PENINGKATAN KEMAMPUAN MENGANALISIS STRUKTUR DAN KEBAHASAAN TEKS EDITORIAL DENGAN MENGGUNAKAN METODE DRILL PADA SISWA XII IPS 1 SMA NEGERI 5 BANDA ACEH
Abstract
Permasalahan yang terjadi di dalam kelas XII IPS 1 SMA Negeri 5 Banda Aceh bahwa pembelajaran menganalisis struktur dan kebahsaaan teks editorial masih dilakukan dari buku sumber yang tersedia di sekolah dan hanya dapat dipahami oleh beberapa siswa sehingga belum bisa mengatasi kesulitan dalam pembelajaran menganalisis teks editorial. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pelaksanaan dan keberhasilan penerapan metode drill dalam meningkatkan kemampuan menganalisis struktur dan kebahasaan teks editorial siswa kelas XII IPS 1 SMA Negeri 5 Banda Aceh. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian sebanyak 27 siswa, data dikumpulkan melalui teknik tes, observasi dan dokumentasi. Data yang terkumpul dianalisis dengan menggunakan rumus persentase dideskripsikan dengan kalimat-kalimat sederhana untuk menjabarkan hasil penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Terjadi peningkatan kemampuan menganalisis struktur dan kebahasaan teks editorial siswa yang ditunjukkan oleh peningkatan nilai rata-rata pra siklus sebesar 63,37 meningkat menjadi 75,26 pada siklus I dan pada siklus II menjadi 86,04. Selain nilai rata-rata ketuntasan secara klasikal juga mengalami peningkatan yaitu pra siklus sebanyak 29,63%, meningkat menjadi 59,26% pada siklus I dan pada siklus II menjadi 85,19% sekaligus mencapai indikator keberhasilan yang ditetapkan. (2) Aktivitas siswa dalam pembelajaran menggunakan metode drill pada siklus I dalam pembelajaran menganalisis struktur dan kebahasaan teks editorial menggunakan metode drill tergolong cukup dengan skor 65,38. Setelah melalui berbagai upaya perbaikan, aktivitas siswa pada siklus II meningkat menjadi sangat baik dengan skor 94,23. Hal ini menunjukkan bahwa metode drill dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam menganalisis struktur dan kebahasaan teks editorial serta meningkatkan aktivitas siswa dalam pembelajaran teks editorial menggunakan metode drill pada siswa kelas XII IPS 1 SMA Negeri 5 Banda Aceh.
Keywords
Struktur, kebahasaan, teks editorial, metode drill
References
Abas, Saleh. 2014. Pembelajaran Bahasa Indonesia yang Aktif di Sekolah Dasar, Jakarta: Depdiknas.
Abidin, Yunus. 2015. Strategi Membaca Teori dan Pembelajaranya. Bandung: Risqi Press.
Ahmad, Susanto. 2013. Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Alma. Buchari, dkk. 2015. Pembelajaran Studi Sosial. Bandung: Alfabeta.
Arikunto, Suharsimi, dkk. 2014. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.
Arikunto. 2015. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik, Jakarta: Rineka Cipta.
Budiono. 2018. Efektivitas Metode Drill untuk Meningkatkan Pemahaman Menulis Huruf Hijaiyyah Braille Melalui Papan Reglet pada Siswa Tunanetra Kelas 2. Jurnal Inovasi Pendidikan. Volume 2, Nomor 2, Desember 2018.
Ariyatni, Ni Made. 2018. Penerapan Metode Drill dalam Upaya Meningkatkan Kemampuan Memproduksi Teks Eksposisi Peserta Didik Kelas X Mipa 4 Sma Negeri 7 Denpasar Tahun Pelajaran 2017/2018. STILITIKA: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Seni. VOL. 7 NO. 1. 2018.
Fathurrohman, P dan Sobry Sutikno. 2016. Strategi Belajar Mengajar Melalui Penanaman Konsep Umun & Konsep Islami. Bandung: Refika Aditama.
Firmansyah, Dani dan Rahayu. 2018. Pengaruh Strategi Pembelajaran Dan Minat Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika. Jurnal pendidikan unsika. Volume 3 (1) Tahun 2018.
Hamdani dkk. 2014. Peningkatan Kemampuan Menulis Naskah Pidato Dengan Metode Drill And Practice Pada Siswa Kelas VI SDN No.20 Tunggul Boyok. JPPK: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran. Vol 3, No 1. 2014.
Heryadi, Dedi. 2014. Metode Penelitian Pendidikan Bahasa. Bandung: Pusbill.
Hidayah, Nurul Aulia dkk. 2019. Penerapan Metode Drill dalam Pembelajaran Menulis Teks Editorial. Parole. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia) Volume 2 Nomor 5, September 2019.
Kosasih, E. 2014. Strategi Belajar dan Pembelajaran Implementasi Kurikulum 2013. Bandung: Yrama Widya.
Majid, Abdul. 2015. Strategi Pembelajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Moedjiono dan Hasibuan, J.J. 2015. Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja. Rosdakarya.
Nuha, Ulin. 2016. Ragam Metodologi& Media Pembelajaran Bahasa Arab. Yogyakarta: DIVA Press.
Rahim, Farida. 2014. Pengajaran Membaca di Sekolah Dasar (Edisi Kedua), Jakarta: Bumi Aksara.
Retnoningsih, Ana dan Suharso. 2012. Kamus Besar Bahasa Indonesia, Semarang: Widya Karya.
Roestiyah. 2016. Strategi Belajar Mengajar. Cet. Terbaru. Jakarta: Rineka Cipta.
Sabri, Ahmad. 2016. Strategi Belajar Mengajar Micro Teaching. Jakarta: Quantum.
Sagala, Syaiful. 2014. Konsep dan Makna Pembelajaran, Bandung: Alfabeta.
Sakila. 2018. Penerapan Metode Latihan (Drill) dalam Pembelajaran Menulis Resensi Buku Pengetahuan. Jurnal Sirok Bastra. Vol 6, No 1. 2018.
Sanjaya, Ade. 2017. Model-model Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.
Sardiman, AM. 2017. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Sudijono, Anas. 2014, Pengantar Statistik Pendidikan, Jakarta: Raja Grafindo. Persada.
Sugiono, 2014. Belajar dan Pembelajaran. Kediri: Universitas Nusantara Kediri.
Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Kombinasi (Mix Methods). Bandung: Alfabeta.
Suherman, Erman dkk. 2015. Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Suherman. 2014. Penerapan Model Cooperative Learning Teknik Jigsaw untuk Memningkatkan Pemahaman Siswa dalam Pembelajaran IPS pada Materi Perkembangan Teknologi dan Transportasi. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia.
Sumadiria, H.A.S. 2015. Jurnalistik Indonesia Menulis Berita Dan Feature,. Panduan Praktis Jurnalis Profesional. Jakarta: Simbiosa Rekatama Media.
Syharsono dan Ana Retnoningsih, 2015. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Cet. Ke-2. Semarang: Widya Karya.
Uno, Hamzah B dan Nurdin Muhammad, 2014. Belajar dengan Pendekatan PAILKEM Jakarta: Bumi Aksara.
Uno, Hamzah B. 2014. Model Pembelajaran: Menciptakan Proses Belajar Mengajar yang Kreatif dan Efektif, Jakarta: Bumi Aksara