UBBG Institutional Repository
  • Browse
    • Final Year Projects
    • Books by Lecturers
    • Other Books
    • Internal Proceedings
    • External Proceedings
    • Campus Magazines
    • News Clippings
    • Social Media Clippings
    • Articles by Lecturers
    • Inauguration Speech
    • Research Reports
    • Community Service Reports
  • Prodi Index
  • Year Index
  • Our Library
  • OPAC
  • Policies
  •   Advanced Search

Advanced Search

How to cite  

Nirwana, R. (2023). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN PADA MATERI PENGAMALAN NILAI NILAI PANCASILA BERBENTUK KINCIR PANCASILA UNTUK KELAS V SDN ALUR LINCI (Undergraduate thesis, Universitas Bina Bangsa Getsempena). Retrieved from https://repository.bbg.ac.id/handle/1666.
Nirwana, Ririn. “PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN PADA MATERI PENGAMALAN NILAI NILAI PANCASILA BERBENTUK KINCIR PANCASILA UNTUK KELAS V SDN ALUR LINCI.” Undergraduate thesis, Universitas Bina Bangsa Getsempena, 2023, https://repository.bbg.ac.id/handle/1666.

PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN PADA MATERI PENGAMALAN NILAI NILAI PANCASILA BERBENTUK KINCIR PANCASILA UNTUK KELAS V SDN ALUR LINCI

Thumbnail

View/Open

F0819033W.pdf (779 KB)

Issue Year

2023

Author(s):

Ririn Nirwana

Abstract

Pengembangan media pembelajaran berbentuk kincir pancasila merupakan pembelajaran yang dapat membantu mahasiswa belajar dan dirancang secara menarik baik dari segi bentuk maupun konten pembelajaran sehingga pembelajaran tidak monoton yang berdampak pada peningkatan hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media pembelajaran berbentuk kincir pancasila yang layak untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Model pengembangan penelitian ini menggunakan Research and Development R&D. Metode R&D adalah penelitian yang digunakan untuk menghasilakan produk tertentu dan menguji keefektifan produk tersebut. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, kuesioner (angket) dan test. Instumen penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar angket meliputi lembar angket validasi (ahli media), lembar angket validasi (ahli materi) dan soal test. Adapun teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik kevalidan, kepraktisan dan efektifitas. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh validasi ahli media 78% validasi ahli materi 72% validasi instrumen angket respon siswa 86%. Analisis hasil data kemampuan meningkatkan hasil belajar ini dilakukan terhadap 9 responden yaitu analisis pre test (kemampuan awal) 54,4 dan analisis post test (kemampuan akhir) 81,6 dengan demikian produk yang dikembangkan layak untuk digunakan. Secara umum dapat disimpulkan pengembangan media pembelajaran pada materi pengamalan nilai-nilai pancasila berbentuk kincir pancasila layak digunakan. Kata kunci: pengembangan, media pembelajaran, ppkn, kincir pancasila


Keywords

pengembangan, media pembelajaran, ppkn, kincir pancasila

References

Achadi, M. W. (2020). Pancasila Sebagai Falsafah Negara Indonesia.

Aqib. 2013. Model Model, Media, dan strategi Pembelajaran Kontekstual (INOVATIF).

Arikunto. 2009. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta:Bumi Aksara

Arsyad, Azhar. 2011. Media Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Pustaka.

A'yun, N. Q. (2022). Pengaruh kepemimpinan kepala sekolah terhadap kinerja guru di sekolah. Journal of Islamic Education and Innovation, 86-96.

Bukune, R. (2010). Undang-Undang Dasar 1945 dan perubahannya.

Darmadi, H. (2020). Apa mengapa bagaimana pembelajaran pendidikan moral pancasila dan pendidikan pancasila dan kewarganegaraan (PPKn): konsep dasar strategi memahami ideologi pancasila dan karakter bangsa. An1mage.

Daryanto. 2010. Media Pembelajaran. Yogyakarta: Gava Media Yogyakarta

Depdiknas, U. U. R. I. N., & No, R. I. (2003). Tahun 2003 tentang sistem pendidikan nasional. Jakarta: depdiknas.

Irmawati, F, Oktaviana. (2016). Pengembangan bahan ajar pengetahuan lingkungan berbasis web untuk meningkatkan motivasi mahasiswa IKIP Budi Utomo Malang. Florea: Jurnal Biologi dan Pembelajarannya, 3(1), 12-20.

Munadi, Y. (2013). Media Pembelajaran Sebuah Pendekatan Baru. Jakarta : GP Press Group.

Nurfadhillah, S. (2021). Media Pembelajaran di Jenjang SD. CV Jejak (Jejak Publisher).

Nurgiansah, T. H. (2020). Filsafat Pendidikan. CV Pena Persada.

Octavyanti, N. P. L., & Wulandari, I. G. A. A. (2021). Pengembangan Video Pembelajaran Berbasis Pendekatan Kontekstual Pada Mata Pelajaran Matematika Kelas IV SD. Jurnal Edutech Undiksha, 9(1).

Prastowo, A. (2018). Perubahan Kurikulum Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan SD/MI Di Indonesia: Dari Ktsp Menuju Kurikulum 2013. Tarbiyah Al-Awlad: Jurnal Kependidikan Islam Tingkat Dasar, 8(1), 36-52.

Rahma, F. I. (2019). Media Pembelajaran (kajian terhadap langkah-langkah pemilihan media dan implementasinya dalam pembelajaran bagi anak Sekolah Dasar). Jurnal Studi Islam: Pancawahana, 14(2), 87-99.

Rahman, A., & Sari, A. P. (2022). EDUKATIF: JURNAL ILMU PENDIDIKAN.

Rianto, A. (2006). Pengamalan/Aplikasi Nilai-Nilai Pancasila Dalam Aspek Pengelolaan Lingkungan Hidup. Jurnal Yustisia, 9(6), 1-6.

Rosyid, M. Z., Sa'diyah, H., & Septiana, N. (2021). Ragam media pembelajaran. CV Literasi Nusantara Abadi.

Sadiman, Arief S. dkk. 2009. Media Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo Persada

Sanaky, H. A. (2013) Media pembelajaran interaktif-inovatif. Yogyakarta: Kaukaba Dipantara.

Sanaky, Hujair. (2009) Media Pembelajaran. Yogyakarta: Safaria Insania Press).

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sulfemi, W. B. (2019). Kemampuan pedagogik guru.

Ahmad Rivai & Nana Sudjana. (2013). Media Pengajaran (Penggunaan dan Pembuatannya). Bandung: Sinar Baru Algensindo.

Suprapta, G., Adiarta, A., & Santiyadnya, N. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Multimeter Berbasis CD Interaktif Pada Mata Pelajaran Dasar Listrik dan Elektronika di SMK Negeri 3 Singaraja. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro Undiksha, 7(2), 62-70.

Wahidin, S. (2015). Dasar-dasar Pendidikan Pancasiladan Pendidikan Kewarganegaraan. Pustaka Pelajar.

Wismaya, E. J. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Tiga Dimensi (Miniatur Kincir Air Pembangkit Listrik) untuk Materi Kelas IV Tema 2 Selalu Berhemat Energi. Basic education, 7(31), 3-096.

63

URI

https://repository.bbg.ac.id/handle/1666

Collections

  • Final Year Projects S1 PGSD

Browse

Main Collections Final Year Projects (1023)Books by Lecturers (10)Other Books (512)Internal Proceedings (160)External Proceedings (99)Campus Magazines (27)News Clippings (40)Social Media Clippings (3)Articles by Lecturers (2)Inauguration Speech (5)Research Reports (450)Community Service Reports (424)

© 2025 UBBG Institutional Repository