PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI FUNGSI DENGAN MENGGUNAKAN APLIKASI PHOTOMATH DI KELAS X SMA NEGERI 1 MONTASIK ACEH BESAR
Abstract
Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) saat ini merupakan alat yang berperan penting dalam dunia pendidikan, khususnya dalam pembelajaran matematika. Pembelajaran matematika menggunakan aplikasi berbasis android dapat mempermudah dalam pembelajaran matematika, salah satu aplikasi yang dapat digunakan adalah photomath. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa setelah penggunaan aplikasi Photomath pada materi fungsi di kelas X SMA Negeri 1 Montasik Aceh Besar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain pra eksperimen. Populasi penelitian seluruh siswa kelas X berjumlah 69 orang, sampel dipilih secara acak yaitu kelas X-2 berjumlah 27 orang. Pengumpulan data dilakukan melalui tes, data yang terkumpul dianalisis menggunakan uji statistik (uji-t). Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan aplikasi Photomath dapat meningkatkan hasil belajar siswa yang ditunjukkan dengan peningkatan nilai rata-rata pree test yaitu 44,83 meningkat menjadi 75,67 pada post test yang diperkuat dengan hasil uji hipotesis yaitu thitung > ttabel (4,46 >1,67) sehingga Ha diterima. Penelitian ini menyimpulkan bahwa penggunaan aplikasi Photomath pada materi fungsi dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas X SMA Negeri 1 Montasik Aceh Besar.
Keywords
Hasil belajar, aplikasi photomath
References
Agustiningsih. 2015. “Video” Sebagai Alternatif Media Pembelajaran Dalam Rangka Mendukung Keberhasilan Penerapan Kurikulum 2013 Di Sekolah Dasar. Jurnal Dosen Program Studi PGSD FKIP Universitas Jember Vol. 4/No. 1 tahun 2015.
Alfi Maulani, dkk. 2021. Pembelajaran Operasi dan Bentuk Aljabar Matematika dengan Photomath di SMP Negeri 1 Teras. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat (JPKM)-Aphelion. Vol 2, No 1 (2021).
Arikunto. 2014. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik, Jakarta: Rineka Cipta.
Assabiq YA dan Salma Almira WP. 2020. Eksistensi Aplikasi Photomath dalam Pembelajaran Matematika pada Siswa Sekolah Menengah Atas (SMA). Prosiding Seminar Pendidikan Matematika dan Matematika. Vol 2 (2020).
Astriany, Nur. Meningkatkan Hasil Belajar IPA Melalui Penggunaan Mind Map Siswa Kelas IV Sekolah Dasar Bekasi Utara, Jurnal Pancar Dasar. Vol. 6 Edisi 1, 2016.
Bambang Wrsita, 2013. Perkembangan Definisi dan Kawasan Teknologi Pembelajaran serta Perannya dalam Pemecahan Masalah Pembelajaran, Jurnal KWANGSAN Vol. 1 - Nomor 2, Desember 2013.
Dimyati dan Mudjiono. 2013. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.
Emzir, 2013. Metodologi Penelitian Pendidikan. Depok: Raja Grafindo.
Erman Suherman, dkk. 2010. Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer. Bandung: JICA Universitas Pendidikan Indonesia.
Fajriyah, Euis. 2018. Peran Etnomatematika Terkait Konsep Matematika dalam Mendukung Literasi. PRISMA Vol. 1, No. 1. (2018).
Fitri, Rahman. 2014. Penerapan Strategi The Firing Line pada Pembelajaran Matematika Siswa Kelas XI IPS SMA Negeri 1 Batiputih, Kolaka: Jurnal Pendidikan matematika UNP Vol. 3. No. 1, 2014.
Hamzah B. Uno, M. 2014. Teori Motivasi dan Pengukurannya. Jakarta: Bumi Aksara.
Hamzah, Ali dan Muhlisrarini. 2014. Perencanaan dan Strategi Pembelajaran. Matematika. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Handayani, Shinta Dewi dan Solihah, Ai. 2022. Pemanfaatan Aplikasi PhotoMath dan Aplikasi YHomework pada Pembelajaran Matematika. Jurnal Kapas: Kumpulan Artikel Pengabdian Masyarakat. Vol 1, No 1 (2022).
Idris, Harta. 2012. Matematika Bermakna. Surakarta: Mediatama.
Ikram Piddin. 2017. Analisis Kesulitan Belajar Matematika pada Mata Kuliah Kalkulus Lanjut Mahasiswa Angkatan 2014 Program Studi Tadris Matematika Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan IAIN Palopo. Skripsi. Palopo: Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palopo.
Jamil. 2016. Strategi Pembelajaran. Jogjakarta: Ar-Ruzz.
Jupri, A. 2017. Pendidikan Matematika Realistik: Sejarah, Teori, dan Implementasinya. Bunga Rampai kajian Pendidikan Dasar: Umum, Matematika, Bahasa, Sosial, dan Sains. Bandung: UPI Press.
Kemendikbud. 2013. Permendikbud No.54 tentang Standar Kompetensi Lulusan. Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: Kemendikbud.
Kemendikbud. 2014. Konsep dan Implementasi Kurikulum 2013. Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.
Muhibbin Syah. 2014. Psikologi Belajar. Edisi Terbaru. Jakarta: Bumi Aksara.
Murtiyasa, B. 2012. Pemanfaatan Teknologi Informatika dan Komunikasi untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Matematika. Surakarta: FKIP Universitas Muhammadiyah Surakarta.
Purwanto. 2011. Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Ruseffendi. 2011. Pengantar Kepada Membantu Guru Mengembangkan Kompetensinya dalam Pengajaran Matematika. Bandung: Tarsito.
Sardiman, Arief S dkk. 2011. Media Pendidikan: Pengertian, Pengembangan dan. Pemanfaatannya. Jakarta: Raja Grafindo.
Sanjaya, Wina. 2013. Perencanaan dan Desain Sistem Pembelajaran. Jakarta: Kencana.
Sari, Ika Ratna. 2019. Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Teori Apos pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar Konteks Rumah Adat Joglo Jawa Tengah. Skripsi. Medan: UMSU.
Sembiring dan Situmorang, 2010. Data Penelitian; Menggunakan Program SPSS. Medan: USU.
Sudjana. 2012. Metode Statistika. Cetakan Terbaru. Bandung: Tarsito.
Sudjana, Nana dan Rivai, Ahmad. 2013. Media Pengajaran. Bandung: Sinar Baru.
Sugihartono, dkk, 2012. Psikologi Pendidikan. Yogyakarta: UNY Pers.
Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Kombinasi (Mix Methods). Bandung: Alfabeta.
Susanto, Ahmad. 2013. Teori Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Kencana.
Syaiful Sagala. 2011, Konsep dan Makna Pembelajaran, Bandung: Alfabeta.