PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK KELAS XI SMA NEGERI 12 BANDA ACEH
Abstract
Kemampuan berpikir kritis peserta didik masih rendah, hal ini disebabkan oleh peserta didik kurang mampu menganalisis dan menyelesaikan soal yang diberikan oleh pendidik, dan peserta didik cenderung menghafal materi dan rumus dari pada memahami suatu konsep. Selain itu peserta didik merasa kebingungan dan kurang memahami materi yang diajarkan. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu, ‘Apakah penerapan model pembelajaran Discovery Leaning dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik SMA Negeri 12 Banda Aceh kelas Xl IPS pada limit fungsi aljabar. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik melalui penerapan model pembelajaran Discovery Learning pada materi limit fungsi aljabar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, dan teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi, pemberian pretest dan posttest serta angket. Teknik analisis data menggunakan hitung nilai rata-rata uji normalitas, uji homogenitas, uji t satu sampel dan pengambilan hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran Discovery Learning dapat menigkatkan kemampuan berpikir kritis. Hal ini terlihat pada hasil uji paired sampel t tes, hasil uji yang dilakukan pada kelompok eksperimen. Nilai yang diperoleh yaitu, |-7,494| > 2,101 t tabel dan nilai signifikansi (2-tailed), pada tabel. Nilai signifikansi (2-tailed), adalah 0,001 ( p < 0,05 ). Dan nilai yang diperoleh pada kelompok kontrol, yaitu |-7,159| > 2,131 t tabel dan nilai signifikansi (2 tailed) pada tabel. Serta perolehan angket kemampuan berpikir kritis pada kelompok kontrol dan eksperimen yaitu, |44,684| > 2,030 t tabel dan nilai signifikansi (2 tailed) pada tabel. Jadi dapat disimpulan bahwa penerapan model pembelajaran Discovery Learning dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik pada kelompok eksperimen.
Keywords
Discovery Learning, Berpikir Kritis
References
Artanti, F., & Lestari, T. K. (2017). Upaya Meningkatkan Kemandirian Belajar matematika siswa dengan menggunakan model Discovery Learning di man 3 yogyakarta.
Agustina, I. (2019). Pentingnya berpikir kritis dalam pembelajaran matematika di era revolusi industri 4.0. Jurnal Pendidikan Indonesia, 8, 1-9.
Anggriani, B. L. (2019). Pengaruh model discovery learning melalui metode eksperimen terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik SMAN 4 Mataram pada materi gelombang mekanik Tahun Pelajaran 2018/2019 (Doctoral dissertation, UIN Mataram).
Edi, S., & Rosnawati, R. (2021). Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Dalam Pembelajaran Matematika Model Discovery Learning. Jnpm (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika), 5(2), 234-246.
Haeruman, L. D., Rahayu, W., & Ambarwati, L. (2017). Pengaruh model Discovery Learning terhadap peningkatan kemampuan berpikir kritis matematis dan self-confidence ditinjau dari kemampuan awal matematis siswa SMA di Bogor Timur. JPPM (Jurnal Penelitian Dan Pembelajaran Matematika), 10(2).
Hidayat, W., & Sari, V. T. A. (2019). Kemampuan berfikir kritis matematis dan adversity quotient siswa SMP. Jurnal Elemen, 5(2), 242-252.
Hermawan, I. (2019). Metodologi Penelitian Pendidikan (Kualitatif, Kuantitatif dan Mixed Method). Hidayatul Quran.
Ismail, S., & Bempah, H. O. (2018). Analisis kemampuan berpikir kritis matematika mahasiswa jurusan pendidikan matematika pada mata kuliah kalkulus I materi limit fungsi. Jambura Journal of Educational Chemistry, 13(1), 7-13.
Komariah, S., & Lali, A. F. N. (2018). Pengaruh kemampuan berfikir kritis terhadap hasil belajar matematika. JP3M (Jurnal penelitian pendidikan dan pengajaran matematika), 4(2), 53-58
Kurniawati, D., & Ekayanti, A. (2020). Pentingnya berpikir kritis dalam pembelajaran matematika. PeTeKa, 3(2), 107-114.
Lefriandi, N. (2022). Sistem Penyimpanan Arsip Pada Bagian Kesekretariatan Badan Kesbangpol Provinsi Sumatera Selatan (Doctoral dissertation, Politeknik Negeri Sriwijaya).
Nusantari, E., Abdul, A., Damopolii, I., Alghafri, A. S., & Bakkar, S. (2021). Combination of Discovery Learning and Metacognitive knowledge strategy to enhance students' critical thinking skills.
Nugroho, G. N., & Riyanto, O. R. (2019). Mathematical Critical Thinking Ability Reviewed From Self-Efficacy in Discovery Learning. Eduma: Mathematics Education Learning and Teaching, 8(1), 25-32.
Nugrahaeni, A., Redhana, I. W., & Kartawan, I. M. A. (2017). Penerapan model pembelajaran Discovery learning untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar kimia. Jurnal Pendidikan Kimia Indonesia, 1(1), 23-29
Paulalagaresbarreiro. (N.D.). Populationandsample.Samplingtechniques. Mamaeusch, 1-18.
Prasasti, D. E., Koeswanti, H. D., & Giarti, S. (2019). Peningkatan keterampilan berpikir kritis dan hasil belajar matematika melalui model Discovery Learning di kelas IV SD. Jurnal Basicedu, 3(1), 174-179.
Purmadi, A. (2016). Hubungan intensitas belajar terhadap prestasi belajar fisika siswa SMA. Jurnal Teknologi Pendidikan: Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pembelajaran, 1(2), 77-85.
Purnawijaya, F. M. (2019). Pengaruh Disiplin Kerja Dan Fasilitas Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Pada Kedai 27 Di Surabaya. Agora, 7(1).
Rahayu, C., & Festiyed, F. (2019). Validitas perangkat pembelajaran fisika SMA berbasis model pembelajaran generatif dengan pendekatan open-ended problem untuk menstimulus keterampilan berpikir kritis peserta didik. JPF (Jurnal Pendidikan Fisika) Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar, 7(1), 1-6.
Safitri, W. C. D., & Mediatati, N. (2021). Penerapan model discovery learning dalam pembelajaran ipa untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar siswa sekolah dasar. Jurnal Basicedu, 5(3), 1321-1328.
Siagian, Q., Daulay, D., Desdwiansyah, G., Ansyari, H. N., & Lubis, A. H. (2023). Analisis Website Pengelolaan Data Menggunakan E-Sumut Pada Bappeda Sumatera Utara. Jurnal Teknologi Informasi Dan Komunikasi, 14(1), 127-131
Sihombing, S., Silalahi, H. R., Sitinjak, J. R., & Tambunan, H. (2021). Analisis minat dan motivasi belajar, pemahaman konsep dan kreativitas siswa terhadap hasil belajar selama pembelajaran dalam jaringan. Jurnal Pendidikan Matematika:Judika Education, 4(1), 41-55.
Susi Sihombing, H. R. (2021). Analisis Minat Dan Motivasi Belajar, Pemahaman Konsep. JUDIKAN EDUCATION, 41-55.
Siagian, R. E. F. (2015). Pengaruh minat dan kebiasaan belajar siswa terhadap prestasi belajar matematika. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 2(2).
Sumartini, A. T. (2022). Discovery Learning Model Based on Cooperative Learning to Improving . Journal Civic and Social Studies, 1-8.
Sulistiani, E., & Masrukan, M. (2017, February). Pentingnya berpikir kritis dalam pembelajaran matematika untuk menghadapi tantangan MEA. In PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika (pp. 605-612).
Sunaryo, Y. (2014). Model pembelajaran berbasis masalah untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan kreatif matematik siswa sma di kota tasikmalaya. Jurnal pendidikan dan keguruan, 1(2), 209679.
Syahbana, A. (2012). Peningkatan kemampuan berpikir kritis matematis siswa smp melalui pendekatan contextual teaching and learning. Edumatica: Jurnal Pendidikan Matematika.
Toybah, A., Safitri, F., & Khaulah, S. (2023). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Melalui Pembelajaran Pairs Check Pada Materi Limit Fungsi Aljabar. Asimetris: Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains, 4(1), 10-16.
Utami, I. N. (2014). Potensi Sekolah Dalam Mengembangakan Kemitraan Di SMK Muhammadiah 3 Yokyakarta. Isnaniah Nur Utami.
Umam, K. (2018). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa Melalui Pembelajaran Reciprocal Teaching. Jurnal Pendidikan Matematika Indonesia, 3(2), 57-61.
Veronica, A. (2022). 1.2 Apa Itu Penelitian. Metodologi Penelitian Kuantitatif, 2.
Wijaya, H. (2018). Analisis data kualitatif model Spradley (etnografi).
Wedekaningsih, A., Koeswati, H. D., & Giarti, S. (2019). Penerapan model Discovery Learning untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis dan hasil belajar matematika. Jurnal Basicedu, 3(1), 21-26
Watung, A. K. S. (2016). Pengaruh rasio likuiditas, aktivitas, profitabilitas, dan struktur aktiva terhadap struktur modal industri barang konsumsi di Bursa Efek Indonesia. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi, 4(2).