa pelaksanaan pendidikan karakter di SD Negeri 57 Banda Aceh belum sepenuhnya atau seluruhnya dapat terimplementasi dengan baik dan masih ada beberapa hambatan. Dengan demikian, siswa di SD Negeri 57 Banda Aceh sebagian sudah memiliki kepribadian yang baik seperti melakukan shalat dzuhur secara berjamaah di mushallah sekolah. Tujuan dalam penelitian ini untuk mengetahui aktivitas-aktivitas siswa kelas V SD Negeri 57 Banda Aceh pada saat proses pembelajaran berlangsung dalam menerapkan nilai religius, jujur, rasa ingin tahu, disiplin, serta peduli/tanggung jawab. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan angket, observasi, wawancara dan dokumentasi. Data di analisis dengan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai-nilai pendidikan karakter disiplin, religius, rasa ingin tahu, jujur dan perduli/tanggung jawab telah diterapkan dalam proses pembelajaran oleh siswa di sekolah. Hasil analisis observasi, angket dan wawancara dengan kepala sekolah dan guru menunjukkan bahwa kelima karakter tersebut telah diimplementasikan dengan baik. Aktvitas karakter disiplin diimplementasikan dengan mengikuti upacara bendera setiap hari senin, datang tepat waktu sebelum upacara bendera, melepas sepatu saat masuk kelas, mengucapkan rasa syukur setelah selesai belajar dan melaksanakan ibadah tepat waktu. Karekter religius terlihat dari aktivitas siswa mengucapkan salam sebelum masuk kelas, berdo'a sebelum belajar, mengucap rasa syukur setelah pelajaran dan bersedia menyisihkan uang jajan untuk teman yang terkena musibah. Karakter ingin tahu ditunjukkan dengan bertanya lagi kepada guru penjelasan yang belum dipahami dan bertanya pada keluarga jika ada tugas yang sulit diselesaikan. Karakter jujur ditunjukkan siswa dengan tidak menyontek saat ujian, mau meminta maaf atas kesalahannya dan mengembalikan pensil yang ditemukan. Sedangkan karakter perduli/tanggung jawab diwujudkan siswa dengan cara meminta maaf ketika berbuat salah dan tidak mencoret-coret kursi atau meja. Kata Kunci: Nilai-Nilai Karakter, Pendidikan Karakter


Keywords

Nilai-Nilai Karakter, Pendidikan Karakter

References

Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik.

Jakarta: Rineka Cipta.

Arita Marini. 2017. Character Building Through Teaching Learning Process:

Lesson in Indonesia. The State University of Jakarta: International

Journal of Sciences and Research. Vol. 73 | No. 5 | May 2017

Bani Suddin, 2011.Pendidikan Karakter menurut Al- Gazali. Makassar: Alauddin

Pres.

Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia.(2013). Pedoman Penilaian Hasil

Belajar. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik

Indonesia.

Daradjat Zakiah, 2011. Ilmu Pendidikan Islam,Jakarta: Bumi Aksara.

Djaali, H. 2008. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.Departemen

Pendidikan Nasional, 2009.Tesaurus Alfabetis Bahasa Indonesia.

Bandung: Mizan.

Dewey John, 1964. Democracy and Education.New York: The Macmillan

Company

Djamarah Bahri Syaiful. 2005. Guru dan Anak Didik dalam Interaksi Edukatif,

Jakarta: Rineka Cipta

Gunawan Heri, 2012. Pendidikan Karakter Konsep dan Implementasinya.

Bandung: Alfabeta,

Hidayatullah M. Furqon, 2009. Guru Sejati: Membangun Insan Berkarakter Kuat

dan Cerdas.Surakarta: Yuma Pustaka.

Hadi Sutrisno ,1995. Metodologi Research 1. Yogyakarta: Andi Ofset.

Moleong, J. Lexi. 2013.Metodologi Penelitian Kualitatif.Bandung: Remaja

Rosdakarya

_______________. 2013. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja

Rosdakarya.

_______________. 2006. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosda

Karya

Marzuki, P. Mahmud. 2011. Penelitian Hukum. Jakarta: Kencana, Cet. 7.

Mulyasa, 2008.Kurikulum Berbasis Kompetensi, Konsep, Karakteristik dan

Implementasi.Bandung: Remaja Rosdakarya.

Muslich Masnur, 2011. Pendidikan Karakter Menjawab Tantangan Krisis

Multidimensional.Jakarta: Bumi Aksara.

Mulyaningsih, Irma. 2015. Iimplementasi Pendidikan Karakter pada

Pembelajaran Tematik di Kelas IV SD Negeri Prembulan Galur Kulon

Progo.Yogyakarta: UNY

Mulyana Deddy, 2008. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja

Rosdakarya

Muchlas Samani dan Hariyanto, 2013.Konsep dan Model Pendidikan

Karakter. Bandung: Remaja Rosdakarya

Miles, B. Mathew dan Michael Huberman.1992. Analisis Data Kualitatif Buku

Sumber Tentang Metode-metode Baru. Jakarta: UIP.

Nuh Muhammad, 2010. Kerangka Acuan Pendidikan Karakter Tahun

Anggaran. Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Kementerian

Pendidikan Nasional

Nasirudin, 2010. Pendidikan Tasawuf. Semarang: RaSAIL Media Group

Koesoema A Doni, 2007. Pendidikan Karakter ; Strategi Mendidik Anak di

Zaman Global. Jakarta: Grasindo

Labib, M. Zainul. 2014. Implementasi Pendidikan Karakter dan Pengaruhnya

Terhadap Perilaku Akademik Siswa Kelas VI SD Negeri 1 Jombang

Ciputat.Jakarta: UIN Syarif Hidayatullah.

PP No. 19 Tahun 2005.Tentang Standar Nasional Pendidikan, Bab I, Pasal I,

Ayat 16.

Patton, Michael Quinn, 1987, Qualitative Research and Evaluation Methods.

NewYork: SAGE Publication

Republik Indonesia, 2012.Undang-Undang RI Nomor 20 Tahun 2003 tentang

Sistem Pendidikan Nasional.Jogjakarta: Laksana.

Ramayulis, 2011.Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta: Kalam Mulia

Riyadi Slamet, 2014. Implementasi Pendidikan Karakter Terhadap Perilaku

Siswa di SD Muhammadiyah Terpadu Ronowijaya Tahun Pelajaran

2013/2014. Unmuha Ponorogo

Syafri Amri Ulil, Pendidikan Karakter berbasis al-Qur‟an, (Jakarta: Rajawali

Pers, 2012), hlm. xi-xiii

Surahmad Winarno. 1992. Pengantar Penelitian Ilmiah Dasar Metode dan

Teknik. Bandung: Tarsito.

Sugiyono, 2017.Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta

_______________. 2014. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung:

Alfabeta.

______________. 2009. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D,

Bandung: Alfabeta.

_______________. 2013. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif,

Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta

_______________. 2008. Metode Penelitian Kunatitatif Kualitatif dan R&D.

Bandung. Alfabeta.

_______________. 2016. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif,

Kualitatif, dan R&D).Bandung. Alfabeta.

Said Moh, 2011.Pendidikan Karakter di Sekolah. Surabaya: Jaring Pena

Skripsi Anisa, Ikhwatun, 2008. Konsep Pendidikan Karakter Menurut Ratna

Megawangi dan Relevansinya dalam Pembentukan Akhlak Anak

Prasekolah. Semarang: Fakultas TarbiyahIAIN Walisongo Semarang.

Skripsi M. Shofyan Al-Nashr, 2010. Pendidikan Karakter Berbasis Kearifan

Lokal; Telaah Pemikiran KH. Abdurrahman Wahid (Gus Dur).

Semarang: Fakultas Tarbiyah IAIN Walisongo Semarang.

SkripsiEtik Mifrohah. 2011. Pendidikan Karakter dalam Pendidikan Agama

Islam pada Kelas V (Studi Kasus pada SD Alam Ungaran.

Semarang: Fakultas Tarbiyah IAIN Walisongo Semarang.

Samani & Hariyanto Muchlas.(2011). Konsep dan Model Pendidikan Karakter.

Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Suyadi. 2013. Strategi Pembelajaran Pendidikan Karakter. Bandung :Remaja

Rosdakarya.

Taaib Ahmad, 2015. Implementasi Pendidikan Karaker di MTs Taqwal Ilah

Tunggu Tembalang.Semarang: UIN Wali Songo.

UU RI No. 14 Tahun 2005, Undang-undang Tentang Guru dan Dosen. Bab

I, Pasal I, Ayat I

Undang-undang No. 20 tahun 2003,Sistem Pendidikan Nasional, pasal 1,

ayat (1).Depdiknas.

Undang-Undang Republik Indonesia No. 20 tahun 2003.tentang Sistem

Pendidikan Nasional. Depdiknas: pasal 2

Wibowo Agus. (2012). Pendidikan Karakter: Strategi Membangun Karakter

Bangsa Berperadaban. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Wiraatmadja Rochiati, 2010. Metode Penelitian Tindakan Kelas. Bandung:

Remaja Rosdakarya

W. Creswell John. 2002. Research Design Qualitative, Quantitative, and

Method Approaches. California: Sage Publications.

Wibowo Agus, 2013. Pendidikan Karakter di Perguruan Tnggi. Yogyakarta:

Pustaka Pelajar.

Zubaedi, 2012. Desain Pendidikan Karakter: Konsepsi dan Aplikasinya dalam

Lembaga Pendidikan. Jakarta: Prenada Media Group

Zuriah Nurul, 2011. Pendidikan Moral dan Budi Pekerti dalam Perspektif .

Jakarta: Bumi Aksara

URI

https://repository.bbg.ac.id/handle/1703

Collections

  • Final Year Projects S1 PGSD

Browse

Main Collections Final Year Projects (1023)Books by Lecturers (10)Other Books (512)Internal Proceedings (160)External Proceedings (99)Campus Magazines (27)News Clippings (40)Social Media Clippings (3)Articles by Lecturers (2)Inauguration Speech (5)Research Reports (450)Community Service Reports (424)

© 2025 UBBG Institutional Repository