UBBG Institutional Repository
  • Browse
    • Final Year Projects
    • Books by Lecturers
    • Other Books
    • Internal Proceedings
    • External Proceedings
    • Campus Magazines
    • News Clippings
    • Social Media Clippings
    • Articles by Lecturers
    • Inauguration Speech
    • Research Reports
    • Community Service Reports
  • Prodi Index
  • Year Index
  • Our Library
  • OPAC
  • Policies
  •   Advanced Search

Advanced Search

How to cite  

Wulandari, R. (2023). ANALISIS NILAI-NILAI DALAM KUMPULAN CERITA RAKYAT ACEH DAN RELEVANSINYA TERHADAP PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SMP (Undergraduate thesis, Universitas Bina Bangsa Getsempena). Retrieved from https://repository.bbg.ac.id/handle/1550.
Wulandari, Resha. “ANALISIS NILAI-NILAI DALAM KUMPULAN CERITA RAKYAT ACEH DAN RELEVANSINYA TERHADAP PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SMP.” Undergraduate thesis, Universitas Bina Bangsa Getsempena, 2023, https://repository.bbg.ac.id/handle/1550.

ANALISIS NILAI-NILAI DALAM KUMPULAN CERITA RAKYAT ACEH DAN RELEVANSINYA TERHADAP PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SMP

Thumbnail

View/Open

F0118017W.pdf (395 KB)

Issue Year

2023

Author(s):

Resha Wulandari

Abstract

Penelitian Analisis Nilai-Nilai dalam Kumpulan Cerita Rakyat Aceh dan Relevansinya terhadap Pembelajaran Bahasa Indonesia Di SMP ini bertujuan untuk mengidentifikasi nilai-nilai apa saja yang terdapat dalam buku Kumpulan Cerita Rakyat Aceh serta mendeskripsikan Relevansi nilai-nilai dalam buku Kumpulan Cerita Rakyat Aceh terhadap pembelajaran Bahasa Indonesi di SMP. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian studi kepustakaan (Library Research) dengan metode deskriptif pendekatan kualitatif. Subjek dari penelitian ini selain buku yaitu guru dan siswa SMP Negeri 2 Banda Aceh. Hasil yang diperoleh yaitu: 1) Nilai pendidikan, nilai pendidikan pada penelitian ini dapat dilihat pada kutipan berikut “kalau begitu kita kasih pelajaran saja untuk harimau.” Merekapun membuat rencana untuk mencelakai harimau. Si Abo pura-pura menjatuhkan pisau kebawah rumah, nilai pendidikan yang dapat dilihat dari kelakuan si Umot dan si Abo dimana Si Umot dan Si Abo bekerja sama untuk mengerjai harimau yang telah menipu mereka sehingga mereka tidak jadi menjadi santapan sang harimau, nilai pendidikan yang dapat kita contoh yaitu supaya tidak mudah percaya kepada orang lain, serta mereka bekerja sama untuk memberikan pelajaran kepada harimau yang telah membohongi mereka. 2) Nilai religius/agama (dimensi pengetahuan, dimensi ideology dan keyakinan, dan dimensi peribadatan), nilai religius pada penelitian ini dapat dilihat pada kutipan berikut “Setelah melakukan shalat istikharah, bulatlah tekad Tengku Khalid untuk menjalankan amanah ayahnya”, nilai religius pada kutipan tersebut terlihat dari Tengku Khalid yang melakukan shalat istikharah untuk menentukan sebuah keputusan yang akan ia ambil. 3) Nilai moral (moral baik dan moral buruk), nilai moral pada penelitian ini dapat dilihat dari kutipan berikut “Mereka selalu membantu orang yang datang meminta pertolongan kepada mereka”, nilai moral pada kutipan tersebut yaitu sifat penolong yang dilakukan oleh si Bungsu dan Ibunya, dimana sebagai mahluk sosial kita harus saling membantu. 4) Nilai budaya, nilai budaya pada penelitian ini dapat dilihat dari kutipan berikut “Banyak masyarakat yang percaya tentang keberadaan kuburan itu sebagai kuburan keramat, sehingga setahun sekali masih ada acara kenduri pada kuburan tersebut dengan tujuan memohon hasil pertaniaannya melimpah”, nilai budaya pada kutipan tersebut yaitu kebiasaan yang masih sering dilakukan secara turun-temurun seperti ziarah ke kuburan tersebut, serta dilakukan kenduri tahunan untuk meminta doa menolak bala dan meminta hasil panen yang melimpah. dan 5) Nilai pendidikan karakter (kerja keras, jujur, cinta damai,dan mandiri), nilai pendidikan karakter pada penelitian ini dapat dilihat dari kutipan berikut “Kerja apa gerangan yang dapat kukerjakan untukmu. Demi ibu akan kulakukan. Katakanlah, kakak”, nilai pendidikan karakter pada kutipan tersebut yaitu sifat kerja keras Bungsu yang mau melakukan apapun demi ibunya.


Keywords

Nilai-Nilai, Cerita Rakyat, Pembelajaran Bahasa Indonesia

References

Akbar, K. (2019). Nilai-Nilai Yang Terkandung Dalam Cerita Rakyat “Wadu Parapi” Pada Masyarakat Desa Parangina Kecamatan Sape Kabupaten Bima Nusa Tenggara Barat (Bachelor Degree, Universitas Muhammadiyah Mataram).

Asfandiyar. (2007). Cara Pintar Mendongeng. DAR! Mizan.

Djojosuroto, K. (2006). Analisis Teks Sastra dan Pengajarannya. Yogyakarta: Penerbit Pustaka.

Emzir & Saiful Rohman. (2014). Teori dan Pengajaran Sastra. Depok: PT Rajagrafindo.

Fahmiyati, L. (2012). Nilai-Nilai Sosial Dalam Cerita Rakyat Nusantara Dan Relevansinya Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Bagi Siswa Sekolah Menengah Pertama Kelas VI (Bachelor Degree, Universitas Muhammadiyah Purwokerto).

Faruk. (2012). Metode penelitian Sastra. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Haryanto, F. (2020). Analisis Nilai-Nilai Dalam Teks Cerita Rakyat La Golo Si Anak Pemalas: Tinjauan Sosiologi Sastra (Bachelor Degree, Universitas Muhmmadiyah Mataram).

HT, F. (1994). Pengantar Sosiologi Satra. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Jogiyanto Hartono, M. (Ed.). (2018). Metoda Pengumpulan dan Teknik Analisis Data. Penerbit Andi.

Juanda. (2019). Nilai Pendidikan dalam Cerita Rakyat dan Peranannya Terhadap Pembentukan Karakter Siswa. Jurnal Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya. XV(2), 165-176. Juanda@unm.ac.id

Karmini, Ni Nyoman. (2011). Teori Pengkajian Prosa Fiksi dan Drama. Denpasar, Bali: Pustaka Larasan.

K.M., J. S. (1986). apresiasi kesusatraan. jakarta: gamedia.

Khudriyah. (2021). Metodologi Penelitian dan Statistik Pendidikan. Malang: Madani

Larupa, M. (2002). Struktur Sastra Lisan Bungku . Pusat Bahasa Departemen Pendidikan Nasional .

Moloeng, L. J. (2018). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Mulyati. (2019, Desember 2). Analisis Nilai-nilai Sosial dalam Kumpulan Cerita Rakyat Bangka Belitung. Jurnal Ilmiah Bina Bahasa , pp. 27-39.

Munthasir, Azhar. (2012). Kumpulan Cerita Rakyat Aceh. Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Aceh.

Ratna, N.K. (2013). Teori, Metode, dan Teknik Penelitian Sastra. Yogykarta: Pustaka.

Rismawati. (2017). Perkembangan Sejarah Sastra Indonesia. Banda Aceh: Bina Karya Akademika.

Sanjaya, W. (2013). Penelitian penddikan Jenis, Metode, dan Prosedural. Jakarta: Prenada Media Group.

Semi, M. A. (2012). Metode Penelitian Sastra. Bandung: CV Angkasa.

Sugiyono, ( 2018:93 ). Menghitung Skala Likert

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D . Bandung: Alfabeta, CV.

Teeuw, A. (1984). Sastra dan Ilmu Sastra. Jakarta: Pustaka Jaya-Girimuktti Pasaka.

Untung, R., Eka, P. H., & Ririn E. C. D. (2018). Pengaruh Pelayanan dan Fasilitas pada Raharja Internet Café Terhadap Kegiatan Perkuliahan pada Perguruan Tinggi. Jurnal TEKNOINFO, 12(2), 60-65.

Wicaksono, Andri. (2014). Pengkajian Prosa Fiksi. Yogyakarta: Garudhawaca

Zuriah, N. (2006). Metodologi Penelitian Sosial dan Pendidikan Teori-Aplikasi. Bumi Aksara.

URI

https://repository.bbg.ac.id/handle/1550

Collections

  • Final Year Projects S1 PENBI

Browse

Main Collections Final Year Projects (1023)Books by Lecturers (10)Other Books (512)Internal Proceedings (160)External Proceedings (99)Campus Magazines (27)News Clippings (40)Social Media Clippings (3)Articles by Lecturers (2)Inauguration Speech (5)Research Reports (450)Community Service Reports (424)

© 2025 UBBG Institutional Repository