UBBG Institutional Repository
  • Browse
    • Final Year Projects
    • Books by Lecturers
    • Other Books
    • Internal Proceedings
    • External Proceedings
    • Campus Magazines
    • News Clippings
    • Social Media Clippings
    • Articles by Lecturers
    • Inauguration Speech
    • Research Reports
    • Community Service Reports
  • Prodi Index
  • Year Index
  • Our Library
  • OPAC
  • Policies
  •   Advanced Search

Advanced Search

How to cite  

Reza, M. (2023). EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA FILM PENDEK TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS CERITA PENDEK DI KELAS XI SMA NEGERI 1 KRUENG BARONA JAYA (Undergraduate thesis, Universitas Bina Bangsa Getsempena). Retrieved from https://repository.bbg.ac.id/handle/1611.
Reza, Muhammad. “EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA FILM PENDEK TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS CERITA PENDEK DI KELAS XI SMA NEGERI 1 KRUENG BARONA JAYA.” Undergraduate thesis, Universitas Bina Bangsa Getsempena, 2023, https://repository.bbg.ac.id/handle/1611.

EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA FILM PENDEK TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS CERITA PENDEK DI KELAS XI SMA NEGERI 1 KRUENG BARONA JAYA

Thumbnail

View/Open

F0118047W.pdf (804 KB)

Issue Year

2023

Author(s):

Muhammad Reza

Abstract

Keterampilan menulis cerita pendek merupakan salah satu materi penting yang diajarkan pada kelas XI. Namun, pembelajaran menulis cerpen yang sering terjadi kurang menstimulus perhatian peserta didik untuk mempelajari materi tersebut. Kondisi tersebut mengakibatkan rendahnya keterampilan menulis cerpen. Masalah tersebut dapat diatasi dengan penggunaan media yang menarik, yaitu melalui media film pendek. Rumusan masalah penelitian ini yaitu apakah penggunaan media film pendek efektif terhadap keterampilan menulis cerita pendek pada peserta didik kelas XI SMA Negeri 1 Krueng Barona Jaya? Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui efektivitas penggunaan media film pendek terhadap keterampilan menulis cerpen peserta didik kelas XI SMA Negeri 1 Krueng Barona Jaya. Pendekatan penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif dengan jenis pre-eksprimen dan desain One Group Pretest Posttest. Sampel yang diambil yaitu peserta didik kelas XI MIA-2 sebanyak 21 orang. Data dikumpulkan dengan menggunakan observasi, tes, dan wawancara. Instrumen yang digunakan meliputi lembar observasi aktivitas peserta didik, tes keterampilan menulis cerpen, dan pedoman wawancara. Teknik analisis data menggunakan uji dependen sample t test untuk data tes, rumus gain untuk data N-gain, rumus persentase untuk data observasi, dan deskriptif untuk data wawancara. Hasil penelitian diperoleh 1) Aktivitas peserta didik selama pembelajaran di pertemuan I diperoleh rata-rata aktivitas didominasi pada kategori baik sebesar 68% dan pada pertemuan II juga didominasi pada rata-rata kategori baik sebesar 74%. Hasil tersebut menunjukan bahwa adanya peningkatan rata-rata aktivitas peserta didik sehingga dapat dikatakan baik; 2) Hasil nilai pretest rata-rata keterampilan menulis cerpen peserta didik diperoleh sebesar 64 dan hasil postest sebesar 75. Hasil uji hipotesis diperoleh nilai hitung sig. < 0,05 yang berarti terdapat perbedaan keterampilan menulis cerpen setelah penggunaan media film pendek, serta rata-rata nilai N-gain yang diperoleh sebesar 0,31 dengan kategori cukup. Hasil tes yang diperoleh menunjukkan bahwa adanya perbedaan nilai setelah pembelajaran menggunakan media film pendek pada materi cerpen; 3) Hasil wawancara diperoleh media film pendek merupakan media yang baru digunakan pada materi menulis cerpen, penggunaan media film pendek memberikan manfaat bagi peserta didik, dan melalui penggunaan media film pendek dapat memberikan suasana yang menarik serta membantu pemahaman konsep menulis cerpen bagi peserta didik. Hasil wawancara tersebut menunjukkan bahwa penggunaan media film pendek mendapatkan respon yang positif baik dari guru maupun peserta didik. Berdasarkan hasil tersebut, dapat disimpulkan bahwa penggunaan media film pendek efektif diterapkan terhadap keterampilan menulis cerpen.


Keywords

Efektivitas, Film Pendek, Keterampilan Menulis Cerita Pendek

References

Aminudin. 1990. Pengembangan Penelitian Kualitatif dalam Bidang Bahasa dan Sastra. Malang: Yayasan Asah Asih Aspuh.

Arsyad, A. 2016. Media Pembelajaran. Jakarta: Rajawali

Asrul, Ananda, R., dan Rosnita. 2015. Evaluasi Pembelajaran. Medan: Citapustaka Media.

Burhan, B. 2006. Metodologi Penelitian Sosial: Format-format Kuantitatif dan Kualitatif. Surabaya: Airlangga University Press

Cahyati, S.A. 2018. Upaya Meningkatkan Keterampilan Menulis Cerpen Melalui Media Film Pada Siswa Kelas IX Semester Genap SMP Annur Kronjo. E-Jurnal Pendidikan Mutiara, 3(1), 82-92.

Cohen, L., Manion, L., & Morrison, K. 2007. Research Methods in Education Sixth Edition. Madison Avenue, New York: Routledge.

Dalman, H. 2016. Keterampilan Menulis. Jakarta: P Rajagrafindo Persada

Daryanto. 2011. Media Pembelajaran. Bandung: Satu Nusa

H.I, P. W. 2019. Pengaruh Minat Dan Motivasi Membaca Terhadap Kemampuan Menulis Cerpen Siswa Kelas Xii Smk Negeri 9 Samarinda. Loa: Jurnal Ketatabahasaan Dan Kesusastraan, 13(1), 71-82.

https://kbbi.kemdikbud.go.id/entri/Efektivitas. Diakses pada 19 Juni 2022

https://kbbi.kemdikbud.go.id/entri/Media. Diakses pada 19 Juni 2022

Hudhana, W. D. 2019. Peningkatan Keterampilan Menulis Cerita Pendek Berbasis Karakter Menggunakan Media Pembelajaran Videoscribe. In Seminar Nasional Pendidikan Bahasa Dan Sastra (Pp. 265-270).

Hudhana, W. D., & Sulaeman, A. (2019). Pengembangan Media Video Scribe dalam Meningkatkan Keterampilan Menulis Cerpen Berbasis Pendidikan Karakter Pada Siswa SMA. Pena: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra, 9(1), 31-46.

Ismawati, Esti. 2012. Perencanaan Pengajaran Bahasa. Yogyakarta: Ombak

Kaelan. 2012. Metodologi Penelitian Kualitatif Interdisipliner. Jogjakarta:Paradigma

Kamalia, K., Rasyid, R. E., Zain, S., & Kasman, N. 2020. Pengaruh Film Pendek Terhadap Kemampuan Menulis Cerpen Siswa Kelas X SMA Negeri 2 Pangsid. Cakrawala Indonesia, 5(1), 7-9.

Kemendikbud, RI. 2017. Bahasa Indonesia SMA/MA/SMK/MAK Kelas XI Edisi Revisi. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia

Kusumawati. 2015. Penelitian Pendidikan Penjasosrek. Bandung: Alfabeta

Lubis, F. W., Sitepu, D. R., & Susanti, S. (2021). Peranan Guru Bahasa Indonesia Terhadap Kemampuan Menulis Cerpen Dengan Model Experiential Learning Sma Swasta Swakarya Binjai. Jurnal Serunai Bahasa Indonesia, 18(2), 87-94.

Mastini. 2016. Peningkatan Keterampilan Menulis Cerpen Melalui Metode Pembelajaran Berbasis Pengalaman dan Media Audiovisual Pada Sekolah Menengah Pertama. Jurnal S2 Pendidikan Bahasa Indonesia, 1(1), 25-31.

Meltzer, D.E. 2002. The Relationship Between Mathematics Preparation and Conceptual Learning Gain in Physics: A Possible Inhidden Variablei in Diagnostic Pretest Scores. Ames: Department of Physics and Astronomy, Lowa State University.

Miarso, Y. 2011. Menyemai Benih Teknologi Pendidikan. Jakarta: Prenada Media.

Moleong, L. J. 2014. Metodologi Penelitian Kualitatif. Edisi Revisi. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Muklim, M. 2019. Kemampuan Menulis Cerita Pendek melalui Media Film Siswa Kelas VII SMP Negeri 2 Palopo. Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa, Dan Sastra, 5(2), 431-439.

Mundziroh, Siti dkk. 2013. “Peningkatan Kemampuan Menulis Cerita dengan Menggunakan Metode Picture and Picture pada Siswa Sekolah Dasar”. Jurnal Penelitian Bahasa, Sastra dan Pengajarannya, 2(1), 1-10.

Nuryatin, A., dan Irawati, R.P. 2016. Pembelajaran Menulis Cerpen. Semarang: Cipta Prima Nusantara.

Pranata, K., Kartika, Y. W., & Zulherman, Z. 2021. Efektivitas Penggunaan Media Film Animasi Terhadap Peningkatan Keterampilan Menulis Cerita. Jurnal Basicedu, 5(3), 1271-1276.

Rachman, R.N. 2017. Peningkatan Kemampuan Menulis Cerpen Melalui Penggunaan Media Audiovisual Tayangan Televisi “Cermin Kehidupan Trans 7”, 15-21.

Ratnawulan, E., dan Rusdiana. 2016. Evaluasi Pembelajaran dengan Pendekatan Kurikulum 2013. Bandung: Pustaka Setia.

Rianto. 2017. Efektivitas Penggunaan Metode Sugesti-Imajinasi Melalui Media Audio-Visual dalam Pembelajaran Menulis Cerpen di SMA Kelas X. Jurnal Pendidikan, Kebahasaan, dan Kesusastraan Indonesia,1(1), 35-42.

Rusman. 2012. Belajar dan Pembelajaran Berbasis Komputer. Bandung: Alfabeta

Sobri, S., Hilaliyah, T., Solihat, I., & Safi'i, I. 2022. Pengaruh Pemanfaatan Media Youtube Terhadap Keterampilan Menulis Cerpen. Mendidik: Jurnal Kajian Pendidikan Dan Pengajaran, 8(1), 103-109.

Sugiyono. 2013a. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta

Sugiyono. 2016b. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta

Suparman. 2018. Keefektifan Model Picture and Picture dalam Menulis Naskah Drama Siswa Kelas VIII SMPN 2 Bua Porirang Kabupaten Wulu. Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa dan Sastra, Volume 4 Nomor 2.

Suparno, M.Y. 2009. Keterampilan Dasar Menulis. Jakarta: Universitas Terbuka

Susanti, Apriliya. 2013. Penggunaan Media Gambar Berseri Untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Narasi Siswa Kelas IV SDN Tambak Kemeraan Kecamatan Krian. Jurnal PGSD, 1(2), 11-16.

Tarigan, H. G. 2015. Berbicara Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.

Ulwiyah, N. F., Ghufroni, G., & Nisa, H. U. 2022. Keefektifan Media Film Pendek Terhadap Kemampuan Menulis Cerpen Pada Peserta Didik Kelas XI SMK Telekomunikasi Harapan Kita Ketanggungan. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 8(19), 329-335.

Yana, I.W.D.E.T. 2013. Penggunaan Media Film Pendek Sebagai Upaya Meningkatkan Keterampilan Menulis Naskah Drama Siswa di Kelas XI IPA 2 SMA Negeri 1 Payangan. Jurnal Universitas Mahasaraswati Gianyan, 3(1), 16-22.

URI

https://repository.bbg.ac.id/handle/1611

Collections

  • Final Year Projects S1 PENBI

Browse

Main Collections Final Year Projects (1023)Books by Lecturers (10)Other Books (512)Internal Proceedings (160)External Proceedings (99)Campus Magazines (27)News Clippings (40)Social Media Clippings (3)Articles by Lecturers (2)Inauguration Speech (5)Research Reports (450)Community Service Reports (424)

© 2025 UBBG Institutional Repository