UBBG Institutional Repository
  • Browse
    • Final Year Projects
    • Books by Lecturers
    • Other Books
    • Internal Proceedings
    • External Proceedings
    • Campus Magazines
    • News Clippings
    • Social Media Clippings
    • Articles by Lecturers
    • Inauguration Speech
    • Research Reports
    • Community Service Reports
  • Prodi Index
  • Year Index
  • Our Library
  • OPAC
  • Policies
  •   Advanced Search

Advanced Search

How to cite  

Susanna. (2023). IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN GROUP INVESTIGATION (GI) BERBASIS TPACK PADA MATERI BARISAN DAN DERET ARITMATIKA KELAS XI IPA SMA NEGERI 1 LHOKNGA ACEH BESAR (Undergraduate thesis, Universitas Bina Bangsa Getsempena). Retrieved from https://repository.bbg.ac.id/handle/1687.
Susanna. “IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN GROUP INVESTIGATION (GI) BERBASIS TPACK PADA MATERI BARISAN DAN DERET ARITMATIKA KELAS XI IPA SMA NEGERI 1 LHOKNGA ACEH BESAR.” Undergraduate thesis, Universitas Bina Bangsa Getsempena, 2023, https://repository.bbg.ac.id/handle/1687.

IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN GROUP INVESTIGATION (GI) BERBASIS TPACK PADA MATERI BARISAN DAN DERET ARITMATIKA KELAS XI IPA SMA NEGERI 1 LHOKNGA ACEH BESAR

Thumbnail

View/Open

F0519005W.pdf (225 KB)

Issue Year

2023

Author(s):

Susanna

Abstract

Penelitian ini bertujuan meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas XI IPA SMAN 1 Lhoknga materi barisan dan deret aritmatika dengan menerapkan model Group Investigation (GI) berbasis TPACK. Pada awalnya, guru di SMAN 1 Lhoknga belum pernah menggunakan model Group Investigation berbasis TPACK dalam pembelajaran matematika. Oleh karena itu, peneliti menerapkan Group Investigation berbasis TPACK dengan harapan adanya peningkatan hasil belajar peserta didik. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif. Data dikumpulkan melalui teknik pemberian tes (pretest dan postest), observasi, angket, dan dokumentasi. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas XI SMAN 1 Lhoknga dan sampel terdiri dari 24 peserta didik kelas kontrol dan 23 peserta didik kelas eksperimen. Analisis data dilakukan dengan menggunakan uji Paired Sample t-Test dan bisa dibuktikan lagi dengan melihat nilai mean pada uji Descriptive Statistics untuk melihat perbedaan pada nilai pretest dan posttest antara kelas kontrol dan eksperimen. Penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan model Group Investigation berbasis TPACK dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peserta didik kelas eksperimen memiliki nilai posttest yang lebih tinggi daripada kelas kontrol, hal ini menunjukkan peningkatan yang signifikan. Berdasarkan hal tersebut didapatkan bahwa kriteria pengambilan keputusan yaitu Ha diterima dan H0 ditolak yang artinya terdapat peningkatan hasil belajar menggunakan Group Investigation (GI) berbasis TPACK materi barisan dan deret aritmatika kelas XI IPA SMA Negeri 1 Lhoknga. Hasil observasi guru dan peserta didik termasuk dalam kriteria sangat baik. Selanjutnya, setelah melakukan uji validitas dan reliabilitas, analisis data angket menunjukkan bahwa semua pernyataan dapat dikatakan valid dan reliabel.


Keywords

Implementasi, Group Investigation (GI) Berbasis TPACK, Barisan, Deret Aritmatika

References

Absari, N., Priyanto, P., & Muslikhin, M. (2020). The effectiveness of Technology, Pedagogy and Content Knowledge (TPACK) in learning. Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan, 26(1), 43-51.

Afsari, R., Kesumawati, N., & Surmilasari, N. Pengembangan Video Pembelajaran Berbasis Tpack Dalam Materi Pecahan Untuk Siswa Kelas Iv Sd. School Education Journal Pgsd Fip Unimed, 11(4), 339-348.

Anggraini, R. (2015). Penerapan Model Pembelajaran Group Investigation (GI) Menggunakan Local Material Berbasis Lesson Study untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis, Motivasi dan Sikap Ilmiah Siswa Kelas X SMAN 1 MOJO Kediri. Motivasi, dan Sikap Ilmiah Siswa Kelas X SMAN, 1.

Astuti, A. M. (2014). Efektivitas model pembelajaran kooperatif tipe group investigation terhadap peningkatan kemampuan investigasi matematika siswa. Beta: Jurnal Tadris Matematika, 7(1), 1-12.

Azizah, M., Rustiana, A., & Pramusinto, H. (2012). Penerapan Model Pembelajaran Group Investigation untuk Meningkatkan Kreativitas Siswa pada Pelajaran Produktif. Economic Education Analysis Journal, 1(1).

Citra, C. A., & Rosy, B. (2020). Keefektifan penggunaan media pembelajaran berbasis game edukasi quizizz terhadap hasil belajar teknologi perkantoran siswa kelas X SMK Ketintang Surabaya. Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (JPAP), 8(2), 261-272.

Fadillah, A. (2016). Analisis minat belajar dan bakat terhadap hasil belajar matematika siswa. Mathline: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 1(2), 113-122.

Fahmeyzan, D., Soraya, S., & Etmy, D. (2018). Uji normalitas data omzet bulanan pelaku ekonomi mikro desa senggigi dengan menggunakan skewness dan kurtosi. Jurnal Varian, 2(1), 31-36.

Fitriani. (2019). The Application of Cooperative Learning Type Group investigation to improve Students' Learning Activities and Learning Outcomes. Conference Series, IOP.

Ghozali, I. (2016). Aplikasi analisis multivariete dengan program IBM SPSS 23.

Hartoto, T. (2016). Model pembelajaran kooperatif tipe group investigation (GI) Meningkatkan aktivitas dan hasil belajar sejarah. HISTORIA: Jurnal Program Studi Pendidikan Sejarah, 4(2), 131-142.

Holisin, I. (2016). Pembelajaran matematika realistik (PMR). Didaktis: Jurnal Pendidikan dan Ilmu Pengetahuan, 7(3).

Kumala, F. N., & Lee, S. C. (2017). Problem Based Learning (Pbl) And Group Investigation On Science Thinking Skill.

Mulyati, S., & Evendi, H. (2020). Pembelajaran matematika melalui media game quizizz untuk meningkatkan hasil belajar matematika SMP. GAUSS: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1), 64-73.

Mutiani, M., Supriatna, N., Abbas, E. W., Rini, T. P. W., & Subiyakto, B. (2021). Technological, pedagogical, content knowledge (TPACK): A discursions in learning innovation on social studies. The Innovation of Social Studies Journal, 2(2), 135-142.

Nadiya, N., Rosdianto, H., & Murdani, E. (2016). Penerapan model pembelajaran group investigation (gi) untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa pada materi gerak lurus kelas x. JIPF (Jurnal Ilmu Pendidikan Fisika), 1(2), 49-51.

Nurhasanah, F., Sumarni, S., & Riyadi, M. (2022). Pengembangan E-Modul Materi Barisan Dan Deret Untuk Memfasilitasi Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis. Sigma: Jurnal Pendidikan Matematika, 14(2), 104-117.

Nurmansyah, U. (2020). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Materi Barisan dan Deret Aritmetika Melalui Pendekatan Saintifik TPACK. JUMLAHKU: Jurnal Matematika Ilmiah STKIP Muhammadiyah Kuningan, 6(2), 195-211.

Pane, A., & Dasopang, M. D. (2017). Belajar dan pembelajaran. Fitrah: Jurnal Kajian Ilmu-Ilmu Keislaman, 3(2), 333-352

Pranata, E. (2016). Implementasi Model Pembelajaran Group Investigation (GI) Berbantuan Alat Peraga Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika. JPMI (Jurnal Pendidikan Matematika Indonesia), 1(1), 34-38.

Rangkuti, A. A. (2017). Statistika inferensial untuk psikologi dan pendidikan. Kencana.

Rizka, M. A., & Maskun, M. (2018). Pengaruh Pelatihan Tata Boga Terhadap Sikap Berwirausaha Warga Belajar di SKB (Sanggar Kegiatan Belajar) Gerung Kabupaten Lombok Barat Tahun 2016. Transformasi: Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan Non Formal Informal, 3(1).

Rusyanti, H. (2014). Pengertian Pembelajaran Matematika. Diakses dari http://www. kajianteori. com/2014/02/pengertian-pembelajaran- matematika. html.

Rosmala, A. (2021). Model-model pembelajaran matematika. Bumi Aksara.

Salsabila, U. H., Habiba, I. S., Amanah, I. L., Istiqomah, N. A., & Difany, S. (2020). Pemanfaatan aplikasi quizizz sebagai media pembelajaran ditengah pandemi pada siswa SMA. Jurnal Ilmiah Ilmu Terapan Universitas Jambi| JIITUJ|, 4(2), 163-173.

Santi, E. S. (2019). Penerapan model group investigation (GI) untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa di kelas tinggi. utile: Jurnal Kependidikan, 5(2), 123-133.

Saraswati, A. M., & Saefudin, A. A. (2017). Penerapan model pembelajaran group investigation dalam pembelajaran matematika pada materi himpunan. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 6(1), 89-99.

Setiawan, M. A. (2017). Belajar dan pembelajaran. Uwais Inspirasi Indonesia. Sintawati, M., & Indriani, F. (2019, December). Pentingnya technological pedagogical content knowledge (TPACK) guru di era revolusi industri 4.0. In Prosiding Seminar Nasional Pagelaran Pendidikan Dasar Nasional (PPDN) 2019 (Vol. 1, No. 1, pp. 417-422).

Soraya, D. (2022). Pengaruh Model Realistic Mathematics Education (Rme) Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Soal Cerita Matematika Siswa Kelas Ii Sd Negeri 03 Pelang (Doctoral dissertation, Universitas Islam Sultan Agung).

Suardi, M. (2018). Belajar & pembelajaran. Deepublish.

Sudiati, S. (2014). Pembelajaran Matematika di sekolah. Online. Tersedia di http://www. srisudiati. namablogku. com/2014/05/pembelajaranmatematika-disekolah. html.

Suhartono, S., & Indramawan, A. (2021). Group Investigation; Konsep dan Implementasi dalam Pembelajaran (Vol. 1). Academia Publication.

Trianto, 2017. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif, Progresif, dan Kontekstual: Konsep, Landasan, dan Implementasinya pada Kurikulum 2013. Jakarta: KENCANA.

Widhiarso, W. (2017). Uji normalitas. Diunduh dari https://repository. ugm. ac. id.

Yam, J. H., & Taufik, R. (2021). Hipotesis Penelitian Kuantitatif. Jurnal Ilmu Administrasi, 3(2), 96-102.

URI

https://repository.bbg.ac.id/handle/1687

Collections

  • Final Year Projects S1 PMAT

Browse

Main Collections Final Year Projects (1023)Books by Lecturers (10)Other Books (512)Internal Proceedings (160)External Proceedings (99)Campus Magazines (27)News Clippings (40)Social Media Clippings (3)Articles by Lecturers (2)Inauguration Speech (5)Research Reports (450)Community Service Reports (424)

© 2025 UBBG Institutional Repository