HUBUNGAN TINGKAT MOTIVASI BELAJAR TERHADAP PRAKTIK MANAJEMEN WAKTU PADA MAHASISWA UNIVESITAS ALBUYATAMA TAHUN 2022
Abstract
Banyak hal yang mempengaruhi pencapaian prestasi belajar seorang mahasiswa, antara lain adalah kualitas mahasiswa yang diterima oleh suatu instansi pendidikan. Manajemen waktu bukanlah salah faktor untuk meningkatkan prestasi belajar, faktor bakat, minat, motivasi, aspek kognitif dan yang lainnya juga ikut menentukan pencapaian prestasi belajar selain. beberapa fakta, ditemukan bahwa mereka yang memiliki prestasi yang baik mempunyai kecenderungan untuk mengelola waktu yang dimiliki dengan baik pula. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan tingkat motivasi belajar terhadap praktik manajemen waktu pada mahasiswa Univesitas Albuyatama. Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif dengan desain analitik dengan pendekatan Cross Sectional.Waktu pelaksanaan penelitian ini dilakukan pada tanggal 8 Juli 2022. Populasinya adalah 192 mahasiswa Univesitas Albuyatama, dengan metode pengambilan sampel yaitu besaran sampel ditentukan dengan meggunakan rumus slovin jumlah sampel 66 responden dengan tehnik pengambilan sampel menggunakan accidental sampling. Analisa univariat motivasi belajar mahasiswa sebagian besar berada pada kategori baik (52,5%) 34 responden dan pada kategori kurang baik (47,7%) 31 responden, sedangkan manajemen sebagian besar berada pada kategori baik (52,5%) 34 responden dan pada kategori kurang baik (47,7%) 31 responden. Analisis bivariat data dalam penelitian ini menggunakan uji chi square., hasil analisis data hubungan motivasi belajar dengan manajemen waktu dengan nilai p value 0, 002< 0,05, yang bearti terdapat pengaruh yang signifikan motivasi belajar dengan manajemen waktu. Kesimpulan penelitian ini adalah ada hubungan motivasi belajara terhadap praktik manajemen waktu.
Keywords
Kata Kunci: motivasi belajar, manajemen waktu Daftar Pustaka : 6 Buku (2016 s/d 2021) + 5 Jurnal (2018 s/d 2021)
References
Armyati. (2018). Perbedaan Motivasi Belajar Mahasiswa Diii Keperawatan Yang Studi Karena Keinginan Sendiri Dengan Studi Karena Keinginan Orangtua. Universitas Muhammadiyah Ponorogo.
Amir. (2019). Pengaruh Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Akademik Mahasiswa D3 Keperawatan Akper Kaltara Tarakan Semester V Tahun 2018. Jurnal Ilmiah Kesehatan Pencerah. Volume 08. No 2
Bahra dan Setiawan. (2019). Hubungan Antara Manajemen Waktu Dengan Prestasi Belajar Mahasiswa Akademi Keperawatan Rspad Gatot Soebroto Jakarta. Journal Educational Of Nursing (Jen) Vol.2. No.2
Bawani. (2016). Psikologis Belajar Dan Mengajar. Nizamia Learning Center : Sidoarjo
Hidayanto. (2019). Manajemen Waktu Fisiologi Teori Implementasi. . Pt Raja Grafindo Persada: Depok.
Masturoh & Anggita. (2018). Metodelogi Penelitian Kesehatan. Kementrian Kesehatan Republik Indonesia.
Nurdin & Hartati. (2019). Buku Metodelogi Penelitian Sosial. Media Sahabat Cendekia. Surabaya.
Nurjan. (2016). Psikologi Belajar. CV. Wade Group : Ponogoro
Siyanto, Sodik. (2015). Dasar metodelogi penelitian. Literasi Media Publishing. Yogyakarta
Sani, Fandizal & Astuti. (2020). Hubungan Dukungan Sosial Orang Tua Dengan Motivasi Belajar Mahasiswa Keperawatan. Jurnal Keperawatan Widya Gantari Indonesia Vol.4. No.2.
Suharni & Purwanti. (2018). Upaya Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. Jurnal Bimbingan Dan Konseling. Vol. 3. No. 1.
Suralaga. (2021). Psikologi Pendidikan Implementasi Dalam Pembelajaran. Pt Raja Grafindo Persada: Depok