IMPLEMENTASI NILAI-NILAI PENDIDIKAN KARAKTER PADA SISWA KELAS V SD NEGERI 57 BANDA ACEH
Abstract
Hasil observasi awal terkait dengan implementasi nilai-nilai pendidikan karakter adalah bahwa pelaksanaan pendidikan karakter di SD Negeri 57 Banda Aceh belum sepenuhnya atau seluruhnya dapat terimplementasi dengan baik dan masih ada beberapa hambatan. Dengan demikian, siswa di SD Negeri 57 Banda Aceh sebagian sudah memiliki kepribadian yang baik seperti melakukan shalat dzuhur secara berjamaah di mushallah sekolah. Tujuan dalam penelitian ini untuk mengetahui aktivitas-aktivitas siswa kelas V SD Negeri 57 Banda Aceh pada saat proses pembelajaran berlangsung dalam menerapkan nilai religius, jujur, rasa ingin tahu, disiplin, serta peduli/tanggung jawab. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan angket, observasi, wawancara dan dokumentasi. Data di analisis dengan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai-nilai pendidikan karakter disiplin, religius, rasa ingin tahu, jujur dan perduli/tanggung jawab telah diterapkan dalam proses pembelajaran oleh siswa di sekolah. Hasil analisis observasi, angket dan wawancara dengan kepala sekolah dan guru menunjukkan bahwa kelima karakter tersebut telah diimplementasikan dengan baik. Aktvitas karakter disiplin diimplementasikan dengan mengikuti upacara bendera setiap hari senin, datang tepat waktu sebelum upacara bendera, melepas sepatu saat masuk kelas, mengucapkan rasa syukur setelah selesai belajar dan melaksanakan ibadah tepat waktu. Karekter religius terlihat dari aktivitas siswa mengucapkan salam sebelum masuk kelas, berdo'a sebelum belajar, mengucap rasa syukur setelah pelajaran dan bersedia menyisihkan uang jajan untuk teman yang terkena musibah. Karakter ingin tahu ditunjukkan dengan bertanya lagi kepada guru penjelasan yang belum dipahami dan bertanya pada keluarga jika ada tugas yang sulit diselesaikan. Karakter jujur ditunjukkan siswa dengan tidak menyontek saat ujian, mau meminta maaf atas kesalahannya dan mengembalikan pensil yang ditemukan. Sedangkan karakter perduli/tanggung jawab diwujudkan siswa dengan cara meminta maaf ketika berbuat salah dan tidak mencoret-coret kursi atau meja. Kata Kunci: Nilai-Nilai Karakter, Pendidikan Karakter
Keywords
Nilai-Nilai Karakter, Pendidikan Karakter
References
Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik.
Jakarta: Rineka Cipta.
Arita Marini. 2017. Character Building Through Teaching Learning Process:
Lesson in Indonesia. The State University of Jakarta: International
Journal of Sciences and Research. Vol. 73 | No. 5 | May 2017
Bani Suddin, 2011.Pendidikan Karakter menurut Al- Gazali. Makassar: Alauddin
Pres.
Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia.(2013). Pedoman Penilaian Hasil
Belajar. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik
Indonesia.
Daradjat Zakiah, 2011. Ilmu Pendidikan Islam,Jakarta: Bumi Aksara.
Djaali, H. 2008. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.Departemen
Pendidikan Nasional, 2009.Tesaurus Alfabetis Bahasa Indonesia.
Bandung: Mizan.
Dewey John, 1964. Democracy and Education.New York: The Macmillan
Company
Djamarah Bahri Syaiful. 2005. Guru dan Anak Didik dalam Interaksi Edukatif,
Jakarta: Rineka Cipta
Gunawan Heri, 2012. Pendidikan Karakter Konsep dan Implementasinya.
Bandung: Alfabeta,
Hidayatullah M. Furqon, 2009. Guru Sejati: Membangun Insan Berkarakter Kuat
dan Cerdas.Surakarta: Yuma Pustaka.
Hadi Sutrisno ,1995. Metodologi Research 1. Yogyakarta: Andi Ofset.
Moleong, J. Lexi. 2013.Metodologi Penelitian Kualitatif.Bandung: Remaja
Rosdakarya
_______________. 2013. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja
Rosdakarya.
_______________. 2006. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosda
Karya
Marzuki, P. Mahmud. 2011. Penelitian Hukum. Jakarta: Kencana, Cet. 7.
Mulyasa, 2008.Kurikulum Berbasis Kompetensi, Konsep, Karakteristik dan
Implementasi.Bandung: Remaja Rosdakarya.
Muslich Masnur, 2011. Pendidikan Karakter Menjawab Tantangan Krisis
Multidimensional.Jakarta: Bumi Aksara.
Mulyaningsih, Irma. 2015. Iimplementasi Pendidikan Karakter pada
Pembelajaran Tematik di Kelas IV SD Negeri Prembulan Galur Kulon
Progo.Yogyakarta: UNY
Mulyana Deddy, 2008. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja
Rosdakarya
Muchlas Samani dan Hariyanto, 2013.Konsep dan Model Pendidikan
Karakter. Bandung: Remaja Rosdakarya
Miles, B. Mathew dan Michael Huberman.1992. Analisis Data Kualitatif Buku
Sumber Tentang Metode-metode Baru. Jakarta: UIP.
Nuh Muhammad, 2010. Kerangka Acuan Pendidikan Karakter Tahun
Anggaran. Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Kementerian
Pendidikan Nasional
Nasirudin, 2010. Pendidikan Tasawuf. Semarang: RaSAIL Media Group
Koesoema A Doni, 2007. Pendidikan Karakter ; Strategi Mendidik Anak di
Zaman Global. Jakarta: Grasindo
Labib, M. Zainul. 2014. Implementasi Pendidikan Karakter dan Pengaruhnya
Terhadap Perilaku Akademik Siswa Kelas VI SD Negeri 1 Jombang
Ciputat.Jakarta: UIN Syarif Hidayatullah.
PP No. 19 Tahun 2005.Tentang Standar Nasional Pendidikan, Bab I, Pasal I,
Ayat 16.
Patton, Michael Quinn, 1987, Qualitative Research and Evaluation Methods.
NewYork: SAGE Publication
Republik Indonesia, 2012.Undang-Undang RI Nomor 20 Tahun 2003 tentang
Sistem Pendidikan Nasional.Jogjakarta: Laksana.
Ramayulis, 2011.Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta: Kalam Mulia
Riyadi Slamet, 2014. Implementasi Pendidikan Karakter Terhadap Perilaku
Siswa di SD Muhammadiyah Terpadu Ronowijaya Tahun Pelajaran
2013/2014. Unmuha Ponorogo
Syafri Amri Ulil, Pendidikan Karakter berbasis al-Qur‟an, (Jakarta: Rajawali
Pers, 2012), hlm. xi-xiii
Surahmad Winarno. 1992. Pengantar Penelitian Ilmiah Dasar Metode dan
Teknik. Bandung: Tarsito.
Sugiyono, 2017.Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta
_______________. 2014. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung:
Alfabeta.
______________. 2009. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D,
Bandung: Alfabeta.
_______________. 2013. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif,
Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta
_______________. 2008. Metode Penelitian Kunatitatif Kualitatif dan R&D.
Bandung. Alfabeta.
_______________. 2016. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif,
Kualitatif, dan R&D).Bandung. Alfabeta.
Said Moh, 2011.Pendidikan Karakter di Sekolah. Surabaya: Jaring Pena
Skripsi Anisa, Ikhwatun, 2008. Konsep Pendidikan Karakter Menurut Ratna
Megawangi dan Relevansinya dalam Pembentukan Akhlak Anak
Prasekolah. Semarang: Fakultas TarbiyahIAIN Walisongo Semarang.
Skripsi M. Shofyan Al-Nashr, 2010. Pendidikan Karakter Berbasis Kearifan
Lokal; Telaah Pemikiran KH. Abdurrahman Wahid (Gus Dur).
Semarang: Fakultas Tarbiyah IAIN Walisongo Semarang.
SkripsiEtik Mifrohah. 2011. Pendidikan Karakter dalam Pendidikan Agama
Islam pada Kelas V (Studi Kasus pada SD Alam Ungaran.
Semarang: Fakultas Tarbiyah IAIN Walisongo Semarang.
Samani & Hariyanto Muchlas.(2011). Konsep dan Model Pendidikan Karakter.
Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Suyadi. 2013. Strategi Pembelajaran Pendidikan Karakter. Bandung :Remaja
Rosdakarya.
Taaib Ahmad, 2015. Implementasi Pendidikan Karaker di MTs Taqwal Ilah
Tunggu Tembalang.Semarang: UIN Wali Songo.
UU RI No. 14 Tahun 2005, Undang-undang Tentang Guru dan Dosen. Bab
I, Pasal I, Ayat I
Undang-undang No. 20 tahun 2003,Sistem Pendidikan Nasional, pasal 1,
ayat (1).Depdiknas.
Undang-Undang Republik Indonesia No. 20 tahun 2003.tentang Sistem
Pendidikan Nasional. Depdiknas: pasal 2
Wibowo Agus. (2012). Pendidikan Karakter: Strategi Membangun Karakter
Bangsa Berperadaban. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Wiraatmadja Rochiati, 2010. Metode Penelitian Tindakan Kelas. Bandung:
Remaja Rosdakarya
W. Creswell John. 2002. Research Design Qualitative, Quantitative, and
Method Approaches. California: Sage Publications.
Wibowo Agus, 2013. Pendidikan Karakter di Perguruan Tnggi. Yogyakarta:
Pustaka Pelajar.
Zubaedi, 2012. Desain Pendidikan Karakter: Konsepsi dan Aplikasinya dalam
Lembaga Pendidikan. Jakarta: Prenada Media Group
Zuriah Nurul, 2011. Pendidikan Moral dan Budi Pekerti dalam Perspektif .
Jakarta: Bumi Aksara