PENGARUH PEMBELAJARAN BLENDED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS SISWA PADA MATERI TURUNAN FUNGSI ALJABAR DI SMA NEGERI 15 ADIDARMA BANDA ACEH
Abstract
Kegiatan pembelajaran yang digunakan oleh guru hanya berfokus pada pembelajaran yang sudah ada. Hal ini menyebabkan optimalisasi keterampilan berpikir kritis terhambat, Oleh karena itu dari permasalahan ini adalah dengan adanya Pembelajaran Blended Learning yang dianggap cocok untuk diterapkan dalam pembelajaran matematika. Karena dalam Pembelajaran Blended Learning mampu memadukan proses sinkron dan asinkron sehingga lebih memudahkan tercapainya tujuan pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk untuk mengetahui pengaruh penerapan pembelajaran Blended Learning terhadap kemampuan berpikir kritis matematis siswa pada materi turunan fungsi aljabar di kelas XI IPA SMA Negeri 15 Adidarma Banda Aceh. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain pra eksperimen. Penelitian ini dilakukan SMA Negeri 15 Adidarma Banda Aceh pada siswa kelas XI IPA yang berjumlah 20 siswa. Teknik pengumpulan data yang dilakukan yaitu dengan melakukan pre test dan post test untuk mengetahui kemampuan berpikir kritis matematis siswa. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan hasil kemampuan berpikir kritis matematis siswa pada pre test bahwa dari hasil keseluruhan diperoleh jumlah skor keseluruhan 66 dengan persentase 23,57% dan dikategorikan “Kurang Baik”. Sedangkan bahwa hasil kemampuan berpikir kritis matematis siswa pada post test menggunakan model pembelajaran blended learning pada materi turunan fungsi aljabar bahwa dari hasil keseluruhan diperoleh jumlah skor keseluruhan 199 dengan persentase 71,07% dan dikategorikan “Baik”. Sedangkan berdasarkan hasil uji hipotesis bahwa diperoleh nilai ttabe dengan derajat kebebasan 20 - 2 (dk = 18) pada taraf signifikasi α = 0,05 adalah sebesar 1,733 dan nilai thitung adalah sebesar 8,021. Hal ini berarti bahwa thitung = 8,021 > ttabel = 1,733. Maka di ambil kesimpulan Ha diterima dan Ho ditolak artinya adanya adanya pengaruh pembelajaran blended learning terhadap kemampuan berpikir kritis matematis siswa pada materi turunan fungsi aljabar di kelas XI IPA SMA Negeri 15 Adidarma Banda Aceh. Kata Kunci: Pembelajaran Blended Learning, Berpikir Kritis Matematis, Turunan Fungsi Aljabar
Keywords
Pembelajaran Blended Learning, Berpikir Kritis Matematis, Turunan Fungsi Aljabar
References
Abroto, Maemonah, & Ayu, N. P. (2021). Pengaruh Metode Blended Learning dalam Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Ilmu Pendidikan Volume 3
Azizah, M., Sulianto, J., & Cintang, N. 2018. Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Sekolah Dasar pada Pembelajaran Matematika Kurikulum 2013. Jurnal Penelitian Pendidikan, Vol. 35 No. 1, 2018.
Arikunto. 2015. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik, Jakarta: Rineka Cipta.
Askolani dan Ressi J Machdalena, 2012. Pengaruh Motivasi dan Kemampuan Kerja terhadap Kinerja Karyawan PT. Inti (Persero) Bandung, Jurnal Riset Manajemen, Vol. 1, No. 1, 2012.
Bahrudin, Mukhammad Ali dkk, 2019. Defragmenting Struktur Berpikir Siswa SMP dalam Menyelesaikan Masalah Bangun Datar, Jurnal UTS Jogja, Vol 2 (2), 2019.
Emzir, 2013. Metodologi Penelitian Pendidikan. Depok: Raja Grafindo.
Ennis, R. H. (2015). The Nature Of Critical Thinking: An Outline Of Critical Thinking Disposition And Abilities. University of Illinios.
Fitri, Rahma, dkk. 2014. Penerapan Strategi The Firing Line Pada pembelajaran Matematika Siswa Kelas XI IPS SM Negeri 1 Batipuh. Jurnal Pendidikan Matematika. Vol. 3, No. 1, 2014.
Hamzah, Ali dan Muhlisrarini. 2014. Perencanaan dan Strategi Pembelajaran. Matematika. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Hardika Saputra, 2020. Kemampuan Berpikir Kritis Matematis, Perpustakaan IAI Agus Salim.
Hendriana, Heris dkk, 2017. Hard Skills dan Soft Skills Matematik Siswa, Bandung: Reflika Aditama.
Husamah, 2014. Pembelajaran Bauran (Blended Learning), Jakarta: Prestasi Pustakaraya.
Husein, Sadam dkk, 2015. Pengaruh Penggunaan Multimedia Interaktif terhadap Penguasaan Konsep dan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa pada Materi Suhu dan Kalor, Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi, Vol.1 No.3, 2015.
Ika Rahmawati, dkk. 2016. Analisis Keterampilan Berpikir Siswa SMP pada Materi Gaya dan Penerapannya, Pros. Semnas Pend. IPA Pascasarjana UM, Vol. 1, 2016.
Kallet, M. (2014). Think smarter critical thinking to improve problem solving and decision making skills. Canada: John Wiley & Sons, Inc., Hoboken, New Jersey.
Kemendikbud. 2014. Panduan Teknis Pembelajaran dan Penilaian. Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.
Lai, E. R. (2011). Critical Thinking: A Literatur Review. Pearson
Mauliana Wayudi, dkk, 2020. Kajian Analisis Keterampilan Berpikir Siswa Sekolah Menengah Atas, Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, Vol. 5, No. 1, 2020.
Muncarno dan Nelly Astuti 2021. Pengaruh Model Pembelajaran Blended Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematika Peserta Didik Sekolah Dasar. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika. Volume 10, No. 4, 2021.
Novia Dwi Rahmawati dkk. 2021. Pengaruh Model Blended Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif pada Mata Kuliah Matematika Diskrit. Seminar Nasional Sainsteknopak Ke-5 LPPM UNHASY Tebuireng Jombang 2021.
Primaningsih, Dyani. 2020. Media CCT (Card of Critical Thingking) dalam Pembelajaran Matematika, Indonesian Digital Journal of Mathematics and Education Volume 7 Number 1, 2020.
Radiah. 2022. Pengaruh Pembelajaran Blended Learning Model Flipped Classroom terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMA dalam Belajar. Jurnal Evaluasi Pendidikan, Vol. 13, No. 1, Februari 2022.
Retno Aulia dan Mukhni, 2018. Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Peserta Didik Kelas XI MIPA SMA Negeri 2 Padang, Jurnal Edukasi dan Penelitian Matematika FMIPA UNP, Vol.7 No.4, 2018.
Riinawati, R. (2021). Hubungan Penggunaan Model Pembelajaran Blended Learning terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Sekolah Dasar. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(6), 3794–3801.
Riyanto, Nokman. 2018. Tujuh Karya Satu Buku, Banjarnegaara: Pelita Gemilang Sejahtera.
Sahni, J. (2019). Does blended learning enhance student engagement? Evidence from higher education. Journal of E-le…