UBBG Institutional Repository
  • Browse
    • Final Year Projects
    • Books by Lecturers
    • Other Books
    • Internal Proceedings
    • External Proceedings
    • Campus Magazines
    • News Clippings
    • Social Media Clippings
    • Articles by Lecturers
    • Inauguration Speech
    • Research Reports
    • Community Service Reports
  • Prodi Index
  • Year Index
  • Our Library
  • OPAC
  • Policies
  •   Advanced Search

Advanced Search

How to cite  

Arisma, R. (2023). PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS TEKS ANEKDOT MELALUI METODE DISCOVERY LEARNING PADA SISWA KELAS X SMA NEGERI 11 ACEH BARAT DAYA (Undergraduate thesis, Universitas Bina Bangsa Getsempena). Retrieved from https://repository.bbg.ac.id/handle/1625.
Arisma, Rika. “PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS TEKS ANEKDOT MELALUI METODE DISCOVERY LEARNING PADA SISWA KELAS X SMA NEGERI 11 ACEH BARAT DAYA.” Undergraduate thesis, Universitas Bina Bangsa Getsempena, 2023, https://repository.bbg.ac.id/handle/1625.

PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS TEKS ANEKDOT MELALUI METODE DISCOVERY LEARNING PADA SISWA KELAS X SMA NEGERI 11 ACEH BARAT DAYA

Thumbnail

View/Open

F0118024W.pdf (677 KB)

Issue Year

2023

Author(s):

Rika Arisma

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil menulis teks anekdot siswa kelas X SMA Negeri 11 Aceh Barat Daya dengan menggunakan metode pembelajaran discovery learning. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian tindakan kelas (PTK). Subjek penelitian adalah siswa kelas X IPS dengan jumlah sebanyak 32 siswa. Teknik pengumpulan menggunakan teknik observasi, tes dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian dapat dilihat kualitas pembelajaran menulis teks anekdot meningkat dengan menggunakan metode pembelajaran discovery learning. Hal ini terlihat dari skor rata-rata menulis anekdot sebelum diberi tindakan adalah 64,53, setelah diberi tindakan pada akhir siklus I skor rata-rata menjadi 75,58. Skor rata-rata menulis teks anekdot pada akhir siklus II yaitu 85,00. Hal tersebut menunjukkan adanya peningkatan sebesar 20,47 persen. Secara keseluruhan pada akhir siklus II ini semua aspek dan kriteria menulis anekdot mengalami peningkatan yang cukup meningkat. Metode pembelajaran discovery learning berdampak baik pada proses pembalajaran menulis teks anekdot, hal itu dapat dilihat dari meningkatnya hasil nilai rata-rata siswa dari siklus I hingga siklus II. Kata Kunci: Discovery Learning, Teks Anekdot, Kemampuan Menulis


Keywords

Discovery Learning, Teks Anekdot, Kemampuan Menulis

References

DAFTAR PUSTAKA

Alwasilah, A. Chaedar dan Senny Suzanna Alwasilah. 2008. Pokoknya Menulis. Bandung: Kiblat.

Arikunto, S. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta. Rineka Cipta.

Asmani, Jamal Ma‘mur. 2011. Buku Panduan Internalisasi Pendidikan Karakter di Sekolah. DIVA Press: Yogyakarta

Baharuddin & Esa Nur Wahyuni, 2015. Teori Belajar dan Pembelajaran. Yogyakarta: Ar-Ruzz Medi.

Dana Jaya, Utomo, 2001. Media Pembelajaran Aktif. Bandung: Nuansa.

Ilahi, Mohammad Takdir. 2012.Pembelajaran Discovery Strategy & Mental Vocational Skill Jogjakarta: DIVA press

Iskandarwassid, Dadang Suhendar. 2013. Strategi Pembelajaran Bahasa. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Kartika Sari, Hubungan Antara Keterampilan Menyimak Wawancara Dan Keterampilan Menulis Hasil Wawancara Kelas VIII Sekolah Menengah Pertama Negeri 10 Tanjungpinang, Article E-Journal, (Tanjung pinang: Universitas Maritim Raja Ali Haji, 2016)

Moleong, Lexy J. 2005. Metodologi Penelitian Kulitatif. Bandung: Remaja Rosdakary./,,hxsaS55

M. Subana. 2011. Strategi Belajar Mengajar Bahasa Indonesia. Bandung: Pustaka Setia.

Nurjamal, Daeng. 2016. Terampil Berbahasa. Bandung: Alfabet.

Nurhadi. 2008. Bagaimana Meningkatkan Kemampuan Membaca? Bandung: Sinar Baru Algesindo.

Oemar Hamalik. 2003. Kurikulum Dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.

Pardiyono, Peningkatan Kterampilan Menulis Teks Anekdot Bermuatan Kesantunan Berbahasa Menggunakan Model Pembelajaran yang Berbeda-beda pada Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Grobongan. Article E-Journal, (Makasar: Universitas Hasannudin, 2017)

Sudjana, Nana. 2015. Cara Belajar Siswa Aktif dalam Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algesindo.

Sunendar Reni. 2009. Peningkatan Keterampilan Menulis Narasi dengan Media Kartun Benny & Mice pada Siswa Kelas XB SMAN 1 Piyungan Bantul‖. Skripsi S1. Yogyakarta: Jurusan Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FBS UNY.

Wahyu, Sutama. 2017. Metode Penelitian Pendidikan. Surakarta: Penerbit Setiaji

Tabrni, Roni. 2007. Melejit Potensi Mengasah Kreativitas Menulis Artikel. Bandung: Nuansa.

Tarigan, H.G. 2008. Menulis Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.

Wachidah, Siti. 2004. Pembelajaran Teks Anekdot. Jakarta: Departemen Penddidikan Nasional Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Direktorat Pendidikan Lanjut Pertama.

Wibowo, D. 2014. Prodedur Penelitian dan Manajemen Perbaikan Gizi Masyarakat. Jakarta: Duta Prima Airlangga.

URI

https://repository.bbg.ac.id/handle/1625

Collections

  • Final Year Projects S1 PENBI

Browse

Main Collections Final Year Projects (1023)Books by Lecturers (10)Other Books (512)Internal Proceedings (160)External Proceedings (99)Campus Magazines (27)News Clippings (40)Social Media Clippings (3)Articles by Lecturers (2)Inauguration Speech (5)Research Reports (450)Community Service Reports (424)

© 2025 UBBG Institutional Repository