ANALISIS LITERASI MATEMATIS PESERTA DIDIK DITINJAU DARI GAYA KOGNITIF IMPLUSIF PADA KELAS VII MTSN 3 ACEH BESAR
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kemampuan literasi matematis peserta didik dengan gaya kognitif impulsif pada kelas VII MTsN 3 aceh Besar. Metode analisis data digunakan dengan menerapkan model analisis Miles dan Huberman. Data diperoleh melalui tes gaya kognitif, tes literasi matematis PISA, dan wawancara dengan peserta didik. Hasil analisis menunjukkan bahwa peserta didik dengan gaya kognitif impulsif sudah mencoba menyelesaikan soal literasi matematis, meskipun masih terdapat kesalahan. Peserta didik tersebut mampu menyelesaikan soal pada level 3 dan 4 literasi matematis dengan baik. Berbagai saran diberikan berdasarkan hasil penelitian ini. Bagi guru dan pendidik, penelitian ini memberikan wawasan untuk merancang strategi pembelajaran yang lebih efektif. Peserta didik perlu memahami kelebihan dan tantangan yang dimiliki, serta mengembangkan literasi matematis secara optimal. Sekolah dan lembaga pendidikan dapat menggunakan hasil penelitian ini sebagai dasar dalam pengembangan kurikulum dan peningkatan kompetensi guru. Peneliti dan akademisi juga dapat menggunakan temuan ini sebagai referensi dalam penelitian dan pemahaman lebih lanjut. Penelitian ini memberikan kontribusi dalam memahami kemampuan literasi matematis peserta didik dengan gaya kognitif impulsif. Hasil dan saran dari penelitian ini diharapkan dapat meningkatkan hasil belajar matematis dan perkembangan literasi matematis peserta didik dengan gaya kognitif impulsif secara keseluruhan.
Keywords
Literasi Matematis, PISA, Kognitif Implusif
References
Arvyaty, A., Salim, S., & Maryanti, E. (2017). Pengembangan Bahan Ajar Untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Matematis Peserta Didik Dengan Pendekatan Metacognitive Guidance. In Seminar Nasional Pendidikan IPA 2017 (Vol. 2).
Dewantara, I. P. M., & Tantri, A. A. S. (2017). Keefektifan budaya literasi di SD N 3 Banjar Jawa untuk meningkatkan minat baca. Journal of Education Research and Evaluation, 1(4), 204-209.
Dinni, H. N. (2018, February). HOTS (High Order Thinking Skills) dan kaitannya dengan kemampuan literasi matematis. In PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematis (Vol. 1, pp. 170-176).
Fajriyah, E., Mulyono, M., & Asikin, M. (2019). Mathematical literacy ability reviewed from cognitive style of students on double loop problem solving model with RME approach. Unnes Journal of Mathematics Education Research, 8(1), 57-64.
Fridanianti, A., Purwati, H., & Murtianto, Y. H. (2018). Analisis kemampuan berpikir kritis dalam menyelesaikan soal aljabar kelas VII SMP N 2 Pangkah ditinjau dari gaya kognitif reflektif dan kognitif impulsif. Aksioma: Jurnal Matematis dan Pendidikan Matematis, 9(1), 11-20.
Hawa, A. M., & Putra, L. V. (2018). PISA untuk Peserta Didik Indonesia. Janacitta, 1(1).
Herliania, E. F., & Wardono, W. (2019, February). Perlunya kemampuan Literasi Matematis ditinjau dari Gaya Kognitif dalam pembelajaran Realistic Mathematics Education (RME). In PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematis (Vol. 2, pp. 234-238).
Heru, R. E. Y., & Nery, R. S. (2020). Jurnal Math Educator Nusantara (JMEN).
Hidayati, V. R., Wulandari, N. P., Maulyda, M. A., Erfan, M., & Rosyidah, A. N. K. (2020). Literasi matematis calon guru sekolah dasar dalam menyelesaikan masalah PISA konten shape and space. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematis Inovatif), 3(3), 185-194.
Jaeng, M. (2016). Pendidikan karakter melalui pendidikan matematis. Aksioma, 5(3), 13-25.
Kenedi, A. K. (2018). Literasi Matematis dalam pembelajaran berbasis masalah.
Komariyah, S., & Laili, A. F. N. (2018). Pengaruh kemampuan berpikir kritis terhadap hasil belajar matematis. JP3M (Jurnal Penelitian Pendidikan dan Pengajaran Matematis), 4(2), 53-58.
Kurniati, A. (2015). Mengenalkan matematis terintegrasi islam kepada anak sejak dini. Suska Journal of Mathematics Education, 1(1), 1-8.
Mansur, N. (2018, February). Melatih literasi matematis Peserta Didik dengan soal PISA. In Prisma, Prosiding Seminar Nasional Matematis (Vol. 1, pp. 140-144).
Nasriadi, A. (2019). Profil pemecahan masalah matematis Peserta Didik smp ditinjau dari gaya kognitif reflektif dan impulsif. Maju, 2(2), 269962.
Noor, T. (2018). rumusan tujuan pendidikan nasional pasal 3 undang-undang sistem pendidikan nasional No 20 Tahun 2003. Wahana Karya Ilmiah Pendidikan, 3(01).
Novita, R., & Hartono, Y. (2012). Exploring Primary Student's Problem-Solving Ability by Doing Tasks Like PISA's Question. Indonesian Mathematical Society Journal on Mathematics Education, 3(2), 133-150.
Purnomo, P., & Palupi, M. S. (2016). Pengembangan tes hasil belajar matematis materi menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan waktu, jarak dan kecepatan untuk Peserta Didik kelas V. Jurnal Penelitian, 20(2).
Raco, D. J. ME., M. Sc.(2010). Metode Penelitian Kualitatif.
Rahmatina, S., Sumarmo, U., & Johar, R. (2014). Tingkat berpikir kreatif Peserta Didik dalam menyelesaikan masalah matematis berdasarkan gaya kognitif reflektif dan impulsif. Jurnal Didaktik Matematis, 1(1).
Rismen, S., Juwita, R., & Devinda, U. (2020). Analisis kemampuan pemecahan masalah matematis Peserta Didik ditinjau dari gaya kognitif impulsif. Jurnal Gantang, 5(1), 61-68.
Rismen, S., Putri, W., & Jufri, L. H. (2022). Kemampuan Literasi Matematis Ditinjau dari Gaya Belajar. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematis, 6(1), 348-364.
Setiawan, H., Dafik, N. D. S. L., & Lestari, N. D. S. (2014, November). Soal matematis dalam PISA kaitannya dengan literasi matematis dan keterampilan berpikir tingkat tinggi. In Prosiding seminar nasional matematis, universitas Jember.
Sugawara, E., & Nikaido, H. (2014). Properties of AdeABC and AdeIJK efflux systems of Acinetobacter baumannii compared with those of the AcrABTolC system of Escherichia coli. Antimicrobial agents and chemotherapy, 58(12), 7250-7257.
Surayya, R. (2018). Pendekatan kualitatif dalam penelitian kesehatan. AVERROUS: Jurnal Kedokteran dan Kesehatan Malikussaleh, 1(2), 75-83.
Vandini, I. (2016). Peran kepercayaan diri terhadap prestasi belajar matematis Peserta Didik. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 5(3).
Zulfah, Z. (2019). Analisis Kemampuan Peserta Didik Smp di Bangkinang Melalui Penyelesaian Soal Pisa 2015. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematis, 3(2), 350-362.