UBBG Institutional Repository
  • Browse
    • Final Year Projects
    • Books by Lecturers
    • Other Books
    • Internal Proceedings
    • External Proceedings
    • Campus Magazines
    • News Clippings
    • Social Media Clippings
    • Articles by Lecturers
    • Inauguration Speech
    • Research Reports
    • Community Service Reports
  • Prodi Index
  • Year Index
  • Our Library
  • OPAC
  • Policies
  •   Advanced Search

Advanced Search

How to cite  

Gustini, R. (2023). PENGARUH MEDIA AUDIO VISUAL DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENYIMAK DONGENG SISWA KELAS III SD NEGERI 57 BANDA ACEH (Undergraduate thesis, Universitas Bina Bangsa Getsempena). Retrieved from https://repository.bbg.ac.id/handle/1516.
Gustini, Rini. “PENGARUH MEDIA AUDIO VISUAL DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENYIMAK DONGENG SISWA KELAS III SD NEGERI 57 BANDA ACEH.” Undergraduate thesis, Universitas Bina Bangsa Getsempena, 2023, https://repository.bbg.ac.id/handle/1516.

PENGARUH MEDIA AUDIO VISUAL DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENYIMAK DONGENG SISWA KELAS III SD NEGERI 57 BANDA ACEH

Thumbnail

View/Open

F0818002W.pdf (867 KB)

Issue Year

2023

Author(s):

Rini Gustini

Abstract

Pengetahuan adalah hal yang sangat penting dalam kehidupan kita, bahkan boleh dikatakan bahwa pengetahuan sudah merupakan suatu kebutuhan. Belajar adalah suatu proses usaha yang dilakukan seseorang untuk memperoleh suatu perubahan tingkah laku yang baru secara keseluruhan. Pembelajaran keterampilan menyimak di Sekolah Dasar merupakan pembelajaran yang wajib mendapat perhatian untuk terus di tingkatkan. Penggunaaan media dapat memberikan stimulus yang kuat kepada siswa agar lebih mudah memahami isi cerita yang di simaknya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media audio visual dalam meningkatkan keterampilan menyimak dongeng. Penelitian ini menggunakan jenis pendekatan kuantitatif, dengan metode eksperiment one group pre test dan post test design. Berdasarkan hasil pre-test, nilai rata-rata hasil belajar siswa sebesar 44,23 selanjutnya nilai rata-rata hasil post-test adalah 80,76 jadi kemampuan siswa dalam menyimak dongeng setelah diterapkan media animasi audio visual mempunyai hasil belajar yang lebih baik dibanding dengan sebelum penerapan media animasi audio visual. Hal ini dapat dilihat dari perhitungan uji t dapat diketahui bahwa t-hitung = 7,94 dan t-tabel = 1,708 maka diperoleh t-hitung > t-tabel atau 7,94 > 1,708 ini menyataka Ha diterima dan H0 ditolak. Kata Kunci: Audio Visual Keterampilan Menyimak Dongeng ABSTRACT Rini Gustini 2022, The Effect of Audio Visual Media in Improving the Skills of Listening to Fairy Tales of Third Grade Students at SD Negeri 57 Banda Aceh. Thesis, Elementary School Teacher Education, University of Bina Bangsa Getsempena. Supervisor I. Cut Marlini, M.Pd and II. Zaki Al Fuad, M.Pd. Knowledge is very important in our lives, it can even be said that knowledge is a necessity. Learning is a process of effort carried out by a person to obtain a new behavior change as a whole. Learning listening skills in elementary schools is a lesson that must receive attention to continue to be improved. The use of media can provide a strong stimulus to students to make it easier to understand the content of the story they are reading. This study aims to determine the effect of audio-visual media in improving fairy tale listening skills. This study uses a quantitative approach, with the experimental method of one group pre test and post test design. Based on the results of the pre-test, the average value of student learning outcomes is 44.23, then the average value of the post-test results is 80.76, so the ability of students to listen to fairy tales after the application of audio-visual animation media has better learning outcomes compared to before the application of audio-visual animation media. It can be seen from the calculation of the t-test, it can be seen that t-count = 7,94 and t-table = 1,708 then obtained t-count < t-table or 7.94 > 1.708. This means that Ha is accepted and H0 is rejected. Keywords: Audio Visual, Fairytale Listening Skills


Keywords

Audio visual, fairytale listening

References

DAFTAR PUSTAKA

Ahmad, dkk. 2018. Peningkatan Keterampilan Menyimak Cerita Anak Melalui Media Animasi Audio visual Siswa kelas VI SD. Jurnal Universitas Muhammadiyah Kupang.

Akbar F. 2017. Keefektifan Media Animasi Audio Visual Dalam Pembelajaran Menyimak Cerita Anak-Anak Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Bulukumba Kabupaten Bulukumba. Skripsi

Arikunto, Suharsimi. 2013. Manajemen Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.

Arsyad, Azhar. 2013. Media Pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grapindo Persada.

Azhar Arsyad. 2013. Media Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Daryanto. 2010. Mengajar Belajar. Bandung: Yrama widya.

Friska Dwi Yusantika. 2017. Pengaruh Media Audio visual terhadap Kemampuan Menyimak Dongeng Siswa kelas IV. Jurnal Universitas Malang.

Hakim N. 2018. Penerapan Media Audio visual dalam Meningkatkan Keterampilan Menyimak Dongeng Siswa kelas III Mis Darul Ulum Muhammadiyah Buluk Umbu. Thesis. Universitas Cokroaminato Palopo.

Hidayanti T, Handayani I, Iskandar H I. 2019. Statistik Dasar. Purwokerto:Pena Persada.

Iskandarwassid. 2013. Strategi Pembelajaran Bahasa. Bandung: PT Remaja.

Majid A .2013. Strategi Pembelajaran .Remaja Rosdakarya : Bandung.

Margono, S. 2013. Metodelogi Penelitian Pendidikan. Jakarta: Rineka cipta

Ruswandi, Gunawan M, Saputra F. .2010. Metode penelitian Pendidikan SD. Bandung:Upi Press.

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Supriyanto N. 2017. Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Audio Visualterhadap Keterampilan Menyimak Dongeng Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Siswa Kelas Ii Sd Negeri 48 Bonto Kapetta Kabupaten Maros. Skripsi

Suryani N, Arifin F, Wulandari M. 2018. Media Pembeljaarann Inovatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Yuliana. 2018. Pengaruh Media Audio visual Terhadap Keterampila Menyimak Mata Pelajaran Bahasa Indonesia kelas V di SDN 1 Harapan Jaya Bandar Lampung. Jurnal Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung.

Zakia, Habsari. 2017. Dongeng sebagai Pembentuk Karakter Anak. Jurnal Universitas Negeri Malang.

URI

https://repository.bbg.ac.id/handle/1516

Collections

  • Final Year Projects S1 PGSD

Browse

Main Collections Final Year Projects (1023)Books by Lecturers (10)Other Books (512)Internal Proceedings (160)External Proceedings (99)Campus Magazines (27)News Clippings (40)Social Media Clippings (3)Articles by Lecturers (2)Inauguration Speech (5)Research Reports (450)Community Service Reports (424)

© 2025 UBBG Institutional Repository