ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA DALAM MENYELESAIKAN MASALAH PERHITUNGAN ALJABAR DI SMP NEGERI 8 BANDA ACEH
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kemampuan berpikir kreatif siswa dalam menyelesaikan masalah perhitungan aljabar di SMP negeri 8 Banda Aceh. Pada penelitian ini metode yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu menggunakan teknik dokumentasi, tes wawancara. Subjek dalam penelitian ini adalah 3 orang siswa kelas XI-1 SMP Negeri 8 Banda Aceh yang diambil dari 28 orang siswa. Penentu subjek penelitian ini berdasarkan pada hasil wawancara dan hasil tes kemampuan berpikir kreatif siswa. Kemampuan Berpikir Kreatif siswa dikategorikan menjadi tiga tipe yaitu tinggi(T), sedang(S), Rendah(R). Berdasarkan tipe tersebut dipilih satu orang siswa dari masing-masing tipe untuk menjadi subjek dalam penelitian. Berdasarkan hasil penelitian, kemampuan berpikir kreatif siswa untuk subjek berkemampuan tinggi memenuhi tiga indikator kemampuan berpikir kreatif yaitu indikator ke-1 Kefasihan (Mampu memberikan dua jawaban/cara yang benar dan lengkap dalam menyelesaikan masalah), indikator ke-2 Fleksibilitas (Mampu memberikan jawaban/cara tidak berdasarkan konsep yang diberikan dengan benar dan lengkap), indikator ke-3 Kebaruan (Mampu memberikan jawaban/cara sendiri secara tepat dan lengkap). Subjek berkemampuan sedang memenuhi dua indikator kemampuan berpikir kreatif yaitu indikator ke-1 Kefasihan (Mampu memberikan dua jawaban/cara yang benar dan lengkap dalam menyelesaikan masalah), indikator ke-2 Fleksibilitas (Mampu memberikan jawaban/cara tidak berdasarkan konsep yang diberikan dengan benar dan lengkap). Subjek yang berkemampuan rendah hanya memenuhi satu indikator yaitu Kefasihan (Mampu memberikan dua jawaban/cara yang benar dan lengkap dalam menyelesaikan masalah).
Keywords
Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa, Perhitungan Aljabar, Siswa SMP
References
Amien, N. K., Arsyad, N., & Muzaini, M. (2022). Kemampuan Berpikir Kreatif Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Operasi Hitung Bentuk Aljabar Siswa SMP. Pedagogy: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(1), 109-119.
Ananda, R. (2019). Penerapan metode mind mapping untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa Sekolah Dasar. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 1(1), 1-10.
Andiyana, M. A., Maya, R., & Hidayat, W. (2018). Analisis kemampuan berpikir kreatif matematis siswa smp pada materi bangun ruang. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 1(3), 239-248.
Andriyani, D., & Samiyem, S. (2022). Peningkatan Prestasi Belajar Melalui Metode Resitasipada Pelajaran Matematika. Trihayu: Jurnal Pendidikan Ke-SD-an, 8(3), 1435-1441.
Anggito, Albi, and Johan Setiawan. Metodelogi Penelitian Kualitatif. CV Jejak (Jejak Publisher), 2018.
Darwanto, D. (2019). Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis: (Pengertian dan Indikatornya). Eksponen, 2019, 9.2: 20-26.
Darwanto, D., Caswita, C., & Suharsono, S. (2017). Pengembangan Bahan Ajar Dengan Model Pbl Untuk Mengembangkan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa. Jurnal Pendidikan Matematika Universitas Lampung, 5(1).
Ekawati, S. (2020). Analisis kemampuan berpikir kreatif matematis dalam menyelesaikan soal segiempat dan segitiga. Prosiding sesiomadika, 2(1b).
Firdausi, Y. N. dkk. 2018. Analisis kemampuan berpikir kreatif siswa ditinjau dari gaya belajar pada pembelajaran model eliciting activities (MEA). Prosiding seminar nasional matematika, Prisma 1. (https://journal. Unnes.ac.id/sju/index.php/prisma/, diakses 2 Mei 2022)
Gafour, W. A. O., & Gafour, W. A. (2021). Creative Thinking skills–A Review article. Journal of Education and E-Learning, 4, 44-58.
Haifatudzikroh, S. (2019, Oktober). Penggunaan Model Discovery Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Dan Rasa Ingin Tahu. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan (Vol. 1, pp. 455-464).
Hasanah, M., & Haerudin, H. (2021). Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa Kelas VIII SMP pada Materi Statistika. MAJU: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 8(1).
Hasanah, N. (2021). Analisis Kesulitan Pemecahan Masalah Matematis dan Komunikasi Matematis Dengan Penerapan Model Pembelajaran TAPPS (Thinking Aloud Pair Problem Solving) (Doctoral dissertation, UNIMED).
La Nani, K., & Alhaddad, I. mutu manajemen pendidikan termasuk perubahan metode dan strategi pembelajaran yang lebih inovatif. Melalui pendidikan akan terbentuk sosok-sosok individu sebagai sumber daya manusia yang berperan dalam proses pembangunan bangsa. UU RI Nomor 20 tahun 2003 tentang sistem pendidikan nasional bahwa pendidikan merupakan usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses. 187.
Lestari, D., Rasiman, Z., & Sayu,. S. (2021:7). Analisis Berpikir Kreatif siswa SMK Dalam Memecahkan Masalah Materi Sistem persamaan Linear Dua Variabel. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulitiwa, 10 (2).
Mulyaningsih , T., & Ratu, N. (2018). Analisis kemampuan berpikir kreatif siswa SMP dalam menyelesaikan masalah matematika pada materi pola garis Bilangan. Pendekar: Jurnal Pendidikan Karakter, 1(1), 34-41.
Ningsih, N. S. (2016). Deskripsi Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Dan Konsep Diri Siswa Smp Negeri 8 Purwokerto (Doctoral Dissertation, Universitas Muhammadiyah Purwokerto).
Prihastuti, L., & Utami, N. S. (2021). Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Dalam Menyelesaikan Soal Matematika Berorientasi Pisa Konten Space And Shape Siswa Sekolah Menengah Pertama (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Surakarta).
Prihatiningsih, M., & Ratu, N. (2020). Analisis tingkat berpikir kreatif siswa ditinjau dari gaya kognitif field dependent dan field independent. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(1), 353-364.
Putra, H.D., Akhdiyat, A. M., Seyiany, E. P., & Andiarani, M.(2018). Kemampuan Berpikir Kreatif Matematik Siswa SMP di Cemahi. Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 9(1), 47-53.
Rachman, A.F., & Amelia, R. (2020). Analisiskemampuan berpikir kreatif matematis siswa SMA Di Kabupaten Bandung Barat dalam menyelesaikan soal pada materi trigonometri. MAJU: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 7(1).
Rasnawati, A Rahmawati, W., Akbar, P., & Putra, H. D (2019). Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa SMK Pada Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (SPLDV) DI Kota Cimahi. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1), 164-177.
Silkyanti, F. (2019). Analisis Peran Budaya Sekolah yang Religius dalam Pembentukan Karakter Siswa. Indonesian Values and Character Education Journal, 2(1), 36-42.
Tsai, K. C., & Shirley, M. (2013). Exploratory examination of relationships between learning styles and creative thinking in math students. International Journal of Academic Research in Business and Social Sciences, 3(8), 506.
Turkmen, H., & Sertkahya, M. (2015). Creative thinking skills analyzes of vocational high school students. Journal of Educational and Instructional Studies in the World, 5(10), 74-84.
Ulandari, N., Putri, R., Ningsih, F., & Putra, A. (2019). Efektivitas Model Pembelajaran Inquiry Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif siswa Pada Materi Teorema Pythagoras. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(2), 227-237.
Sugiyono. (2021). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung:Alfabeta.
Yasiro, L. R., Wulandari, F. E., & Fahmi, F. (2021). Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Pada Materi Pemanasan Global Berdasarkan Prestasi Siswa. Journal of Banua Science Education, 1(2), 69-7