UBBG Institutional Repository
  • Browse
    • Final Year Projects
    • Books by Lecturers
    • Other Books
    • Internal Proceedings
    • External Proceedings
    • Campus Magazines
    • News Clippings
    • Social Media Clippings
    • Articles by Lecturers
    • Inauguration Speech
    • Research Reports
    • Community Service Reports
  • Prodi Index
  • Year Index
  • Our Library
  • OPAC
  • Policies
  •   Advanced Search

Advanced Search

How to cite  

Zahara, S. (2023). EFEKTIVITAS PENGGUNAAN APLIKASI MATHWAY PADA MATERI TURUNAN TERHADAP MOTIVASI BELAJAR MATEMATIKA DI SMA NEGERI 5 BANDA ACEH (Undergraduate thesis, Universitas Bina Bangsa Getsempena). Retrieved from https://repository.bbg.ac.id/handle/1699.
Zahara, Siti. “EFEKTIVITAS PENGGUNAAN APLIKASI MATHWAY PADA MATERI TURUNAN TERHADAP MOTIVASI BELAJAR MATEMATIKA DI SMA NEGERI 5 BANDA ACEH.” Undergraduate thesis, Universitas Bina Bangsa Getsempena, 2023, https://repository.bbg.ac.id/handle/1699.

EFEKTIVITAS PENGGUNAAN APLIKASI MATHWAY PADA MATERI TURUNAN TERHADAP MOTIVASI BELAJAR MATEMATIKA DI SMA NEGERI 5 BANDA ACEH

Thumbnail

View/Open

F0519031W.pdf (369 KB)

Issue Year

2023

Author(s):

Siti Zahara

Abstract

Pembelajaran matematika merupakan salah satu pembelajaran yang sulit dipahami oleh siswa SMA baik dalam memahami materi maupun pada saat menyelesaikan soal seperti pada materi turunan sehingga siswa membutuhkan motivasi belajar yang tinggi dan mampu membantu siswa untuk menjadi lebih percaya diri dalam belajar matematika. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui penggunaan aplikasi mathway pada materi turunan pembelajaran matematika dan untuk mendeskripsikan efektivitas penggunaan aplikasi mathway pada siswa SMA Negeri 5 Banda Aceh. Metode pada penelitian ini yaitu kuantitatif quasi eksperimen. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu tes pretest dan postest, angket. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA 3 (36 orang) sebagai kelas eksperimen dan siswa kelas XI IPA 2 (32 orang) sebagai kelas kontrol. Hasil dari penelitian ini menunjukkan pemberian pretest dan posttest pada kelas eksperimen (XI IPA 3) melalui perlakuan penggunaan aplikasi mathway didapatkan nilai selisih pretest dan posttest untuk melihat motivasi belajarnya sebesar 52,61 dan untuk kelas kontrol (XI IPA 2) didapatkan sebesar 46,31. Selanjutnya untuk analisis angket yang di berikan kepada siswa kelas eksperimen didapatkan nilai rata-rata angket adalah 74,25 dengan kategori baik. Kesimpulan dari penelitian ini yaitu penggunaan aplikasi mathway efektif terhadap motivasi belajar siswa SMA Negeri 5 Banda Aceh pada materi turunan dengan dibuktikan selisih nilai pretest-postest kelas eksperimen dan kelas kontrol serta nilai rata-rata angket. Saran pada penelitian ini yaitu perlu adanya penyesuaian penggunaan aplikasi mathway pada pembelajaran matematika dan perlu dilakukan penelitian ulang terhadap kefektifan aplikasi mathway untuk melihat motivasi belajar siswa pada pembelajaran matematika dengan menggunakan metode yang berbeda.


Keywords

Aplikasi Mathway, Turunan, Motivasi Belajar

References

Arikunto. (2019). Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.

Asvio, N. (2017). The Influence of Learning Motivation and Learning Environment on Undergraduate Students' Learning Achievement of Management of Islamic Education, Study Program of Iain Batusangkar In 2016. Noble International Journal of Social Sciences Research, 2(2), 16-31. http://napublisher.org/?ic=journals&id=2.

Albino, V., & Dario, R. (2018). Mathway en la enseñanza de Sistema de Ecuaciones en los estudiantes de décimo año del Colegio Amazonas, durante el año lectivo 2017 - 2018. Ekuador: Universidad Central Del Ecuador. Retrieved from http://www.dspace.uce.edu.ec/handle/25000/15332.

Andriani, R. (2019). Motivasi Belajar Sebagai Determinan hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 4(1), 80-86.

Ali Alqashanin, G. S., & Ahmed Faqihi, Y. A. (2022). The Effect Of Using Mathway On Developing Secondary School Students' Academic Achievement In Mathematics In Najran, Kingdom Of Saudi Arabia. European Journal of Education Studies, 9(4), 17-31.

Carry, E., Hill, F., And, A. D., & Szilc's, D. (2017). The Modified Abbreviated Math Anxiety Scale: A Valid and Reliable Instrument for Use with Children. Original Research article, 8(11), 11-13. doi: https://doi.org/10.3389/fpsyg.2017.00011.

Djamaluddin, A., & Wardana. (2019). Belajar dan Pembelajaran 4 Pilar Peningkatan Kompetensi Pedagogis. Sulawesi Selatan : CV Kaaffah Learning Center.

Dulli, N. (2019). Metodologi Penelitian Kuantitatif: Beberapa Konsep Dasar Untuk Penulisan Skripsi dan Analisis Data Dengan SPSS. Yogyakarta: Deepublish.

Elfrianto. (2022). Metodologi Penelitian Pendidikan. Medan: UMSU Press.

Gazali, R. Y. (2016). Pembelajaran Matematika Yang Bermakna. Jurnal Pendidikan Matematika, 2(3), 181-190.

Hanafy, M. S. (2014). Konsep Belajar dan Pembelajaran. Lentera Pendidikan, 4(1), 66-79. doi:10.24252/lp.2014v17n1a5.

Hodiyanto. (2017). Kemampuan Komunikasi Matematis Dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal Ilmiah Matematika Ilmu Matematika dan Terapan, 7(1), 9-17. doi:http://dx.doi.org/10.12928/admathedu.v7i1.7397.

Hantono. (2018). Konsep Laporan Keungan Dengan Pendekatan Rasio dan SPSS. Yogyakarta : Deepublish

Helaluddin. (2019). Analisis Data Kualitatif. Jakarta: Sekolah. Tinggi Theologia Jaffray.

Hadjinor, S. I., Asotigue, A. B., & Pangandamun, J. A. (2021). Solving Trigonometric Problems Using Mathway Application in. Asian Journal of Research in Education and Social Sciences, 3(3), 87-97. Retrieved from http://myjms.mohe.gov.my/index.php/ajress.

Indrawati, F., Hikmah, N., & Mailizar, M. (2021). Peningkatan Pembelajaran Matematika Melalui Literasi Digital. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(5), 478-485.

Juanti, A., Imamuddin, M., Murtiyastuti, E., & Simatupang, R. M. (2022). Peran Guru Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Matematika Di SMPN 9 Batam. Jurnal Multidisiplin Ilmu, 1(4), 460-467.

Kristin, F. (2016). Analisis Model Pembelajaran Discovery Learning Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Sd. Jurnal Pendidikan Dasar PerKhasa, 2(1), 90-98.

Kusumawardani, D. R., Wardono, & Kartono. (2018). Pentingnya Penalaran Matematika dalam Meningkatkan Kemampuan Literasi Matematika. Prosiding Seminar Nasional Matematika (pp. 588-595). Semarang: Universitas Negeri Semarang.

Lomu, l., & Widodo, s. a. (2018). Pengaruh Motivasi Belajar dan Disiplin Belajar Terhadap Prestassi Belajar Matematika Siswa. Prosiding Seminar Nasional Etnomatnesia (pp. 745-751). Yogyakarta: Journal Universitas Sanjanawiyata Tamansiswa (UST).

Lubis, A. N., Ginting, B. W., Rahmah, D. P., & Hutagalung, M. L. (2021). Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Matematika Pada Materi Turunan. Jurnal Karismatika, 7(2), 1-8.

Lestari, A. T. (2022). Model Pembelajaran Type Numbered Head Together Untuk Meningkatkan kemampuan Matematika . Nusa Tenggara Barat : Yayasan Cendekian Indonesia Raya .

Mubarak, Z. (2020). Penelitian Kuantitatif dan Statistik Pendidikan: Cara Praktis Menganalisis Contoh Berbasis Aplikatif dengan SPSS. Tasikmalaya: CV. Pustaka Turats Press.

Muttaqin, A. K., Yahya, Y., & Irmayanti. (2023). Pemanfaatan Aplikasi Math way dalam Menyelesaikan Soal Kalkulus pada Mahasiswa. Prosiding SENTIKJAR (pp. 63-70). Sinjai: Universitas Islam Ahmad Dahlan. doi:10.47435/sentikjar.v2i0.1829.

Muhsetyo, G., dkk. (2021). Pembelajaran Matematika SD. Banten: Universitas Terbuka.

Murzani. (2018). Analisis Kesulitan Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Matematika Di Kelas IV SDN 9 Masbagik Utara Tahun Pelajaran 2017/2018. Skripsi (pp. 1-15). Mataram: FKIP. http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/6291.

Manuallang, M. (2014). Manajemen Pembelajaran Matematika. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran , 21(2), 208-214.

Mazana, M. Y., Montero, C. S., & Casmir, R. O. (2019). Investigating Students' Attitude towards Learning Mathematics. International Electronic Journal Of Mathematics Education, 14(1), 207-231. doi:https://doi.org/10.29333/iejme/3997.

Novidiantono, D. (2020). Metodologi Penelitian Kuantitatif. Yogyakarta: Deepublish.

Nisa, M. A., & Susanto, R. (2022). Pengaruh Penggunaan Game Edukasi Berbasis Wordwall Dalam Pembelajaran Matematika Terhadap Motivasi Belajar. Jurnal Penelitian Guru Indonesia, 140-147. doi:https://doi.org/10.29210/022035jpgi0005

Paryono. (2018). Penggunaan Model POE2WE Dalam Pembelajaran Matematika Berbantuan Aplikasi Mathway. Jawa Barat: Universitas Siliwangi Tasikmalaya.

Parnawi, A. (2019). Psikologi Belajar . Yogyakarta: Deepublish .

Pratama, A. R., & Nilamsari, D. P. (2022). Penerapan Aplikasi Mathway Sebagai Penunjang Evaluasi Pembelajaran Matematika Pada Siswa Jenjang Sekolah Dasar. Seminar Nasional Bahasa, Sastra, Seni, dan Pendidikan Dasar 2 (pp. 157-169). Banjarmasin : STKIP PGRI Banjarmasin.

Rusyanti, H. (2014). Pengertian Pembelajaran Matematika. online: http://www. kajianteori. com/2014/02/pengertian-pembelajaranmatematika. html diakses 19 Maret 2023.

Rosali, D. F., Talib, & Asdar. (2019). Deskripsi Kemampuan Pemahaman Konsep Turunan Berdasarkan Teori APOS pada Siswa Kelas XII SMA. Issues in Mathematics Education, 3(1), 49-57. http://www.ojs.unm.ac.id/imed.

Rinaldi, A., Novalia, & Syazali, M. (2021). Statistika Inferensial Untuk Ilmu Sosial dan Pendidikan . Bogor: IPB Press.

Renggaris, A. (2022). Penelitian dan pengembangan. Medan: Yayasan Kita Menulis.

Sherli dkk. (2022). Pelatihan Pembelajaran Matematika Berbasis Android untuk Memecahkan Masalah Matematika Pada MGMP Matematika Kabupaten Muaro Jambi. Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(2).

Suprihatin, S. (2015). Upaya Guru Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. Jurnal Promosi Program Pendidikan Ekonomi, 3(1), 73-82.

Siagian, M. D. (2016). Kemampuan Koneksi Matematik Dalam Pembelajaran Matematika. Journal of Mathematics Education and Science, 2(1), 58-67.

Sudijono, A. (2017). Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sumardyono. (2018). Karakterikstik Matematika dan Implementasi Terhadap Pembelajaran. Yogyakarta: Depdiknas.

Thorusifah, H., & Hakim, D. L. (2019). Komunikasi Matematis Siswa Dalam Materi Matematika Sekolahan. Prosiding Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika (pp. 1183-1192). Jawa Barat: Universitas Singaperbangsa Karawang.

Utama, D. (2018). Jurnal Pendidikan Edisi 36 Volume 9 Agustus 2017. Surakarta: Forum Komunikasi Guru Pengawasan Surakarta.

Waluya, B. (2017). Sosiologi: Menyelami Fenomena Sosial di Masyarakat Program Pendidikan Sosial. Bandung: Setia Purna Inves.

Widiani, y., & Ferolina, n. (2019). Matematika Dan Lingkungan. Jurnal Equation, 2(1), 39-45. doi:http://dx.doi.org/10.29300/equation.v2i1.2309.

Widayanti, r., & Nur'aini, k. d. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Meningkatkan Prestasi Belajar Matematika dan Aktivitas Siswa. Mathema Journal, 2(1), 12-23.

URI

https://repository.bbg.ac.id/handle/1699

Collections

  • Final Year Projects S1 PMAT

Browse

Main Collections Final Year Projects (1023)Books by Lecturers (10)Other Books (512)Internal Proceedings (160)External Proceedings (99)Campus Magazines (27)News Clippings (40)Social Media Clippings (3)Articles by Lecturers (2)Inauguration Speech (5)Research Reports (450)Community Service Reports (424)

© 2025 UBBG Institutional Repository