HUBUNGAN KETEPATAN PUKULAN DENGAN KETERAMPILAN SMASH DALAM PERMAINAN BOLA VOLI PADA TIM KUTA BARO VC ACEH SELATAN
Abstract
Keterampilan smash adalah keterampilan yang paling sulit dan paling penting dibandingkan keterampilan bola voli lainnya. Ketepatan smash yaitu ketepatan dalam melakukan smash bola voli tepat pada sasaran yang dikehendaki dan dapat mematikan lawan. Dengan keterangan ini jelaslah dalam permainan bola voli yang dikuasai tidak hanya taktik dan teknik saja, melainkan kemampuan fisik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara ketepatan pukulan dengan keterampilan smash dalam permainan bola voli tim Kuta Baro VC Aceh Selatan. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah tim Kuta Baro VC Aceh Selatan, adapun sampel dalam penelitian ini adalah 12 orang. Teknik pengumpulan data melalui angket. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan bahwa pertama, berdasarkan uji koefisien determinasi, hubungan variabel ketepatan pukulan (X) dengan variabel keterampilan smash (Y) memperoleh nilai KD sebesar 96%. Kedua, berdasarkan uji t, pengaruh variabel ketepatan pukulan (X) terhadap keterampilan smash (Y), memperoleh nilai thitung>ttabel (15,484>1,812). Dapat disimpulkan bahwa, pertama, ketepatan pukulan erat hubungannya dengan keterampilan smash tim Kuta Baro VC. Sedangkan ketepatan pukulan secara langsung berpengaruh positif dan signifikan terhadap keterampilan smash tim Kuta Baro VC
Keywords
Ketepatan, Keterampilan, Smash
References
Ahmadi, N. 2017. Panduan Olahraga Bola Voli. Surakarta: Era Pustaka Utama.
Akyas A. H.2004. Psikologi Umum Dan Perkembangan. Jakarta Selatan: Mizan
Publika.
Anandita.2010. Mengenal Olahraga Voli. Bogor: Quadra.
Arikunto. 2018.Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Bandung:Rosda
Karya
Artha, I. K. A., dan Suparman, M. 2019. Perbedaan lLatihan dan Bakat Kinestetik
Terhadap Kemampuan Smash Bola Voli. Jurnal Penjakora. Sekolah
Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan Agama Hindu Singaraja. Vol. 6 .
No. 2.
Azis, D. K dan Musyayadah, U. 2019. Implementasi Kecerdasan Kinestetik Pada
Kegiatan Ekstrakrikuler Bola Voli. Jurnal Pendidikan Dasar. Vol. 3 No.
2.
Baharudin dan Wahyuni, E. N. 2012. Teori Belajar dan Pembelajaran.
Jogjakarta: AR-Ruzz Media.
Daryanto. 2014. Pembelajaran Pendekatan Saintifik Kurikulum 2013. (cetakan
pertama). Yogyakarta: Gava Media.
Ferdinand, A. 2018. Metode Penelitian Manajemen. Semarang: Badan Penerbit
Universitas Diponegoro.
Ghozali. 2016. Aplikasi Analisis Multivariate dengan SPSS. Cetakan Ke Tujuh.
Semarang : Undip.
Gianny, A. 2014. Hubungan Antara Persepsi Kinestetis dan KoordinasiMataTangan
Terhadap
Ketepatan
Open
Smash
Tim
BolaVoli
Putri
SMAN
51
Jakarta
Timur. Skripsi. Fakultas Ilmu KeolahragaanUniversitas Negeri
Jakarta.
Ginting. 2018.Filasafat Ilmu dan Metode Riset.Medan: Usu Press Kartajaya.
Gunarso. 2017. Psikologi Anak. Jakarta: BPK Gunung Mulia.
Irwansyah, D. 2018. Hubungan Kecerdasan Kinestetik dan Interpersonal Serta
Intrapersonal Dengan Hasil Belajar Pendidikan Jasmani Di MTsNKuta
Baro Aceh Besar.Jurnal Administrasi Pendidikan Pascasarjana
Universitas Syiah Kuala. Vol. 3, No. 1.
Munasifah. 2010. Bermain Bola Voli. Demak: CV. Aneka Ilmu.
58
59
Ngewa, H. M. 2020. Peningkatan Kecerdasan Kinestetik Melalui Kegiatan Gerak
Dan Lagu. Jurnal Educhild. Vol. 2 No. 1.
Nurfalah, S., dkk. 2019. Model Latihan Smash Dalam Permainan BolaVoli Untuk
Pemula. Jurnal Pendidikan Olahraga. Vol. 8 No. 1.
Nuryani, W. 2017. Perkembangan Persatuan Bola Voli Seluruh Indonesia(PBVSI)
Tahun 1955-1989. Jurnal Skripsi. Program Studi Ilmu SejarahFakultas
Ilmu SosialUniversitas Negeri Yogyakarta.
Pranatahadi.2007. Pedoman Pelatihan Bola Voli Nasional. Yogyakarta: FIK
UNY.
Pranopik, M. R. 2017. Pengembangan Variasi Latihan Smash Bola Voli. Jurnal
Prestasi. Vol. 1 No. 1.
Prasetyo, E. 2018. Data Mining Konsep dan Aplikasi Menggunakan Matlab, Andi
Offset, Yogyakarta
Robinson, B. 2017. Bola Voly Bimbingan, Petunjuk dan Teknik Bermain.
Semarang: Dahara Prize Semarang.
Safaria, T. 2005. Interpersonal Intelligence: Metode Pengembangan Kecerdasan
Interpersonal Anak. Yogyakarta: Amara Books.
Sarumpaet, dkk. 2002. Permainan Bola Besar.Jakarta: Depdikbud. Dirjendikti.
Proyek Pembinaan Tenaga Kependidikan.
Setiadi, M. 2020.Persepsi Kinestetik dengan Keberhasilan Smash dalam
Permainan Bola Voli di SMKPGRI 15 Jakarta. Skripsi. STKIP Pasundan
Cimahi.
Sujiono.2010.Bermain Kreatif Berbasis Kecerdasan Jamak. Jakarta: Indeks.
Somantri dan Sujana. 2009. Permainan Net. Sumedang: Universitas Pendidikan
Indonesia Kampus Sumedang.
Sudirman. 2017. Petunjuk Umum Melatih Bola Voli. Medan: Unimed.
Sudjana. 2014.Metode Statistika. Jakarta: Balai Pustaka.
Sugiyanto. 2018.Proses Perseptual. Bandung: Dewa Pustaka.
Sugiyono. 2015.Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif & RND. Bandung:
Alfabeta.
60
Suyadi. 2014. Teori Pembelajaran Anak Usia Dini Dalam Kajian Neurosains.
Bandung:Rosdakarya.
Wahab, R.dkk.2012. Kecerdasan Emosional & Belajar.Palembang: Grafika
Telindo Press.
Wicaksono, A. 2016. Penguasaan Kemampuan Teknik Dasar Smash Pada Peserta
Ekstrakurikuler Bola Voli SMPN 1 Selomerto. Skripsi. Pendidikan
Jasmani Kesehatan dan RekreasiFakultas Ilmu KeolahragaanUniversitas
Negeri Semarang.
Yani,F.2011. Pengaruh Kecerdasan Intelektual, Kecerdasan Emosional,
Kecerdasan Spiritual Terhadap Pemahaman Akuntansi. Jurnal Akuntansi
Pendidikan. Universitas Riau.
Yaumi, M., dan Nurdin, I. 2013.Pembeajaran Berbasis Kecerdasan Jamak
(Multiple Intelligences). Jakarta: Kencana Prenadamedia Group.
Yunus, M. 2017. Olahraga Pilihan Bola Voli. Jakarta: Depdikbud